Kenali Fobia Umum pada Anjing

Updated: Aug 2


Ketika orang mengatakan "anjing saya takut pada saya," mereka mungkin melihat beberapa perilaku atau tanda yang tercantum di atas dan secara otomatis berasumsi bahwa anjing itu takut pada mereka. Namun, itu mungkin tidak selalu terjadi, karena ada banyak alasan mengapa seekor anjing menjadi takut. Sama seperti manusia, anjing dapat mengembangkan berbagai fobia sepanjang hidup mereka.

Salah satu fobia anjing yang paling umum adalah suara keras – apakah itu kembang api, badai petir, atau bahkan penyedot debu, Anda mungkin menemukan bahwa anjing Anda berhamburan pada suara keras pertama yang dia dengar.

Banyak anjing juga mengalami kecemasan perpisahan dan takut dipisahkan dari pemiliknya. Jika Anda menemukan anjing Anda menunjukkan gejala ketakutan saat Anda akan pergi, itu adalah petunjuk bagus bahwa anjing itu tidak takut kepada Anda, tetapi karena jauh dari Anda.

Fobia umum lainnya untuk anjing adalah naik mobil. Meskipun banyak anjing benar-benar mencintai mereka, beberapa mengembangkan asosiasi negatif, terutama setelah mereka dibawa ke tujuan yang tidak menyenangkan seperti kantor dokter hewan.

Akhirnya, beberapa anjing bahkan mungkin takut pada anak-anak, hanya karena anak-anak terkadang tidak tahu bagaimana berinteraksi dengan anjing dengan benar dan mungkin pernah menyakiti mereka di masa lalu.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anjing Anda Takut?

Ketika memikirkan cara untuk membantu anjing yang ketakutan mendapatkan kepercayaan diri, reaksi pertama dari banyak orang adalah mencoba dan memanjakan serta menghibur anjing tersebut. Sayangnya, terkadang pendekatan kontra-intuitif yang paling efektif dengan anjing. Ini juga dapat mengurangi kemungkinan hal itu merugikan ketakutan anjing.

Misalnya, saat melatih anjing yang ketakutan untuk tidak takut, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak mendorong rasa takut itu dengan mengelus, memeluk, atau bahkan meletakkannya di pangkuan Anda. Anjing pasti akan memperlakukan jenis perilaku ini sebagai hadiah atas ketakutannya dan akan menyimpulkan bahwa ketakutan adalah reaksi yang tepat untuk situasi berdasarkan tindakan Anda.

Cara lain untuk membantu anjing penyelamat yang pemalu adalah dengan membedungnya. Ada banyak baju bedong untuk anjing yang memberikan tekanan lembut namun kuat, yang dapat memberikan efek menenangkan.

Terakhir, cobalah untuk perlahan-lahan membuat anjing tidak peka terhadap rasa takut dengan memaparkannya dalam suasana yang terkendali. Ini adalah teknik yang lebih maju dan kami mendorong Anda untuk berbicara atau meminta bantuan pelatih anjing yang bereputasi baik. Jika dilakukan secara tidak benar, hal itu dapat menyebabkan peningkatan respons rasa takut. Faktanya, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan pelatih anjing profesional atau dengan dokter hewan dalam banyak kasus untuk mengetahui tindakan yang paling efektif dan aman.

Sumber: https://www.petsbest.com/blog/my-dog-is-scared-of-me/