Kenali 5 Faktor Anjing Hiperaktif dan Cara Mengatasinya


Tentu menyenangkan melakukan beragam interaksi dengan anjing kesayangan kamu sebagai aktivitas waktu luang. Namun, apa jadinya interaksi mereka berlebihan? bisa bisa kamu yang kelelahan menghadapi mereka. Nah, Perilaku tersebut bisa dibilang anjing kamu hiperaktif.

Kelebihan energi bisa menjadi salah satu faktor perilaku anjing hiperaktif. Selain itu pengaruh lingkungan, kurangnya perhatian hingga detak jantung dan pola pernafasan yang berdetak cepat. Banyak yang berasumsi kalau anjing hiperaktif itu perusak, agresif susah dilatih dan suka mencari perhatian.


Namun, kamu tidak perlu khawatir, kenali faktor ini akan membantu kamu mengendalikan anjing yang hiperaktif.


1. Ras Anjing Tertentu

Banyak orang berasumsi ras anjing merupakan penanda utama sebagai anjing hiperkatif. Biasanya anjing ras pemburu butuh banyak energi sehingga bisa menyebabkan mereka hiperaktif contohnya Border Collie, Golden Retriever, Siberian Husky, dan Jack Russel Terrier. Sudah nalurinya ras tersebut sudah sangat aktif secara fisik dan mentalnya


2. Perkembangan dari Anak Anjing

Sama seperti manusia, apa yang kita perlakukan sejak kecil akan berdampak pada usia dewasa. Hal ini berlaku juga pada hiperaktifnya seekor anjing.

Perlu diingat segemas apapun anak anjing yang kamu punya, tetapi kamu salah atau kurang tepat perlakukan mereka bisa berdampak buruk ke depannya ya.

Seimbangkan perhatian dan latihan pada anjing kamu sejak dini supaya bisa membangun relasi kamu dengan anjing kamu ya. Latihannya cukup mengajarkan bagaimana cara menuruti perintah dan peraturan dasar.


Jangan lupa juga beri perhatian kepada mereka misalnya memberikan snack atau bermain dengan mereka sejenak.


3. Latihan dan Aktivitas

Penting bagi kamu menyeimbangi aktivitas fisik dan latihan khususnya pada jenis-jenis anjing yang sudah disebutkan di poin pertama yang punya banyak energi.

Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin akan berdampak baik pada kesehatan anjing. Misalnya, waktu istirahat bisa teratur dan sistem pencernaannya bisa bekerja dengan baik.

lakukan latihan bermain lempar-tangkap secara rutin bisa menjaga kesehatan mentalnya sehingga anjing tidak mudah stress.


4. Asupan Dan Pola Makan

Pentingnya memberikan asupan dan pola makan bisa menyebabkan anjing hiperaktif. Kalau kamu tidak selingkan dengan aktivitas dan latihan rutin.

Hal ini menyebabkan energi anjing menumpuk dan bisa menyebabkan anjing hiperaktif walaupun makanannya punya nutrisi yang cukup.


5. Lingkungan Yang Terstruktur

Buatlah lingkungan yang membuat anjing betah misalnya buat jadwal kapan mereka latihan, bermain dan beraktivitas. Sebab anjing senang sekali dengan lingkungan yang membuat mereka aktif.


Anjing kamu bisa saja stres yang menyebabkan pola hiperaktif karenan minimnya rangkaian aktivitas di lingkungan mereka sendiri yang diatur oleh pemiliknya.


Sumber: https://petpintar.com/

2 views