Kebiasaan Mengigit pada Hamster



Tahukah kamu? Hamster sama seperti hewan pengerat lainnya, suka menggerogoti benda-benda termasuk kandangnya sendiri. Mengunyah adalah perilaku alami dan normal pada hamster, tetapi hal-hal seperti mengunyah jeruji kandang bisa berbahaya. Menemukan alternatif yang lebih aman untuk dikunyah hamster dan memahami mengapa hamster mengunyah jeruji kandang dapat membantu mencegah masalah besar bagi teman berbulu kecil ini.


Mengapa Hamster Suka Mengunyah Kandangnya?

Ada beberapa alasan utama mengapa hamster mengunyah jeruji kandangnya.


Mengeroposkan giginya - Tidak seperti manusia, hamster memiliki gigi yang terus tumbuh sepanjang hidupnya. Karena itu, mereka perlu mengunyah sesuatu agar gigi yang tumbuh tidak terlalu panjang dan menyebabkan masalah. Terkadang makanan yang diberikan kepada hamster tidak memberikan tindakan mengunyah yang cukup sehingga mereka mencari barang-barang lain di dalam kandangnya yang dapat digerogoti.


Kebosanan - Jika tidak ada mainan yang cukup untuk dimainkan atau dikunyah, hamster mungkin mulai mengunyah jeruji kandang karena bosan. Hamster membutuhkan stimulasi mental dan fisik seperti hewan peliharaan lainnya dan jika mereka diisolasi ke kandang persegi kecil tanpa melakukan apa pun, mereka dapat melakukan tindakan ini.


Stres - Hamster mungkin mulai mengunyah jeruji kandang untuk mengurangi stres yang disebabkan oleh berbagai faktor di lingkungan mereka. Contoh umum penyebab stres pada hamster termasuk anak-anak yang tidak mengerti bagaimana bersikap lembut saat memegangnya, kandang yang terlalu kecil, dan alas tidur yang terbuat dari kayu cedar dan pinus yang dapat mengiritasi paru-paru dan kulitnya.


Baca Juga: Spaying & Neutering pada Hamster


Mengapa Mengunyah Jeruji Kandang pada Hamster dapat Menjadi Masalah?

Meskipun wajar, dan bahkan penting, bagi hamster untuk menggerogoti sesuatu, mengunyah jeruji kandang tidak dianjurkan karena berbagai alasan.


Trauma Gigi - Gigi hamster dapat patah, retak, atau rusak jika mereka mengunyah jeruji kandang yang keras dan ini dapat menyebabkan rasa sakit, ketidakmampuan, dan infeksi. Bahkan jika gigi tidak tampak patah, kerusakan mungkin telah terjadi di bawah garis gusi dan mungkin diperlukan perawatan dari dokter hewan.

Racun - Meskipun selalu disarankan untuk mencari jenis kandang yang paling aman dan paling aman untuk hamster kamu, beberapa di antaranya dicat dan terbuat dari logam yang bisa menjadi racun bagi hamster jika tertelan.

Indikasi Stres atau Kebosanan - Mengunyah jeruji kandang pada hamster dapat terjadi sebagai gejala kebosanan atau kecemasan. Membiarkan hamster kamu stres atau bosan kronis tidak sehat karenaa dapat menyebabkan masalah perilaku atau kesehatan yang lebih besar. Sebagai pet parents, kamu harus mencari cara untuk mengelola lingkungan mereka dengan lebih baik untuk menghindari masalah ini.

Kabur - Jika hamster berhasil mengunyah jeruji kandang atau cukup merusaknya sehingga bisa masuk ke dalamnya, hamster bisa kabur. Hamster di luar kandangnya bisa berada dalam bahaya kelaparan atau cedera dari hewan peliharaan lain, orang, perabotan, dan banyak lagi.


Perawatan dan Pencegahan

Cara-cara sederhana ini dapat sobat Petskita terapkan untuk mencegah hamster mengunyah jeruji kandangnya. Pertama, kamu harus memastikan bahwa ada banyak barang yang aman untuk dikunyah hamster di dalam kandangnya. Mainan kayu seperti tangga, rumah, dan kunyah hewan pengerat atau blok makanan adalah pilihan yang bagus dan dapat dengan mudah diganti sesuai kebutuhan. Selanjutnya, pastikan di dalam kandang hamster memiliki roda olahraga (spinning wheel) dan benda lain untuk didaki, dijelajahi, dan yang membuat si hamster bersenang-senang secara fisik.


Baca Juga: 5 Alasan Hamster Memakan Bayinya


Terakhir, pastikan hamster kamu tidak stres. Kandang kecil mungkin perlu diganti dengan yang lebih besar dan kamu mungkin perlu pindah ke posisi kandangnya. Jika kandang berada di dekat jendela, burung-burung di luar mungkin tampak mengancam hamster kamu. Jika kandangnya ditaruh di lantai atau kamu memiliki kucing yang dapat menjangkaunya, kandang mungkin perlu dipindahkan agar hewan peliharaan yang lain tidak menakut-nakuti hamstermu.

Anak kecil yang terlalu bersemangat dan berisik juga bisa menjadi sumber stres pada hamster, kamu mungkin perlu meletakkan kandang di ruangan yang tenang.


Selalu perhatikan kondisi hamster kalian sob. Semoga informasi-informasi di atas dapat bermanfaat bagi sobat Petskita.


Cari tahu artikel seputar hamster di blog Petskita.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/bar-chewing-in-hamsters-5095735