Seberapa Sering Memberi Makan Kucing?


Mempuyai kucing lucu di rumah membuat kita betah di rumah karena bisa bermain main. Di saat itu juga pastinya kamu bingung pilih makanan mereka dan sesering apa memeberi makannya. Sankin excited-nya, Alih alih kamu memberi makan mereka terus terusan dengan porsi besar, bisa jadi kucing mu terkena penyakit atau obesitas. Selain itu juga, Banyak dari kita cenderung suka suka saja memberi makan pada kucing. Padahal ada beberapa pertimbangan yang harus kamu perhatikan, terkait dengan usia si kucing, perilaku bahkan jumlah kucing yang ada di rumah. Berikut penjelasan dari https://petlifetoday.com/ mengenai pertimbangan seberapa sering kamu memberi makan pada kucing.


Umur

Khususnya bagi anak kucing harus makan banyak secara rutin daripada kucing dewasa. Kamu bisa memberi makan mereka 3-4 kali sehari, dan bisa berubah menjadi 1-2 kali sehari sewaktu waktu mereka sudah berumur jika kamu berada di rumah seharian. Tetapi jika kamu bekerja,tinggalkan makanan mereka seharian. Mereka akan sendirinya makan sesuai keinginan mereka bahkan jika memungkinkan mereka bisa makan beberapa makanan per hari. Lain halnya kucing tua, mereka tidak butuh waktu rutin untuk memberinya makan, “free-feeding” merupakan opsi, dan pendekatan waktu makan bisa juga berguna jika kamu memberi makan kucing dewasa sekali atau dua kali sehari


Baca Juga: Tips Merawat Kucing Tua


Tingkat Aktivitas

Untuk kucing rumahan yang cenderung rebahan setiap hari, “free-feeding” dapat menyebabkan kucing kamu makan karena bosan daripada kelaparan. Untuk kasus seperti ini, kucing kamu bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas. Sebab mereka kurang banyak bergerak. Namun, tidak masalah jika kucing kamu aktif. Barengin kegiatan berupa permainan teka-teki yang bisa mendorong kucing kamu bekerja untuk mendapatkan makanan.


Beberapa kucing harus menjalani diet karena obesitas; pada kasus ini, dokter hewan menyarankan kamu untuk membatasi jumlah makanan mereka. Selalu tanyakan kepada dokter hewan apakah kamu harus membagi pakan harian menjadi dua kali atau lebih, apakah kamu harus memberi makan semuanya sekaligus, atau apakah kamu harus mengizinkan kucing kamu makan kapanpun dia mau.


Jenis Makanan

Kamu tidak bisa meninggalkan makanan basah untuk mereka. Jika dibiarkan makanan basah akan bau tengik; seperti makanan kaleng yang bisa memicu serangga datang. Sebaiknya, kamu harus buang setelah mereka menghabiskan makanannya supaya tidak memicu aroma tidak sedap. Beda halnya dengan pelet atau makanan kering yang bisa kamu tinggalkan untuk mereka; tetapi kamu harus menggantinya setiap 24 jam untuk mencegah kadaluwarsa.


Baca Juga: Kucing Suka Pilih-Pilih Makanan


Jumlah kucing

Disarankan untuk tidak memberi makan pada kucing yang jumlahnya banyak di satu tempat. Karena jika kamu memberi makan pada satu tempat, bisa saja ada beberapa ekor kucing mengalami sakit perut atau tidak makan akibat telat makan. Lain halnya jika kamu punya seekor kucing untuk semangkuk makanan di pagi hari, dan akhirnya kamu bisa tahu apakah mereka menghabiskannya atau tidak. Maka dari itu, Pertimbangkan untuk memilih lokasi terpisah supaya kamu bisa memantau siapa yang makan atau tidak.


Pada intinya mau tidak mau kamu harus konsultasi dengan dokter hewan kesayanganmu mengenai seberapa sering kamu memberi makan pada kucingmu. Jika kucingmu kelebihan berat badan, dokter menyarankan untuk menjadwal makan mereka. Selain itu, masalah atau selera makan yang rewel mungkin lebih baik jika makanan tersedia sepanjang hari. Bicaralah dengan dokter hewan Anda untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk teman kucing Anda.