Induk Kucing Memakan Anaknya, Ini 7 Alasannya



Pernah melihat induk kucing yang memakan anaknya? terlihat kejam tetapi cara itu merupakan cara yang terbaik untuk induk kucing dan anak-anak lainnya untuk bertahan hidup. Padahal Naluri seorang ibu ialah melindungi anaknya sendiri. Namun ada juga induk kucing yang rela membunuh anaknya dengan beberapa alasan. Perilaku ini terlihat langka pada kucing rumahan. Biasanya perilaku ini terjadi pada kucing jalanan / kampung. Untuk itu ada 7 alasan induk kucing yang memakan anaknya.

1. Hamil Muda

Induk kucing yang hamil terlalu muda bisa disebabkan oleh naluri keibuannya belum sempurna. Maka dari itu jika induk kucing akan kebingungan mendengar suara anak kucing sehingga induk kucing akan membunuhnya. Perlu diketahui bahwa suara anak kucing dapat memancing naluri berburunya ya.


2. Keselamatan Anak

Induk kucing punya alasan tersendiri untuk memakan anaknya khususnya untuk keselamatan anak dan dirinya. Mempunyai naluri yang sangat kuat terhadap jangka kehidupan anak kucingnya yang mana bisa bertahan sampai dewasa atau tidak. Induk kucing akan membunuh anak kucing yang mempunyai harapan hidup yang kecil. Selain itu induk kucing tidak ingin menyia nyiakan air susunya untuk anaknya yang hidup cuma sebentar. Memakan anaknya sendiri juga dipercaya dapat memulihkan tenaganya dan berharap bisa melahirkan anak kucing lainnya dalam kondisi lebih sehat.


Baca Juga: Tips Merawat Anak Kucing Tanpa Induk


3. Stok Makanan Langka

Sang induk kucing akan kesulitan untuk menyusi anak-anaknya, padahal dia sendiri pun kelaparan. Salah satu cara terakhir induk kucing bertahan ialah memakan anak-anaknya untuk menghilangkan bebannya.


4. Anak Kucing Mati Dahulu

Cara terbaik sang induk untuk melindungi anak-anaknya dari penyakit yaitu memakan anaknya yang sudah mati. Supaya penyakit dari kucing yang mati tidak menyebar ke anak-anak kucing lainnya. Memakan anak kucing yang telah mati merupakan opsi terbaik untuk bertahan hidup dari penyakit.


Baca Juga: Hal Yang Perlu Diketahui Jika Kucing Kamu Bunting/Hamil


5. Menghindari dari Predator

Strategi agar terhindar dari predator yaitu induk kucing akan berpindah-pindah tempat. Jika si induk tidak menemukan tempat aman untuk mereka, solusi terbaik yaitu mengurangi anaknya dengan memakan anaknya agar kesempatan hidup lebih terjamin.


6. Stres

Biasanya perilaku ini sering terjadi pada musim dingin. Induk kucing akan merasa stres karena melahirkan anak kucing di musim yang salah. Kemungkinan sangat kecil bagi anak kucing untuk hidup di musim dingin, akhirnya induk kucing akan memakan mereka saja. Selain itu induk kucing akan berharap bisa melahirkan di musim yang tepat.


7. Tidak Mengenali Bau Anaknya

Melihat anak kucing yang baru melahirkan terlihat menggemaskan. Sampai sampai kita ingin memegang anaknya sampai mereka besar. Hal ini bisa menyebabkan anak kucing berganti bau sehingga induk kucing tidak mengenali anaknya sendiri. Alhasil, sang induk akan memakan si anak kucing.

Itulah 7 alasan yang memprihatinkan pada induk kucing yang membunuh anak-anaknya. Sangat jarang terjadi pada kucing rumahan ya. Pawrent tidak perlu khawatir jika pawrent bisa sama-sama saling menjaga anaknya dengan baik ya. Selain itu lengkapi dan cukupi gizinya supaya induk kucing bisa memberikan air susu sehat kepada anak-anaknya ya.

Sumber: https://kucinglucu.net

4 views