Ide Bisnis untuk Pet Lovers


Memanggil semua pecinta anabul, mulai dari kucing, anjing, burung, dan yang lainnya! Tahukah kamu bahwa orang menghabiskan uang lebih dari 10 juta setahun untuk hewan peliharaan mereka? Pernahkah kamu berpikir untuk mengembangkan cintamu pada hewan menjadi sebuah bisnis?


Peluang Yang Berkembang



Menurut riset dari Mordor Intelligence: Pasar makanan hewan Indonesia diproyeksikan tumbuh dengan CAGR 5,1% selama periode perkiraan (2020-2025). Indonesia adalah salah satu ekonomi Asia Selatan yang berkembang pesat, dan pertumbuhan tersebut didorong oleh laju urbanisasi dan industri yang meningkat pesat.


Hewan peliharaan telah menjadi tren baru di kalangan rumah tangga di Indonesia. Hal ini didorong juga oleh peningkatan populasi yang lebih suka memiliki hewan peliharaan di rumah. Selanjutnya, meningkatnya bisnis rumahan dan penjualan online juga penting dalam meningkatkan peluang ini.



Jika kamu adalah penyayang hewan, berikut adalah ide bisnis untuk pet lovers. Nothing is im-paw-sible!


Pet Sitter




Salah satu bisnis rumahan pecinta hewan peliharaan terbaik adalah pet sitter/pengasuh hewan peliharaan. Karena kamu akan menghabiskan waktu mengawasi hewan peliharaan orang lain saat mereka pergi. Tentukan jenis hewan peliharaan yang akan kamu asuh. Meskipun kamu mungkin merasa nyaman dengan anjing atau kucing, bagaimana dengan burung atau ular?

Kamu memerlukan kredensial untuk menjadi pet sitter, seperti pernah atau masih memiliki hewan peliharaan, serta pengalaman terkait hewan peliharaan lainnya, termasuk bekerja di toko ritel hewan peliharaan, rumah sakit hewan, atau pekerjaan lainnya yang berhubungan. Kamu juga harus bisa membangun kredensial “kepercayaan” dengan pemilik hewan. Pemilik sering menganggap hewan peliharaan mereka sebagai keluarga sendiri. Jadi sebaiknya pelajari terlebih dahulu dan ajukan pertanyaan tentang kebutuhan hewan peliharaan mereka.


Pet Treats Bakery



Pemilik hewan peliharaan sangat memperhatikan kualitas makanan yang dimakan oleh teman berbulu mereka. Mengapa tidak membuka toko roti dan membuat sendiri makanan hewan peliharaan? Jika kamu memiliki hobi di dapur, mungkin bisnis ini cocok buatmu. Apalagi jika kamu lelah jika harus pergi berbelanja snack & treats ke pet store setiap minggu. Ide bisnis ini mungkin akan memerlukan modal, tapi tak perlu kuatir. Bayangkan jika bisnis ini akan berkembang dan produk kamu akan disukai oleh banyak orang.

Sebagai awal, kamu bisa mencoba membuat untuk anjing atau kucingmu dirumah. Dengan begitu, mereka akan konsumsi makanan yang lebih sehat dan aman. Banyak resep treat dan makanan yang ada di internet mungkin bisa sedikit membantumu dalam pengolahan. Perhatikan juga kandungan nutrisi dan bahan yang akan kamu gunakan.


Pet Photographer





Jika kamu berpengalaman dan handal dalam menggunakan kamera sekaligus penyayang hewan, menjadi fotografer hewan peliharaan mungkin adalah bisnis yang tepat. Kamu cuma bermodal kamera saja, tidak lebih.

Untuk mengurangi cost, kamu bisa ambil sesi pemotretan di rumah pemilik hewan atau diluar ruangan. Sesi pemotretan diluar ruangan juga bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk hewan itu sendiri. Namun, kamu juga harus memiliki kesabaran untuk menangkap momen-momen terbaik yang akan kamu foto.


Hand crafting: Aksesoris & Mainan



Keterampilan tangan adalah hal yang langka, untuk itu jangan sia-siakan kemampuan kamu. Ada banyak peluang jika kamu memiliki kemampuan tersebut. Kamu bisa membuat kostum, mainan, bantal, dan lainnya.

Banyak pemilik hewan yang menganggap peliharaannya seperti keluarga sendiri. Pada saat tertentu, Halloween atau Natal misalnya, mereka akan berburu aksesoris terkait untuk teman berbulu mereka. Jangkauan produknya pun sangat luas, kamu bisa menitipkannya di pet store terdekat atau berjualan secara online.


Mobile Pet Groomer



Menjadi pet groomer secara berkeliling, kenapa tidak? Sama seperti manusia, hewan peliharaan kita juga perlu sering dirawat; bulu mereka perlu dicukur. Kuku mereka perlu dipotong dan benda asing dikeluarkan dari kulit mereka. Beberapa pemilik hewan peliharaan lebih suka merawat peliharaannya sendiri karena hal itu akan membentuk ikatan antara hewan dan pemiliknya, tetapi dalam banyak kasus, pengurus hewan profesional melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dan membuat pemilik yakin bahwa perawatan harus diserahkan kepada profesional.

Saat hidup menjadi semakin sibuk, konsumen mencari cara untuk menyederhanakan hidup mereka dan menyelesaikan lebih banyak hal dengan lebih sedikit waktu. Menjadi groomer keliling adalah solusi yang tepat, kamu bisa secara fleksibel menentukan waktu jadwal kunjungan.


Online Pet Supply



Nah, sebagai penyayang hewan pasti kamu juga sudah hafal akan barang-barang kebutuhan mereka. Apalagi memulai usaha untuk berjualan online pasti akan menarik buat kamu. Seperti hasil riset dan survey di awal artikel, dalam beberapa tahun terakhir, pasar produk dan layanan hewan peliharaan mengalami pertumbuhan yang akan terus berlanjut sepanjang tahun 2020. Untuk itu jangan ragu untuk memulai berjualan secara online.

20 views