Ibu Kucing Tidak Menghasilkan ASI?

Updated: Jun 6


Untuk anak kucing yang baru dilahirkan, ibu kucing adalah segalanya. Bagaimana tidak? Induk kucing menyediakan segalanya untuk anak kucingnya yang baru lahir, mulai dari asupan nutrisi, kebersihan, hingga kehangatan yang mereka perlukan untuk bertahan hidup. Bayi kucing yang baru lahir belum dapat mengatur suhu tubuh, melihat, mendengar, atau bahkan buang air besar tanpa bantuan ibunya. Kucing adalah hewan mamalia, maka kucing betina memiliki kelenjar susu. Kelenjar ini dapat menghasilkan ASI sebagai makanan pertama anak kucing.

ASI ini penting bagi anak kucing lho, Pawrent! Susu pertama yaitu kolostrum, mengandung nutrisi penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan kucing muda yang masih lemah. Seiring waktu, susu perlahan-lahan akan berubah namun tetap penuh dengan nutrisi.

Jika induk kucing tidak menghasilkan susu, hal ini berarti anak kucing berada dalam bahaya serius, karena mereka akan sulit untuk bertahan hidup. Yuk baca artikel ini untuk memahami lebih baik tentang ASI kucing.

Cara Memeriksa Adanya Produksi Air Susu pada Kucing

Pawrent, kamu harus mengetahui bahwa induk kucing yang tidak menghasilkan susu untuk anaknya adalah hal yang tidak normal. Selama masa kehamilan, kelenjar susu kucing sedang mempersiapkan produksi susu untuk masa yang akan datang. Kelenjar akan membesar dan setelah melahirkan akan mulai memproduksi kolostrum. Susu pertama untuk anak kucing ini sangat bergizi dan berperan penting untuk imun kucing. Anak kucing yang rentan saat lahir membutuhkan perlindungan dari bakteri, virus, atau hal lain yang mempengaruhi sistem kekebalan. Setelah kolostrum, induk kucing pun akan memproduksi susu kucing biasa.

Kamu mungkin dapat memeriksa produksi air susu pada induk kucing dengan melihat susu yang dikeluarkan atau melihat sekitar mulut anak kucing. Hal lain yang dapat kamu amati adalah jika anak kucing menyusu ke perut induk kucing. Anak kucing akan menghabiskan waktu mereka untuk menyusu atau tidur. Bila tidak ada masalah dalam laktasi induknya, anak kucing akan tidur diam dan tenang.

Mengapa Induk Kucing Tidak Menghasilkan Susu?

Umumnya induk kucing akan segera memproduksi susu, dan jika mereka tidak memproduksi susu maka hal tersebut bukanlah hal yang baik. Untuk mengamati ini, kamu lihat adalah dari kesehatan anak kucingnya. Anak kucing yang kurang mendapatkan asupan makanan akan terlihat kurus di bagian perutnya. Kemudian, anak kucing akan merintih dan berusaha mencari makan. Mereka akan memanjat satu sama lain dan mencoba menyusui ibu mereka tanpa hasil.

Berikut adalah alasan mengapa kucing tidak menghasilkan susu:

1. Genetika

Kemungkinan yang pertama adalah induk kucing memiliki masalah genetik yang tidak memungkinkannya untuk menghasilkan susu. Tidak ada yang bisa dilakukan untuk kondisi ini. Maka dari itu, kamu perlu memberi makan secara artifisial, seperti susu formula yang dikhususkan untuk anak kucing.

2. Malnutrisi

Ketika induk kucing sedang berada dalam masa kehamilan dan bersiap untuk melahirkan, berikan makan secara teratur agar asupan gizinya terpenuhi. Induk kucing mungkin akan berhenti makan sebelum melahirkan karena dia perlu membuat sarang yang nyaman dan bersiap-siap. Jika induk kucing tidak diberi makanan yang cukup atau tidak bisa makan karena alasan lainnya (misalnya sakit gigi, masalah tenggorokan, dll.), dia mungkin tidak dapat memproduksi ASI yang cukup. Bahkan jika dia mampu menghasilkan sedikit, itu mungkin tidak cukup bergizi untuk kebutuhan anak kucing.

3. Infeksi

Jika induk kucing mengalami infeksi oleh bakteri atau virus, hal tersebut dapat mempengaruhi payudaranya. Jika payudara induk kucing bengkak, dia mungkin menderita gangguan mastitis dan mungkin tidak dapat menghasilkan susu. Jika induk kucing dikonfirmasi mengalami gangguan ini, anak kucing tidak boleh mencoba menyusui dari ibunya, karena infeksi tersebut dapat ditularkan dan membahayakan mereka.

4. Penyakit lain

Penyakit lain juga dapat mencegah induk kucing menyusui, seperti kanker payudara dan beberapa penyakit lainnya. Kamu harus berwaspada pada seberapa jauh penyakit telah berkembang.

5. Stres

Induk kucing yang sangat stres mungkin tidak dapat menghasilkan susu. Gerakan menguleni dan menyusu oleh anak kucing akan menghasilkan hormon oksitosin pada induk kucing. Hormon ini diperlukan untuk menghasilkan ASI. Jika induk kucing sangat stres, produksi hormon oksitosin akan terhambat dan ASI akan menjadi sulit dihasilkan.

Mengenali tanda-tanda kucing tidak memproduksi susu sangat penting ya, Pawrent! Jika kamu mulai melihat gejala-gejala si induk kucing tidak memproduksi ASI, kamu harus segera bertindak agar anak kucing tidak kekurangan gizi dan mati. Semoga artikel ini membantu!

Source: https://www.animalwised.com/mother-cat-is-not-producing-milk-3184.html