Haruskah Saya Memelihara Kucing?


Haruskah saya memelihara kucing? Mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak ketika melihat video tingkah kucing yang lucu milik teman atau di media sosial. Sebelum kamu memutuskan, perlu kamu ketahui bahwa semua orang bisa menyayangi kucing. Namun, perlu kamu ingat bahwa butuh lebih dari sekadar rasa sayang untuk itu.


Pertanyaan sebenarnya adalah, Apakah saya dapat melakukan apapun yang dibutuhkan untuk memelihara kucing? Menyayangi kucing atau hewan lainnya merupakan satu langkah baik untuk memulai. Untuk itu, tanyakanlah pertanyaan ini pada diri kamu sendiri:


Apakah saya dapat melakukan apapun yang dibutuhkan untuk memelihara kucing?


Apakah Saya Punya Cukup Waktu?


Menurut penelitian, kucing dapat hidup dalam usia yang lama yaitu 13-15 tahun. Bahkan ada catatan mengenai beberapa kucing yang dapat menempuh umur hingga 20 tahun. Jika kamu ingin memelihara kucing, kamu harus berkomitmen untuk meluangkan waktu untuk kucing peliharaanmu. Kabar baiknya, jika dibandingkan dengan anjing, kucing adalah hewan yang tingkat pemeliharaannya relatif rendah. Kamu tidak harus selalu mengajaknya jalan-jalan atau ber-olah raga, kucing bisa menjadi teman di rumah ketika kamu membaca buku atau menonton TV.


Apakah Saya Bersedia Merawat Kucing?


Tentu kamu akan senang jika ada kucing yang tidur di pangkuanmu atau menyambut ketika kamu pulang. Tetapi siapkah kamu untuk membersihkan box pasir setiap hari, memberi makan secara rutin, menyisir dan memandikan, dan merawat ketika kucing kamu sakit? Perlu diingat juga bahwa kucing juga menggaruk, dan itu adalah hal yang normal untuk mengganti selubung luar kuku dan untuk melepaskan stress.


Apakah Saya Memiliki Sumber Daya Untuk Merawat Kucing?


Seperti yang telah dibahas diatas, kucing relatif lebih low-maintenance jika dibandingkan dengan kucing. Tapi pasti selalu ada pengecualian, tetap ada pengeluaran rutin untuk memelihara kucing kamu. Mulai dari pakan, mainan, vaksin, hingga biaya perawatan jika kucing kamu sakit.



Apakah Lingkungan Saya Ramah Kucing?


Sebelumnya tanyakan pada anggota keluarga atau lingkungan terdekat kamu, apakah ada yang memiliki alergi terhadap kucing? Apakah ada yang tidak suka dengan kucing? Jika telah diputuskan maka kamu juga harus menyiapkan rumah kamu agar nyaman ditinggali oleh kucing kamu, mulai dari merapikan kabel listrik hingga tanaman yang dapat beracun terhadap kucing.


Jadi, haruskah kamu memelihara kucing? Jika pertanyaan di atas membuat kamu berpikir ulang, jawabannya mungkin tidak — tetapi jangan khawatir! Ada banyak cara lain buat kamu untuk berinteraksi dengan kucing, mulai dari menjadi sukarelawan di penampungan lokal hingga street feeding. Ingat: Kucing dapat membawa banyak kebahagiaan ke rumah dan hati kamu, dan mendapatkan teman kucing bisa menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah kamu buat — tetapi hanya jika kamu telah memastikan bahwa kamu siap untuk mengambil langkah itu.