Hal-hal yang Harus Dihindari Ketika Memelihara Kucing


Mengadopsi atau menjadi Pet Parents kucing, adalah sebuah keputusan yang besar. Meskipun kucing telah mendapatkan reputasi sebagai hewan yang lebih mandiri jika dibandingkan dengan anjing, mereka masih membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan sumber daya. Terlebih lagi kita sering lalai atau melakukan kesalahan dalam merawatnya walaupun tak disadari, jadi mari kita bahas hal-hal apa saja yang harus kamu hindari ketika kamu memelihara kucing.

Tidak Memberikan Vaksin

Sama halnya manusia, kucing pun memerlukan vaksin Vaksin diperlukan untuk membentuk ketahanan tubuh mereka, dan yang paling penting adalah mencegah penyakit menular ke sesama kucing maupun menular ke manusia. Jadi, jika kamu memiliki kucing yang masih kecil, segera berikan dia vaksin. Karena kucing yang berusia dibawah satu tahun lebih rentan terserang penyakit. Segera konsultasikan jadwal vaksin ke dokter hewan kepercayaanmu, karena akan lebih merepotkan apabila kucing terlanjur terserang penyakit.

Menggunting Kuku

Menggunting atau memotong kuku kucing mungkin terdengar wajar dan biasa saja, apalagi kucing kamu suka menggaruk sofa hingga rusak. Perlu diperhatikan bahwa memotong kuku kucing dapat membahayakan dan menjadi masalah baru untuk kucing kamu. Kuku merupakan sebuah bagian tubuh yang penting pada kucing, sebuah studi menyimpulkan bahwa kucing yang telah dipotong kukunya mengalami kesulitan berjalan dan menjadi lebih agresif. Selain itu, jika terkena bagian rawan di jari kucing, akan menimbulkan pembengkakan dan infeksi. Jadi, hindari memotong kuku kucing kamu kecuali ada alasan medis yang mendukung untuk itu. Alih-alih memotong kuku kucing, kamu juga bisa menyediakan solusi dengan membeli papan atau cat scratcher.

Baca Juga: 7 Tanda-tanda Kucing Sedang Sakit

Memberi Makan Secara Berlebihan

Obesitas adalah salah satu masalah paling umum yang didiagnosis dokter hewan pada kucing. Diperkirakan lebih dari 50% kucing peliharaan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Kucing-kucing ini berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Masalah berat badan secara efektif dapat memperpendek umur kucing Anda, terkadang hingga 2 tahun atau lebih. Untuk itu berikan makan secara cukup dengan diet yang telah dianjurkan untuk menjaga kucing kamu tetap sehat.

Baca Juga: Kucing Suka Pilih-pilih Makanan?


Tidak Mengebiri

Pet parent yang baik tahu bahwa mensteril kucingnya atau dikebiri adalah tindakan yang bertanggung jawab. Ada banyak kucing diluar sana yang overpopulasi dan menunggu diselamatkan dari shelter. Ada banyak keuntungan mengebiri kucing, diantaranya adalah menekan populasi, menekan sifat agresif, dan umur yang lebih panjang. Rata-rata kucing yang telah dikebiri lebih kuat dari berbagai macam penyakit dan memiliki imun yang lebih baik.

Tidak Membersihkan Kotoran (pup) Secara Rutin

Kotak pasir kucing memang terkadang membuat frustasi, membutuhkan komitmen yang kuat untuk menjaganya tetap bersih. Kucing benci jika ada kotoran di pasir mereka, hindari kekacauan yang bakal terjadi dengan membersihkannya secara rutin. Jika kamu memiliki lebih dari satu kucing, berikanlah mereka kotak pasir untuk masing-masing kucing untuk mencegah masalah teritorial yang dapat menimbulkan kencing dan pup sembarangan.


Akhir kata, kucing memang membawa kebahagiaan tersendiri untuk kalian para pet parents. Namun, terkadang ada banyak hal yang bisa membuat kamu frustasi, untuk itu memang dibutuhkan komitmen yang besar untuk merawat kucing