Peluang Bisnis Sebagai Fotografer Hewan

Updated: Aug 19, 2021



Kamu adalah penyayang hewan dan memiliki keahlian dalam bidang fotografi? Mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk peluang bisnis menjadi fotografer hewan.

Tentu saja, sebagai fotografer pekerjaan kamu adalah mengabadikan momen-momen yang berharga. Pada zaman sekarang banyak orang yang memutuskan untuk mempunyai hewan peliharaan. Dan kamu dapat membantu para pemilik untuk mengabadikan momen untuk kenangan berharga hewan peliharaan mereka.


Banyak fotografer yang menjadi sukarelawan, dan menyumbangkan waktu mereka di tempat penampungan. Mereka membantu hewan di tempat penampungan tersebut untuk mendapatkan adopsi.





Seperti halnya Adam dan Mary Goldberg, pemilik AGoldPhoto Pet Photography di Tampa, Florida. Selama lima tahun terakhir, Goldberg telah memotret lebih dari 1.200 hewan di penampungan, dan juga mengumpulkan donasi lebih dari $ 250.000 untuk hewan terlantar.

Adam pertama kali menyadari masalah foto hewan peliharaan di tempat penampungan saat ia bekerja sebagai spesialis media sosial di Humane Society of Broward County di Fort Lauderdale, Florida. “Foto diambil dari atas ke bawah sehingga Anda tidak dapat melihat ukuran hewan peliharaan itu” kenangnya. “Kadang-kadang [sukarelawan] mengambil foto dari luar pagar kandang.”


Adam tahu foto-foto ini tidak menarik. Mereka tidak menangkap kepribadian unik setiap hewan peliharaan — dan lebih buruk lagi, terkadang mereka menunjukkan hewan tersebut terlihat takut, galak, atau agresif.


Before After


Seiring waktu, Adam mempelajari lebih banyak taktik untuk menenangkan dan terikat dengan hewan peliharaan masing-masing. Adam datang ke pemotretan dengan membawa cemilan untuk mendapatkan kepercayaan dari hewan yang gugup dan takut.

Dia tetap bersikap tenang, dan memfokuskan perhatian mereka yang hiperaktif dengan mainan. Dia bahkan belajar cara melatih anjing untuk duduk: “Letakkan camilan tepat di atas kepalanya, yang membuat anjing duduk sendiri.”


Tips Untuk Menjadi Fotografer Hewan


Bersikap tenang

Bukan rahasia lagi apabila hewan dapat menangkap emosi dan perasaan orang-orang di sekitarnya. Jadi sebaiknya hilangkanlah perasaan stress dan cemas. Hewan yang mengalami kecemasan akan lebih sulit di atur dan akan mngakibatkan kejadian hal-hal yang tidak diinginkan. Sebisa mungkin kendalikan situasi dengan mengajaknya bermain atau memberikannya cemilan.


Fokus pada mata dan ekspresi

Mata adalah bagian paling ekspresif dari hewan, jadi jika kamu ingin membuat potret yang benar-benar menarik, fokuskan pada mata dan ekspresi wajah. Pada waktu tertentu kamu dapat memancingnya dengan mainan atau suara-suara lucu agar perhatiannya berfokus pada kamera.


Matangkan konsep

Katakanlah kamu ingin bercerita melalui foto itu. Seperti kucing sedang menunggu makanan yang dihidangkan dari dapur. Atau anjing yang girang ingin bermain ke luar rumah ketika melihat tali kekang. Denga ide dan konsep tertentu, momen pada foto kamu akan terasa lebih dalam.


Promosikan bisnis

Mungkin kamu dapat memulainya dengan menyebarkan bisnis kamu melalui text pesan whatsapp ke teman-teman dan keluarga terdekat. Atau kamu juga bisa memulainya secara online dengan membuka akun media sosial. Di Petskita kamu juga dapat mempromosikan usaha kamu tanpa potongan komisi. Daftar sekarang menjadi Merchant penyedia jasa di Petskita