Cara Merawat Ikan Mas (Goldfish)

Updated: Sep 16, 2021


Seperti yang Sobat Petskita ketahui, ikan mas bukanlah hewan peliharaan "maintenance-free (bebas perawatan)". Mereka membutuhkan dan pantas mendapatkan perawatan yang sama seperti hewan peliharaan lainnya.


Jenis-Jenis Ikan Mas

Ada banyak jenis ikan mas yang berbeda. Mereka biasanya dibagi menjadi beberapa jenis seperti standar, tubuh panjang dan mewah. Ikan Mas Komet yang umum adalah spesies ikan peliharaan yang paling umum. Meskipun mereka mulai sangat kecil, ikan ini dapat tumbuh hingga 14 hingga 16 inci panjangnya dan mungkin membutuhkan hingga 100 galon pada ukuran penuhnya. Varietas Shubunkin dan Sarasa memiliki tipe tubuh yang sama, tetapi seringkali lebih berwarna.


Varietas ikan mas yang mewah sangat banyak dan memiliki banyak adaptasi anatomi. Ras ini termasuk Oranda, Ranchu, Telescope, Fantail, Celestial, Moor, dan varietas lainnya. Mengingat struktur tubuhnya, mereka biasanya tidak tumbuh sebesar ikan mas bertubuh panjang dan mungkin memiliki beberapa masalah struktural. Ikan ini lebih rentan terhadap masalah daya apung, penyakit tulang belakang, dan cedera traumatis dengan mata menonjol dan sirip halus.


Baca Juga: Cara Merawat Ikan Cupanng, Begini Tips Ampuhnya


Persyaratan Ruangan Ikan

Apa pun spesies ikan mas yang kalian pelihara, menjaga lingkungan perairan yang baik sangatlah penting. Kalian akan membutuhkan setidaknya 20 galon air per ikan, dan berharap ikan mas bertubuh panjang kalian akan tumbuh lebih besar dalam 5 hingga 10 tahun pertama. Ikan mas komet dapat dengan mudah hidup hingga usia 20-an, dengan beberapa varietas biasanya bertahan hingga pertengahan remaja.


Kebanyakan ikan mas sangat toleran terhadap kesalahan kualitas air. Mereka adalah spesies yang sangat kuat dan dapat mentolerir tingkat moderat amonia, nitrit, dan nitrat dalam tangki sirkulasi. Setelah tangki ikan kalian telah ada, disarankan untuk menjaga nitrat kalian kurang dari 20 mg/L. Dalam tangki yang padat, ini mungkin sulit untuk dipertahankan. Ikan mas terkenal karena banyak makan dan menghasilkan banyak limbah—karenanya kebutuhan spasial. Mereka juga dapat mentolerir berbagai macam pH, asalkan kH kalian cukup tinggi untuk menstabilkan tingkat PH.


Ikan mas adalah penyedot alami dan mungkin menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menggali substrat akuarium atau kolam mereka. Mereka suka menyedot setiap potongan terakhir dari makanan mereka dan akan sering mengambil batu-batu kecil. Ini memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk terjebak, jadi jangan khawatir tentang ikan kalian mengambilnya.


Perhatian :

Jangan gunakan bola bio gel di tangki ikan mas. Ini mungkin akan menyebabkan benda asing tersangkut di mulut yang dapat mengancam jiwanya.



Berapa Banyak dan Seberapa Sering Memberi Makan Ikan Mas

Ikan mas sering dibandingkan dengan Golden Retriever karena selera dan kemampuan mereka yang sama untuk melahap diri sendiri. Mereka suka makan dan, tergantung pada suhu airnya, mungkin tampak hampir tidak pernah terpuaskan. Tidak peduli spesies ikan apa yang kalian pelihara, karena mereka adalah ektoterm, semakin hangat airnya, semakin lapar si ikan. Dengan suhu air di bawah 70F (21C), perkirakan untuk memberi makan ikan mas kalian setidaknya sekali sehari. Di atas ini, kalian perlu memberi makan ikan mas dua kali sehari.


Carilah makanan ikan mas dengan kandungan protein 30-35% dan lemak 5-7%. Untuk ikan atau ikan muda yang aktif secara reproduktif, berkembang biak, kalian perlu memilih makanan yang lebih tinggi protein dan lemaknya. Ada banyak makanan komersial ikan yang tersedia dalam kisaran ini untuk ikan mas. Makanan kaya protein mingguan, seperti cacing darah atau udang air asin, hanya cocok untuk air hangat. Kacang hijau yang dikupas, sebenarnya bukan obat untuk "sembelit", adalah makanan yang baik untuk sering diberi.


Ikan mas mewah dan gangguan daya apungnya dapat dikaitkan dengan pola makan. Menjadi pemakan permukaan yang rakus, ikan mas mungkin menyedot terlalu banyak udara selama makan dan menjadi apung untuk sementara. Beralih ke pola makan tenggelam, atau sebaliknya untuk ikan dengan daya apung negatif, akan memanfaatkan anatomi physostomous mereka dan memperbaiki gangguan daya apung tanpa intervensi dokter hewan.


Baca Juga: 5 Cara Sehat Merawat Hewan Peliharaan


Persyaratan Pemeliharaan Ikan Mas

Tangki dan kolam ikan mas membutuhkan perawatan rutin. Kalian perlu membersihkan filter dengan benar setiap minggu, tetapi jangan menggantinya. Gunakan siphon kerikil setidaknya sekali seminggu untuk menghilangkan puing-puing dan detritus dari substrat kalian dan isi tangki kalian dengan air tawar yang dikondisikan.


Seperti semua sistem ikan, sangat disarankan untuk membeli alat uji kualitas air berbasis cairan untuk menjaga kimia air yang baik. Periksa sebelum dan sesudah air kalian berubah untuk mengawasi sistem ikan mas kalian.


Semoga informasi diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi Sobat Petskita terutama yang melihara ikan.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/how-to-take-care-of-goldfish-5188001