Cara Menghentikan Kucing Spraying atau Menyemprot



Saat kucing kamu spraying atau menyemprot sehingga mengotori rumah, itu bisa menjadi momen paling mengesalkan. Dan meskipun litter box bersih sudah tersedia, mereka tetap buang kotoran di luar itu. Sehingga kamu akan bertanya “Bagaimana saya bisa menghentikan perilaku ini?”.


Kucing yang buang kotoran di luar litter box bisa menjadi perilaku menandai tempat. Tetapi ada beberapa kondisi kesehatan yang mendasari yang dapat menyebabkannya dan ada beberapa penyebab mengenai lingkungan juga.


Penyebab Kucing Spraying Atau Menyemprot


Menandai tempat

Kucing menggunakan urine atau kotoran mereka untuk menandai wilayah mereka. Biasanya ini terjadi pada kucing yang sudah matang secara sosial, yaitu di usia 2-3 tahun. Selain itu, menandai tempat adalah salah satu bentuk komunikasi bagi kucing. Dengan menandai tempat dengan urine, mereka memberi tahu kepada kucing lain akan keberadaannya.


Stress

Untuk kucing indoor, mereka sering terlihat menyemprot atau spraying di area pintu, gorden, atau tepian jendela. menurut para peneliti hal ini dikarenakan mereka merasa terancam dan tidak aman jika berada di luar rumah. jadi mereka akan mengelilingi wilayah mereka dengan aroma mereka sendiri agar merasa lebih aman.


Konflik

Hal ini biasa terjadi pada sesama kucing jantan yang telah menginjak usia dewasa, terlebih jika mereka belum di sterilisasi. Pada masa birahi, kucing jantan akan berebut wilayah, seringkali dengan perkelahian dan menandai wilayah mereka.


Lingkungan atau suasana baru

Apakah kamu baru berpindah rumah, atau membeli barang dan perabotan baru di dalam rumah? Karena adanya perubahan suasana, hal ini dapat mengganggu ketenangan mereka. Jadi mereka akan menandai tempat atau perabotan baru milikmu.


Cara Mengatasi Kucing Spraying Atau Menyemprot


Sterilisasi atau Kebiri

Tindakan sterilisasi pada usia dini akan mengurangi perilaku ini. Jika kucing kamu sudah steril maka akan berdampak pada hormon mereka, dan akan mengurangi hasrat mereka untuk menyemprot. Selain itu sterilisasi juga akan berdampak baik pada perilaku kucing jantan karena akan mengurangi hasrat untuk bersaing dan konflik dengan kucing lain.


Temukan Penyebab Stress

Jika kucing kamu menyemprot karena stress, cemas, atau tidak aman, segera periksa lingkungan kamu. Apakah di luar rumah ada kucing atau lain yang mengganggu. Hindarkan stress dengan memberi aktivitas, seperti mengajaknya bermain atau memberikan spot tempat aman untuk mereka.


Spray Anti Bau

Ada banyak semprotan penghilang bau yang dapat kamu temukan di toko online. Selain untuk menghilangkan bau, juga berguna untuk menetralkan bau asing yang ada di rumah kamu. Kamu juga dapat membuat sendiri spray anti bau dengan bahan pemutih pakaian dan soda kue.