Cara Menenangkan Anjing yang Terlalu Aktif



Anjing dikenal sebagai hewan yang aktif, mereka cenderung banyak bergerak dan tidak diam di tempat. Misalnya saja ketika mereka bertemu dengan orang baru atau mengikutimu dalam perjalanan. Ketika anjing sedang aktif, mereka akan berlari ke tempat yang beresiko menyebabkan cedera. Contoh lainnya adalah ketika anjingmu bertemu dengan anjing lain, mungkin mereka akan menjadi sangat ceria, atau malah menyerangnya. Maka dari itu, kemampuan untuk menenangkan anjing kesayanganmu sangatlah berguna untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, kelakuan yang disebabkan oleh ketakutan, dan menurunkan tekanan darah. Yuk simak beberapa tips di bawah untuk menenangkan anjing.


Sediakan Tempat yang Aman

Berikan tempat yang tenang dan dan aman ketika anjingmu sedang merasa terlalu gembira atau takut. Dengan demikian, anjingmu dapat terhindar dari distraksi dan fokus pada hal yang harus ia lakukan. Tempat yang tenang juga dapat mengurangi rasa takut dan menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Bagi anjing yang memiliki gangguan kecemasan atau hiperaktif, akan lebih baik untuk membawa mereka ke tempat aman yang sama agar mereka merasa lebih nyaman. Pawrents juga boleh membuat sebuah ruangan atau rumah anjing sebagai tempat aman mereka.


Baca Juga: Bolehkah Jika Anjing Mengonsumsi Daging Ayam Mentah?


Latih Anjing untuk Diam dan Tetap Fokus

Pawrent, tahukah kamu bahwa anjing akan menjadi lebih tenang jika mereka sedang melakukan sesuatu? Contoh sederhananya adalah ketika mereka sedang fokus mendengarkanmu. Bagi seekor anjing, kamu adalah dunianya, jadi ia akan mendengarkan perintahmu. Manfaatkanlah hal tersebut dengan melatih mereka untuk tetap tenang.

Cobalah beberapa langkah-langkah dibawah ini:

  • Ketika anjingmu menjadi sangat bersemangat, berikan mereka perintah, seperti “duduk”, “berbaring”, atau “tenang”. Perintah tersebut dapat mengalihkan perhatian mereka dan memberikan sesuatu untuk dilakukan.

  • Latihlah anjingmu untuk memahami perintah dengan mengulang-ulang hingga mereka menurutinya. Kamu perlu mengajari perintah tersebut berkali-kali agar mereka mengerti.

  • Ketika kamu berhasil mendapatkan perhatian mereka, kamu dapat memberikan perintah lain. Dengan begitu, anjing akan mendengarkanmu dan meninggalkan hal yang membuat mereka merasa cemas. Ketika mereka berhasil, berikan mereka hadiah kecil.


Bersosialisasi dengan Anjing Lain

Membiasakan anjing untuk berteman dengan anjing lain ternyata bermanfaat lho, pawrent! Bersosialisasi dengan anjing lain dapat mengurangi rasa cemas dan hiperaktivitas. Mungkin selama ini orang berpendapat bahwa bersosialisasi akan membuat anjing lebih aktif, namun sebenarnya tidak begitu. Bila kegiatan bersosialisasi menjadi sebuah rutinitas, anjing akan menjadi terbiasa dan tidak menjadi terlalu girang ataupun terlalu takut. Meski demikian, anjingmu masih tetap akan menyukai berjalan dan bertemu teman-temannya. Gunakanlah tali tuntun agar kamu dapat mengendalikan anjingmu, dan berikan hadiah kecil bila mereka berhasil berperilaku baik.


Baca Juga: Menjadi Orang Favorit Untuk Anjing Kamu


Gunakan Suplemen atau Obat Penenang

Suplemen penenang umumnya dibuat dari bahan alami seperti bunga chamomile, akar valerian, dan beberapa bahan lain. Jika cara ini juga tidak berhasil menenangkan anjingmu, cobalah berkonsultasi ke dokter hewan untuk mendapatkan obat penenang. Pada umumnya, obat hanya akan menenangkan anjing namun tidak mengurangi energi atau rasa cemas. Hanya berikan obat penenang sebagai opsi terakhir ya, Pawrents!


Dari beberapa tips diatas, latihan memberikan perintah dengan konsisten adalah cara yang terbaik untuk memfokuskan dan menenangkan anjing. Semoga tips diatas dapat membantumu dalam menenangkan anjing kesayanganmu ya, Pawrent!


Sumber:

https://petlifetoday.com/how-to-calm-down-a-dog/

24 views