Cara Melatih Potty Train pada Burung Peliharaan



Tahukah Sobat Petskita, bukan hanya anabul pelihaaraan saja yang perlu dilatih Potty Train tetapi burung juga. Ada berbagai cara untuk melatih potty train pada burung peliharaan. Meskipun sedikit lebih rumit daripada melatih kucing atau anjing, banyak pemilik burung menemukan bahwa manfaat dari pelatihan semacam itu sepadan dengan usahanya.


Melatih Diri Sendiri

Langkah pertama dalam melatih potty train pada burung peliharaanmu adalah melatih diri sendiri terlebih dahulu. Setiap hari ketika kamu berinteraksi dengan burung peliharaanmu, perhatikan baik-baik "sinyal" yang mungkin diberikan burung itu kepada kamu sebelum melepaskan diri. Ini bisa sehalus perubahan postur, "tampilan" tertentu di mata burung, atau kerutan bulu ekor. Setiap burung berbeda, begitupula dengan bahasa tubuhnya, tetapi jika mengenal sifat burung dan belajar "membacanya", kamu tidak akan butuh waktu lama untuk memahaminya.


Pantau Terus Kebiasaan Buang Air Burung

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah frekuensi kotoran burung kamu. Banyak burung akan buang air kecil atau besar sesering setiap lima atau 10 menit, tetapi sekali lagi, tergantung pada masing-masing burung. Jika sobat Petskita memperhatikan burung kamu, kamu mungkin mulai melihat pola dalam kebiasaan buang airnya, dan jika kamu memperhatikan jumlah waktu yang dibutuhkan di antara buang air besar, kamu akan lebih baik dalam menilai kapan burung peliharaan siap untuk istirahat di potty.


Baca Juga: Apakah Burung Peliharaan Mengalami Kerontokan Bulu?


Tentukan Tempatnya

Setelah sobat Petskita mendapatkan ide yang baik tentang jadwal kamar mandi burung peliharaanmu, kamu dapat mulai melatih potty train dengan burungmu untuk mempelajari tempat yang tepat untuk buang air kecil. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan di mana kamu ingin burung buang air. Ini bisa di sejumlah tempat, seperti sangkar burung, tong sampah, atau selembar koran atau liner sangkar. Banyak pemilik burung melatih hewan peliharaan mereka untuk buang air di selembar kertas bekas, karena ini adalah yang paling portabel dan mudah dibuang.


Ketika sobat Petskita telah memilih tempat yang tepat, satu-satunya hal yang harus kamu lakukan adalah membawa burung peliharaan ke sana (atau jika itu selembar kertas, pegang di bawah burung itu) ketika saatnya untuk buang air— terdengar sederhana, bukan? Triknya adalah mengantisipasi kebutuhan burung untuk menggunakan kamar mandi, di situlah mengetahui kebiasaan buang air besar burung peliharaanmu. Jika, misalnya, kamu memperhatikan bahwa burung buang air kecil setiap tujuh menit, maka kamu harus meletakkan burung di atas tempat buang air yang telah ditentukan setiap tujuh menit. Mungkin ada saat-saat ketika burung kamu tidak perlu buang air besar sesering biasanya, dan tidak apa-apa—jika kamu memperhatikan bahwa burungmu tidak buang air besar setelah ditahan di atas ruang potty selama satu atau dua menit, biarkan saja, dan coba lagi setelah satu hingga tiga menit berlalu.


Berikan Pujian

Saat burung peliharaan membuang air besar atau kecil di tempat yang benar, pastikan untuk memujinya dengan kata-kata yang baik dan camilan yang lezat. Seiring berjalannya waktu, ia akan mulai memahami bahwa buang air besar di tempat yang tepat menghasilkan imbalan yang besar. Namun, ini bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk pelatihan, jadi jangan heran jika burung mengalami beberapa kesalahan, dan jangan marah pada burung peliharaanmu jika ia "meleset". Ingat, kamu bertanggung jawab untuk memperhatikan bahasa tubuh dan jadwal burung peliharaanmu, dan membawa burung ke tempat yang tepat untuk buang air.


Dengan ketekunan dan banyak penguatan positif, banyak burung mengikuti pelatihan potty train dengan cukup mudah dan cepat mengetahui bahwa buang air besar pada manusia (atau furnitur) tidak dianjurkan. Meskipun membutuhkan usaha dari pemilik burung untuk memastikan bahwa kesalahan tidak terjadi, sebagian besar dari kita mengklaim bahwa itu jauh lebih mudah daripada merawat cucian dan kekacauan yang dibuat oleh burung yang tidak terlatih potty train. Bersenang-senanglah dengan burung peliharaanmu dan jadikan latihan potty train sebagai pengalaman belajar bagi kalian berdua dan jangan pernah lagi khawatir mencuci baju favoritmu yang terkena kotoran burung sob.


Cari tahu tips dan info-info menari seputar small pets hanya di blog Petskita.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/how-to-potty-train-pet-bird-390284










10 views