Cara Anjing Menyatakan Rasa Sayang


Pada saat kamu mulai memelihara anjing, seketika itu hidupmu akan berubah. Dia akan menjadi anggota baru keluargamu. Dia akan ikut makan di dapur, tidur di sofa, bahkan berlarian di halaman rumah. Tentu itu berarti kamu juga harus menangani semua kekacauan yang dibuatnya, sekaligus penasaran atas perilaku anjingmu.


Di balik semua itu, jika kamu sudah memiliki ikatan yang kuat, rasa sayang yang dia miliki tak terbatas. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Berikut adalah beberapa cara anjing menyatakan rasa sayang, bahwa dia juga menyayangi kamu.


Tatapan Dalam

Jika kamu tidak nyaman dengan seseorang, apakah kamu akan melakukan kontak mata dengan orang itu? Tentu tidak, malah sebisa mungkin kamu akan menghindari kontak mata atau bahkan akan menjauh. Hal yang sama berlaku juga pada anjing. Melakukan kontak mata akan dapat membantumu menjalin ikatan.

Faktanya perilaku ini akan berguna untuk melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini disebut juga sebagai hormon kebahagiaan, yang berpengaruh untuk perasaan dalam hubungan atau ikatan.


Mengenali Suaramu

Tentu saja jika anjingmu berlari menghampiri saat kamu memberi tahu saatnya makan atau jalan-jalan. Tapi perlu kamu ingat bahwa anjing memiliki indera pendengaran yang hebat, dia bisa membedakan suara setiap orang dan bahkan intonasinya sesuai emosi orang tersebut. Dia juga bisa mengetahui kamu sedang senang atau sedih lewat intonasi suaramu. Ketajaman dan kemampuan indera untuk memproses hal tersebut membuat anjing sebagai pendengar yang baik dan semakin menunjukkan bahwa anjing memang sahabat terbaik manusia.

Jadi, lanjutkan dan terus berbicara dengan anjing kamu, dia akan selalu setia mendengarkanmu. Jika anjing dia menghampiri saat kamu memanggilnya atau merespons secara positif suaramu, itu pertanda bahwa dia menyayangimu.


Menyambutmu

Disambut oleh anjing kesayanganmu ketika membuka pintu adalah perasaan yang tak tergantikan. Dia sudah mengetahui kamu akan pulang ke rumah lewat indera penciuman dan pendengarannya. Seketika itu anjingmu akan memproses indera di otak mereka, bahwa orang yang dia akan bertemu dengan orang yang dia sayangi.

Fakta bahwa anjingmu menerjang dan menjilatimu saat sampai di rumah adalah sebuah bentuk ungkapan rasa sayang. Perilaku ini juga menghasilkan hormon oksitosin yang telah dibahas diatas.


Membawa Barangmu

Pastinya kamu pernah jengkel apabila anjingmu membawa kaus kaki, selimut, atau bajumu kemanapun dia pergi, atau tiba-tiba menggondol tumpukan baju kotor dari kantong cucian. Justru perilaku itu adalah tanda bahwa dia menyayangimu. Anjing yang sudah memiliki ikatan dengan orang yang dia sayangi, juga akan menyukai aroma orang tersebut.

Karena bau dan aroma yang familiar baginya, anjing akan menggunakan barang tersebut untuk membantu mereka untuk memberikan kenyamanan. Terlebih jika mereka sendirian dirumah, maka dengan barang tersebut dia tidak akan merasa kesepian.


Memberi Barang Favorit Mereka

Apabila anjingmu membawakan mainan atau barang favoritnya kepadamu, itu tidak selalu berarti dia ingin bermain-meskipun bermain juga merupakan salah satu ungkapan sayang. Anjingmu telah menganggapmu sebagai anggota keluarga, dan oleh karena itu dia mempersembahkan mainan atau barang favoritnya buatmu.

Selain itu, berdasarkan instingnya, perilaku tersebut juga dapat diartikan sebagai rasa percaya. Bahwa barang favoritnya akan aman bersamamu.


Kontak Fisik

Ini adalah tanda yang paling umum. Anjing akan ikut duduk di sofa, menyandarkan badan, atau bahkan menunjukkan bagian perutnya untuk diusap, adalah tanda bahwa dia menyayangimu. Secara natural, dia akan berusaha untuk dekat denganmu sebagai ungkapan rasa sayang dan percaya.


Bonus:

Menguap

Ini adalah fakta yang mengejutkan. Jika anjingmu ikut menguap setelah melihatmu menguap, ini adalah perilaku empati. Yang artinya dia menunjukkan ikatan yang kuat. Dengan ikut menguap, anjingmu berarti menunjukkan rasa sayangnya terhadapmu.