Bolehkah Jika Anjing Mengonsumsi Daging Ayam Mentah?

Updated: Oct 13, 2021



Tahukah sobat Petskita? Memberikan daging mentah pada anjing menjadi tren karena suatu alasan; banyak pemilik anjing berusaha untuk memberi anjing mereka makanan yang lebih alami. Ayam mentah adalah salah satu makanan mentah yang terkadang diberikan pemilik anjing kepada hewan peliharaannya. Unggas mentah ini mungkin tampak lebih sehat daripada kibble olahan, tetapi dapat menyebabkan masalah serius bagi anjing yang mengonsumsinya—serta pemilik hewan peliharaan yang menyiapkannya.


Apakah Ayam Mentah Aman untuk Anjing?

Beberapa dari kita berasumsi menawarkan ayam mentah ke anjing lebih sehat daripada memberi makan ayam yang sudah dimasak. Sayangnya, ayam mentah dapat menimbulkan bahaya serius bagi anjing kamu. Meskipun ayam mentah tidak selalu bermasalah, tidak tepat untuk mengatakan bahwa mengonsumsi ayam mentah pada anjing akan selalu aman. Memberi makan ayam mentah kepada seekor anjing akan membawa risiko, dan kebanyakan orang memilih untuk bermain aman jika menyangkut hewan peliharaan mereka.


Risiko Memberikan Makan Ayam Mentah ke Anjing

Beberapa dari kita hanya fokus pada manfaat ayam mentah, dengan mengabaikan risikonya yang bisa mengancam jiwa.


Infeksi Salmonella

Salmonella sp. adalah penyebab keracunan makanan yang paling umum, dan terdapat pada banyak makanan yang tidak dimasak atau kurang matang, termasuk ayam. Bakteri tersebut dapat ditemukan di usus atau kotoran hewan dan tidak aman untuk dikonsumsi. Ketika pemilik hewan peliharaan memegang ayam mentah, peluang bakteri ini untuk menyebar ke tangan, meja, piring, peralatan, mangkuk anjing, dan anjing kamu meningkat. Jika bakteri ini kemudian masuk ke mulut seseorang atau mulut anjing dengan kadar yang cukup tinggi, maka dapat terjadi infeksi dan gejala Salmonellosis.


Muntah, diare, lesu, kurang nafsu makan, dan demam adalah gejala utama bahwa anjing kamu mungkin terinfeksi Salmonella. Perawatan penyakit ini membutuhkan antibiotik dan obat lain bersama dengan terapi cairan IV. Mengabaikan infeksi ini bisa berakibat fatal jika anjing kamu memiliki sistem kekebalan yang buruk atau dysbiosis usus yang parah. Salmonellosis adalah risiko utama memberi makan ayam mentah kepada anjing kamu.


Baca Juga: Apa Arti Warna Gusi pada Anjing


Tulang Ayam

Jika sobat Petskita memberi makan ayam mentah kepada anjing kamu, ada kemungkinan anjing akan termakan tulang-tulang yang berada di potongan ayam itu. Tulang dapat menyebabkan penyumbatan di perut atau saluran usus, menusuk organ dalam anjing, tersangkut di mulut atau tenggorokan, dan mematahkan gigi. Tulang ayam yang dimasak bisa menjadi masalah yang lebih besar bagi anjing, tetapi tulang ayam mentah juga bisa menjadi masalah bagi beberapa anjing.


Malnutrisi

Jika sobat Petskita memberi makan ayam mentah secara eksklusif atau sebagian besar dari apa yang kamu berikan kepada anjing kamu, kekurangan gizi yang serius akan terjadi. Ayam bukanlah makanan yang lengkap dan seimbang untuk anjing mana pun. Jika seekor anjing tidak menerima semua vitamin dan mineral yang dibutuhkannya, maka ia akan menderita berbagai masalah termasuk patah tulang dan masalah organ. Anjing membutuhkan lebih dari sekedar ayam untuk menjadi sehat dan kuat. Jika kamu memberi makan makanan lengkap dan seimbang selain ayam mentah, risiko kekurangan gizi dapat dihilangkan.


Baca Juga: Pertolongan Pertama Jika Anjing Muntah dan Faktornya


Manfaat Memberi Makan Ayam Mentah pada Anjing

Terlepas dari risiko yang terkait dengan memberi makan ayam mentah kepada anjing, ada alasan mengapa beberapa pemilik anjing memilih untuk memberi makan ayam mentah. Ayam mentah mengandung sekitar 80% protein, tidak mengandung karbohidrat atau gula, serta mengandung beberapa kalium, fosfor, magnesium, vitamin B12, dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi anjing. Selain itu, anjing yang memiliki alergi atau sensitivitas makanan yang parah tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi makanan yang seharusnya tidak mereka konsumsi jika makanan mereka sebagian besar terdiri dari ayam mentah. Selain itu, ayam mentah adalah pilihan makanan yang murah untuk sobat Petskita berikan ke anjing peliharaan dibandingkan dengan daging kalengan.


Tips dan info-info menarik seputar anabul lainnya dapat sobat Petksita baca hanya di blog Petskita.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/can-dogs-eat-raw-chicken-5195037