Berapa Berat Rata-rata Seekor Kucing?

Updated: Jun 20


Tahukah kamu bahwa kelebihan satu kilogram pada kucing Shorthair, Longhair, atau Medium-Hair Domestik sama dengan 14 hingga 15 pound pada wanita 5'4"?

Ini membuatnya semakin penting bagi kucing kamu untuk menjaga berat badan yang sehat. Apakah ada angka rata-rata yang harus kamu tuju? Ada rentang berat badan yang dapat kamu tuju, tetapi tidak sesederhana memastikan berat badannya tetap dalam kisaran yang ditentukan. Kisaran berat badan seringkali luas dan berdasarkan breed tertentu. Mereka juga dapat bervariasi dari laki-laki ke perempuan.

Jika kamu tidak tahu berat ras kucing kamu, itu bahkan lebih sulit. Kamu bisa indikator apakah kucing kamu mempunyai berat ideal atau tidak di Body Condition System (BCS) dari Purina. Menurut Dr. Callie Harris, DVM, “BCS adalah skala sembilan poin yang dapat membantu dokter hewan kamu menilai kondisi tubuh kucing kamu dan tingkat keparahan masalah berat badannya.”

Dari hasil evaluasi tersebut, dokter hewan kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang berat ideal kucing kamu daripada sekadar membandingkan berat badan kucing secara luas dan berdasarkan ras. Memberinya makanan kucing berat badan yang sehat dapat membantu kucing kamu mencapai dan mempertahankan berat badan idealnya.

Masalah dengan Berat Kucing “Rata-rata”

Sumber daya yang mencantumkan bobot atau rentang rata-rata mungkin tidak mempertimbangkan faktor lain yang memengaruhi bobot. Faktor-faktor seperti ras, jenis kelamin, dan status kemandulan/kebiri semuanya bisa berdampak.

Misalnya, kisaran berat untuk Kucing Siam adalah 8 hingga 15 pon. Namun, betina biasanya memiliki berat 8 hingga 12 pon, sedangkan jantan dapat memiliki berat 11 hingga 15. Jadi, betina Siam seberat 15 pon akan kelebihan berat badan, sedangkan ukuran itu mungkin sehat untuk jantan.

Sumber daya itu juga tidak memperhitungkan kucing ras campuran. Jika kucing kamu adalah campuran dari dua ras atau lebih, kamu mungkin kesulitan menentukan berat atau kisaran rata-rata untuknya.

Baca Juga: Seberapa Sering Memberi Makan Kucing?

Bagaimana jika Kucing Saya Kegemukan?

Jika kucing kamu kelebihan berat badan, pertimbangkan untuk beralih ke makanan kucing manajemen berat badan untuk membantunya mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Kami juga merekomendasikan berkonsultasi dengan dokter hewan kesayangan kamu untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab medis untuk kenaikan berat badannya.

Kamu mungkin juga ingin memasukkan lebih banyak aktivitas ke dalam kehidupan sehari-hari kucing kamu. Lihat artikel kami tentang membantu kucing menurunkan berat badan untuk tips lebih lanjut.

Bagaimana jika Kucing Saya Kurang Berat Badan?

Obesitas menjadi perhatian banyak ras kucing, tetapi beberapa kucing mungkin memiliki berat badan kurang. Ini mungkin benar terutama jika kamu baru saja mengadopsi kucing atau membawa kucing liar.

Jika BCS kucing kamu menunjukkan bahwa dia terlalu kurus, “Dokter hewan kamu mungkin merekomendasikan untuk menambah jumlah makanan yang kamu berikan atau menyarankan makanan berkalori lebih tinggi untuk membantunya menambah berat badan,” kata Dr. Harris. “Begitu dia mencapai berat badan yang sehat, formula perawatan orang dewasa dapat membantunya mempertahankannya dalam jangka panjang.”

Sangat menggoda untuk memberi kucing kurus kamu kalori sebanyak mungkin, terlepas dari sumbernya. Kamu tidak ingin berlebihan dengan suguhan sekarang. Ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan kucing kamu dan menyebabkan dia mendapatkan terlalu banyak lemak.

Jangan abaikan olahraga dan aktivitas. Ini penting untuk membantu kucing kamu membangun otot, yang akan membantunya menambah berat badan dengan cara yang sehat.

Rata-rata Berat Kucing Tidak Ada

Hal ini tidak mungkin untuk mengidentifikasi berat rata-rata kucing yang sebenarnya karena tidak ada kucing yang rata-rata, dan setiap ras adalah unik.

Hanya kamu dan dokter hewan yang dapat menentukan kondisi tubuh ideal kucing kamu dan membuat rencana untuk membantunya mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Sumber: https://www.purina.com/articles/cat/health/what-is-average-cat-weight