top of page

Bisakah Kucing Makan Tulang?

Updated: Dec 21, 2022


Semua orang bisa memberi makan kucing sesuai kemampuan masing masing, mulai dari dry food, wet food, dan cooked food. Namun perlu diingat sob ada beberapa hal penting yang harus sobat ketahui tentang pemberian makanan kucing dengan tulang.


Kucing adalah karnivora, dan di alam liar, mereka memakan mangsa, seperti hewan pengerat dan burung, termasuk tulangnya. Jadi, masuk akal jika kucing rumahan sob mungkin juga menikmati memakan beberapa tulang, bukan?


Ada beberapa kontroversi seputar apakah aman memberi makan tulang kucing kamu. Kami tahu bahwa jika kamu memberikan tulang untuk dimakan, tulang itu harus mentah dan tidak pernah dimasak. Tulang yang dimasak berisiko patah tulang dan menyebabkan penyumbatan pada saluran usus atau kerusakan internal lainnya.


PRO


Manfaat sesekali memberi makan beberapa tulang mentah:

  • Ini dapat menyebabkan gigi dan gusi yang lebih sehat.

  • Beberapa tulang mentah menawarkan tambahan nutrisi kalsium dan mineral lain yang penting untuk diet kucing.

  • Sumsum tulang dapat menyediakan zat besi, vitamin E, dan vitamin B12.


KONTRA

  • Bahaya keamanan, terutama untuk kucing, karena dapat menimbulkan risiko tersedak. Itulah mengapa mendapatkan ukuran tulang yang tepat sangatlah penting. Terlalu kecil dan bisa tertancap.

  • Jangan pernah memberi makan tulang masak teman berbulu kamu karena tulang bisa pecah dan menyebabkan penyumbatan atau kerusakan internal. Meskipun risikonya jauh lebih kecil pada tulang mentah, risiko pecah masih ada.

  • Jika gigi kucing kamu dalam kondisi kasar, dan mereka mengunyah tulang mentah, ada risiko gigi itu bisa patah. Gigi yang retak akan sama dengan rasa sakit bagi mereka dan operasi gigi.

  • Tulang mentah dapat membawa bakteri seperti salmonella yang dapat membuat kucing kamu sakit, menyebabkan demam, lesu, diare, dehidrasi, dan banyak lagi. Dan salmonella adalah bakteri yang dapat ditularkan dari hewan peliharaan ke manusia, yang berarti kamu juga berisiko terkena penyakit.


Bagaimana cara menyiapkan tulang mentah dengan benar untuk kucing sobat?


  • Hanya berikan tulang mentah!

  • Jika kucing kamu mengalami masalah gigi seperti penyakit periodontal, kamu harus membersihkan giginya secara profesional sebelum memberinya tulang. Ini akan mengurangi kemungkinan rasa sakit dan iritasi pada gigi dan gusi.

  • Pilih tulang mentah dengan bijak. Tulang mentah berdaging yang segar dapat ditemukan di toko hewan peliharaan, tetapi pastikan kamu mendapatkan ukuran tulang yang sesuai untuk kucing. Kamu tidak ingin memberi kucing kamu ukuran tulang yang sama dengan yang kamu berikan kepada anjing kamu! Tulang ayam mentah adalah taruhan yang aman karena berada di sisi kecil (leher dan stik drum cocok) – begitu juga dengan tulang ikan dari salmon kaleng dan sarden.

  • Perkenalkan tulang secara bertahap pada kucing kamu. Mulailah hanya dengan satu tulang setiap beberapa hari untuk melihat apakah mereka menyukainya dan untuk mengurangi risiko mereka melakukannya secara berlebihan dan sakit perut.

  • Periksa tulang apakah ada bagian atau serpihan yang bisa pecah sebelum diberikan kepada hewan peliharaan kamu.

  • Selalu awasi kucing kamu ketika menyantap tulang

  • Periksa gigi hewan peliharaan kamu secara teratur untuk memastikan tulang tidak tersangkut di antara gigi atau memotong gusi.


Meskipun kucing kamu bisa memakan tulang – dan bahkan mendapat manfaat dari melakukannya – kamu harus sangat berhati-hati jika memutuskan untuk melakukannya. Sayangnya, dengan tulang mentah, terdapat beberapa risiko kesehatan seperti bakteri yang dapat menyebabkan penyakit atau tersedak yang dapat terjadi dari potongan kecil. Namun, jika kamu menganggapnya cukup aman untuk kucing kamu, memberi mereka tulang sesekali tidak masalah.



Sumber: https://www.hepper.com/can-cats-eat-bones/