Bagaimana Merawat Kelinci dengan Baik


Kelinci menghabiskan banyak waktu untuk merawat diri mereka sendiri, tetapi itu tidak berarti kita tidak perlu mengulurkan tangan membantu sesekali. Kelinci biasanya tidak perlu dimandikan, tetapi menyikat secara teratur membantu menjaga bulunya dalam kondisi baik dan membantu mencegah bola rambut dan pangkas kuku membantu kaki kelinci tetap sehat dan tidak tersangkut di matras. Sedikit perawatan akan sangat membantu.


Menyikat Kelinci

Jika kamu memiliki jenis kelinci berambut pendek, ada baiknya untuk menyikatnya setidaknya sekali seminggu. Saat mereka rontok — biasanya mereka rontok setiap tiga bulan — disarankan lebih sering menyikat. Selama bagian berat dari gudang mereka, menyikat setiap hari sangat ideal dan kamu akan melihat perbedaan besar dalam jumlah rambut yang kamu sisir jika kamu bisa melakukannya. Ingatlah bahwa kulit kelinci cukup rapuh, jadi berhati-hatilah dan gunakan sikat yang dirancang untuk kelinci jika memungkinkan (sikat berbulu lebih disukai karena sikat licin bergigi logam dapat melukai kulitnya). Sisir bergigi rapat juga bisa digunakan. Menindaklanjuti dengan alat perawatan karet juga dapat membantu membersihkan rambut yang rontok, atau coba usapkan waslap basah (tidak basah) di atas mantel setelah menyikat untuk menangkap sisa rambut yang lepas.


Jika kamu memiliki kelinci anggora, perawatan harus menjadi ritual harian. Kecuali kamu menunjukkan kelinci berbulu panjang kamu, paling mudah untuk menjaga bulunya dipangkas dengan panjang sekitar 1 inci atau bulunya akan sangat rentan terhadap anyaman (tetapi selalu berhati-hati dalam memotong rambut di atas paha atau luka kelinci. dapat terjadi karena kurangnya bantalan). Kelinci kamu juga sangat rentan mengembangkan hairball yang dapat menyebabkan penyumbatan di perutnya (“wool block”) jika mereka memakan bulu-bulu panjang ini. kamu dapat memangkas sendiri rambut kelinci atau meminta penata rambut untuk melakukan pemotongan pertama dan kemudian melakukan pemangkasan di rumah. Kamu harus sangat berhati-hati dalam memangkas rambut karena kulit kelinci sangat tipis dan mudah dipotong secara tidak sengaja. Seperti semua kelinci, menyikat setiap hari harus menjadi bagian dari rutinitas sejak usia muda (ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk menjalin ikatan dengan kelinci kamu).


Menghilangkan Bulu Kusut dari Kelinci

Sumber: bunnyworldfoundation.org

Jika kelinci kamu mengembangkan matras di bulunya, jangan pernah mencoba memangkasnya dengan gunting karena sangat kulitnya terpotong secara tidak sengaja. Cobalah perlahan lahan pisahkan matras kemudian sisir bulu sedikit demi sedikit sambil berhati hati agar tidak menarik kulit.Mungkin diperlukan beberapa sesi perawatan untuk membuat matras. Sebagai alternatif, kamu dapat membawa kelinci kamu ke penata rias agar alasnya dipangkas dengan gunting listrik, tetapi alasnya juga dapat memotong kulit sehingga harus berhati-hati terlepas dari metode yang digunakan.


Apakah Perlu Memandikan Kelinci kamu?

Kelinci tidak perlu dimandikan dan umumnya merasa sangat stres. Jika perlu mandi, lebih baik melakukan “pembersihan tempat” pada area yang kotor daripada membuat kelinci stres saat mandi. Ingatlah saat kamu harus membasahi kelinci bahwa perlu waktu lama untuk mengeringkan bulu kelinci dan menggunakan pengering rambut harus dilakukan dengan sangat hati-hati untuk mempercepat prosesnya. Kelinci sangat rentan mengalami kepanasan, jadi gunakan pengaturan hangat atau dingin pada pengering jika harus digunakan.


Potong Kuku Kelinci

Potong kuku secara teratur juga harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kelinci kamu. Periksa kuku mereka seminggu sekali saat menyikat dan potong jika sudah agak panjang. Pemangkasan yang sering lebih baik daripada harus memangkas dalam jumlah besar meskipun kamu hanya memangkas sliver. Selalu siapkan bubuk penahan darah dan teman untuk membantu kamu menggendong kelinci.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/grooming-pet-rabbits-1237197