Apakah Burung Peliharaan Mengalami Kerontokan Bulu?



Jika sobat Petskita memiliki bayi burung di rumah, kemungkinan besar mereka akan melalui proses ganti kulit yang sebetulnya adalah hal normal di mana mereka mengalami kerontokan bulu. Burung yang berganti bulu adalah proses normal di alam. Hal ini mirip dengan kerontokan rambut manusia yang mungkin rusak dan perlu diganti dengan helai baru. Bulu burung juga rusak dan tidak bisa diperbaiki karena terbuat dari keratin. Pergantian bulu (molting) pada burung juga terjadi sebagai respons terhadap perubahan musim dan hormon yang mereka hasilkan.


Proses Pergantian Bulu

Saat bulunya tumbuh, sobat Petskita mungkin menemukan lantai rumah dan kandang tempat burung kamu penuh dengan serpihan keratin. Kelihatannya seperti sedikit keratin tetapi itu sangat normal ketika kamu mempertimbangkan bahwa bayi burung tumbuh dalam satu set bulu yang benar-benar baru. Jadi, mungkin kamu akan lebih sering menyapu dan menyedot serpihan keratin burung.


Dibutuhkan banyak energi untuk memproduksi dan mengganti bulu pada butung, jadi pergantian bulu biasanya terjadi pada saat burung tidak terlalu stress sehingga sistem mereka lebih mudah untuk mengganti bulu. Di alam liar, ini biasanya terjadi tepat setelah musim bersarang (nesting) atau sebelum migrasi.


Gatal-gatal Saat Pergantian Bulu

Proses pergantian kulit (molting) dapat membuat burung gatal-gatal. Ketika sarungnya penuh dengan bulu, sobat Petskita mungkin mengamati burung kamu memetik bulunya atau menggaruk bagian yang sulit dijangkau seperti kepala atau lehernya. Tindakan melepaskan bulu-bulu membuatnya tidak terlalu gatal. Memandikan burung juga diperlukan dalam mengurangi rasa gatal. Ini juga melembutkan keratin bulu si burung.


Kebanyakan burung tidak keberatan untuk menggaruk kepala agar membantu melepaskan bulu-bulu itu dari selubung keratin mereka. Tetapi beberapa burung mungkin merasa sakit atau tidak nyaman.


Makanan Apa yang Harus Diberikan Pada Burung Saat Proses Pergantian Bulu

Karena bulu dan selubung burung terbuat dari protein, sobat Petskita mungkin ingin memastikan bahwa hewan peliharaan pendamping kamu memiliki peningkatan diet protein yang baik selama meranggas. Berikan burung peliharaan kamu telur urak-arik atau tambahkan beberapa kacang ke makanannya untuk membuat prosesnya sedikit lebih mudah. Konsultasikan dengan dokter hewan unggas mengenai diet burung untuk melihat apa yang mereka sarankan dapat membantu proses molting. Setiap perubahan pola makan juga harus diperiksa oleh dokter hewan unggas kamu.


Semoga info-info diatas dapat bermanfaat bagi sobat Petskita terutama yang memelihara burung.


Cari tahu info-info seputar small pets hanya di blog Petskita.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/is-your-bird-experiencing-feather-loss-4024451