Apakah Anjing Bisa Minum Kopi?

Updated: Nov 17


Sudah tidak heran lagi bahwa kopi sudah menjadi gaya hidup bagi kalangan anak muda ataupun tua. Kandungan kafein yang bisa membantu pekerjaan lebih produktif dan efek candu. Namun, hal ini tidak berlaku bagi anjing ya sob, karena ada alasan kesehatan yang harus sobat ketahui nih.


Anjing secara alami adalah makhluk yang ingin tahu dan mungkin mendapatkan satu atau dua jilatan dari minuman kamu. Meskipun satu atau dua jilatan biasanya tidak cukup untuk menyebabkan keracunan pada sebagian besar hewan peliharaan jika tertelan cukup, itu bisa membuat mereka sakit atau menyebabkan keracunan serius.


Anjing lebih sensitif terhadap kafein, jika anjing kamu memakan bubuk kopi (tidak terpakai), kacang-kacangan, atau makanan apa pun yang mengandung kafein sebagai bahannya, hal itu dapat menyebabkan keracunan serius.


Ukuran anjing kamu akan membuat perbedaan yang signifikan dalam hal seberapa kuat kafein mempengaruhi mereka. Untuk anjing kecil seperti Shih Tzu, Yorkshire Terrior atau Affenpinscher, kamu perlu memantau mereka dengan cermat karena hal itu lebih memengaruhi mereka daripada anjing yang lebih besar seperti German Shepards atau Beaucerons.


Bagaimana dengan Starbucks Puppuccino?

Pupuccino adalah cangkir berukuran kecil dengan krim kocok yang dibuat khusus untuk anjing. Produk susu, termasuk krim kocok, dalam jumlah kecil aman untuk sebagian besar anjing sesekali.


Gejala Keracunan Kafein

Kamu biasanya dapat melihat gejalanya setelah 30 - 60 menit konsumsi. Gejala dapat berlangsung antara 12 jam hingga beberapa hari. Gejala-gejalanya adalah sebagai berikut:


Agitasi

Kegelisahan

Muntah

Terengah-engah

Peningkatan detak jantung

Tekanan darah tinggi

Irama jantung tidak normal

Hipertermia


Dalam kasus yang parah, kolaps, tremor, kejang mungkin terjadi.


Hubungi dokter hewan kamu segera jika kamu merasa anjing kamu minum atau mengonsumsi produk kopi seperti kacang atau bubuk kopi. Kamu dapat membantu dokter hewan mengevaluasi potensi risiko dengan membagikan jumlah kopi yang dikonsumsi dan perkiraan berat badan anjing kamu.


Kebanyakan anjing bertahan dari konsumsi kafein selama mereka mendapatkan bantuan dengan cepat.


Jika dokter hewan kamu tidak ada, cari fasilitas darurat terdekat.


Sumber:

https://dogtime.com/dog-health/dog-food-dog-nutrition/90417-is-coffee-safe-for-dogs

https://www.akc.org/expert-advice/health/can-my-dog-drink-coffee-what-to-do-if-your-dog-drinks-coffee/

https://www.thedodo.com/dodowell/can-dogs-have-puppuccinos