Apa yang Harus Dilakukan Jika Kucing sering Kentut



Tahukah sobat Petskita, kucing memiliki saluran pencernaan yang sangat mirip dengan manusia atau anjing sehingga tidak luput dari buang gas. Tetapi jika kucing kentut lebih dari yang diperkirakan, itu mungkin merupakan indikasi ada hal lain yang terjadi di dalam tubuhnya. Pemantauan rutin fungsi pencernaan normal kucing akan membantu menjadi pemilik hewan peliharaan yang lebih baik dan mengetahui kapan kucing kamu mungkin memerlukan perhatian dokter hewan.


Mengapa Kucing Kentut?

Ketika kucing mengonsumsi makanan, makanan yang dikonsumsi berjalan melalui saluran pencernaan sehingga dapat dipecah, nutrisi diserap, dan kemudian apa yang tidak diserap dikeluarkan dari tubuh.

Makanan yang dikonsumsi diproses ke dalam mulut, berjalan turun ke kerongkongan dan masuk ke lambung, masuk ke usus kecil,usus besar, dan kemudian keluar dari tubuh dalam bentuk feses. Di saluran pencernaan, kelebihan gas dapat dihasilkan dari mengonsumsi makanan tertentu yang menghasilkan gas, penyakit, atau infestasi parasit. Gas tersebut akan menumpuk dan akhirnya keluar dari tubuh dalam bentuk kentut. Udara yang tertelan juga dapat menyebabkan kentut atau sendawa. Jika kucing tidak membuang gas, tekanan di usus menyebabkan ketidaknyamanan.


Pengobatan pada Kucing yang Sering Kentut

Jika kucing kamu sering kentut, ia mungkin mengalami masalah pencernaan. Tergantung pada alasan yang mendasari gas, perawatan akan bervariasi.


Membasmi Parasit Usus: Jika kucing kamu memiliki parasit usus maka obat untuk membunuh parasitnya akan diresepkan oleh dokter hewan kamu. Beberapa parasit lebih mudah dibasmi daripada yang lain. Obat cacing yang dijual tersedia tetapi karena tidak ada obat yang membunuh semua parasit, sulit untuk mengetahui apakah kamu memilih obat yang tepat atau tidak.


Memeriksa Diet Kucing Kamu: Beberapa kucing menghasilkan lebih sedikit gas pada makanan basah atau kering. Makanan yang menghasilkan gas, seperti kacang-kacangan, atau sayuran sayuran, juga dapat menjadi penyebab kucing terlalu banyak kentut. Berganti makanan dapat membantu mengurangi kentut pada kucing.


Cara Mencegah Kentut Kucing

Cara terbaik untuk meminimalkan kentut kucing kamu adalah dengan memberi makan makanan kucing berkualitas yang sesuai dengan kucing kamu dan meminimalkan perubahan pola makan. Pemberian probiotik secara teratur juga dapat membantu. Hindari memberi makanan pada kucing yang mengandung laktosa, seperti susu, dan bawa kucing kamu untuk pemeriksaan rutin dengan dokter hewan untuk mengetahui masalah usus pada kucing lebih awal. Pemberian pencegahan parasit usus secara teratur juga dianjurkan dalam banyak kasus.


Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi sobat Petskita kedepannya.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/why-do-cats-fart-554763