Apa Sih Fungsi Kumis pada Kucing?

Updated: Sep 3, 2021


Bulu-bulu kaku di wajah dan kaki kucing tidak hanya menambah keimutannya. Kumis kucing ternyata memiliki fungsi penting. Kumis kucing berfungsi seperti sistem GPS dan radar untuk kucing.


“Kumis kucing adalah bagian yang kuat dan penting dari bagaimana kucing merasakan dunia,” kata W. Mark Cousins, DVM, pendiri klinik hewan di New Orleans.


Cara Kerja Kumis Kucing

Setiap kumis diisi dengan saraf kecil dan super sensitif yang membantu kucing kamu menilai jarak dan ruang. Begitulah cara mereka membuat keputusan seperti: Apakah kotak ini terlalu kecil untuk dimasuki? Seberapa jauh saya harus melompat untuk mencapai rak itu?


Kumis mereka juga berfungsi untuk mendeteksi apa yang ada di sekitar mereka. “Kucing yang buta dapat menavigasi ruangan dengan sangat baik hanya dengan berjalan-jalan dan membiarkan kumisnya mengetahui di mana mereka berada secara spasial,” kata Cousins.


Dalam folikel kumis, berisi banyak ujung saraf yang mengirim pesan ke otak kucing. Ada juga organ sensorik di ujung setiap kumis. Mereka menangkap getaran di lingkungan yang membantu kucing merasakan di mana mereka berada dan makhluk apa yang ada di sekitar mereka.


Perhatikan Kumis Mereka untuk Mengetahui Mood Kucing!

Terdapat satu set otot kompleks di wajah kucing yang menggerakkan kumis mereka maju mundur.


Cara kucing menggerakkannya akan memberi tahu hewan lain atau kita manusia, bagaimana perasaan mereka. Saat kucing rileks, kumisnya akan tetap diam, mencuat dari samping kepalanya. Jika mereka penasaran atau sedang berburu, mereka akan mendorongnya sedikit ke depan. Kucing yang gugup atau kesal akan menjepit kumisnya kembali ke wajah.


Jangan Potong Kumis Kucing!

Seperti bulu lain di tubuh kucing, kumis bisa rontok. Itu normal. Tetapi kamu tidak boleh memotongnya.


Kucing dengan Kumis yang Dipotong Akan Menjadi Bingung dan Takut.


“Jika kamu memotongnya, itu seperti menutup mata seseorang, menghilangkan salah satu cara mereka untuk mengidentifikasi apa yang ada di lingkungan mereka,” kata dokter hewan Jane Brunt.