Apa Kesamaan Kucing dan Anjing?



Kebanyakan orang saat ini memiliki hewan peliharaan di rumahnya. Memiliki hewan peliharaan merupakan hobi bagi para pecinta hewan karena biasanya hewan peliharaan tersebut menjadi teman bermain, dan teman berbagi. Seperti yang kita ketahui, anjing dan kucing adalah hewan peliharaan yang paling populer hingga sekarang. Apakah kamu seorang cat person atau dog person, atau dua-duanya? Ada banyak perbedaan mencolok antara anjing dan kucing, namun kali ini akan kita bahas persamaan diantara keduanya.

Masa Kanak-kanak

Persamaan pertama, kucing dan anjing tidak lepas dari induknya sebelum berumur 3 bulan. Anak anjing dan anak kucing yang baru lahir masih dalam kondisi lemah dan memerlukan perhatian khusus terutama dari induknya. Usia 1-3 bulan adalah masa yang paling rentan untuk anjing dan kucing. Aktivitas mereka hanya tidur dan menyusu pada induknya. Hal tersebut menunjukkan bahwa peran induk kucing dan anjing sangat penting bagi perkembangan dan tumbuh kembang anaknya sebelum berumur 3 bulan.

Bahasa Tubuh

Salah satu kesamaan paling mencolok antara kucing dan anjing adalah bahwa kedua spesies tersebut mengandalkan bahasa tubuh untuk berkomunikasi. Memang, anjing menggonggong dan kucing mengeong, tetapi dasar komunikasi mereka dibangun di atas bahasa tubuh. meskipun kucing dan anjing berkomunikasi melalui bahasa tubuh, sinyal bahasa tubuh mereka sangat berbeda. Misalnya, seekor anjing yang mengibaskan ekornya dan membuka mulut mungkin sedang senang. Tetapi jika seekor kucing mengibas-ngibaskan ekornya dan membuka mulutnya, itu menandakan kemarahan. Jika Anda memiliki kucing dan anjing, kamu akan semakin mengerti mengenai bahasa tubuh mereka.

Baca Juga: Anjing Lebih Pintar daripada Kucing?

Naluri Teritorial

Walaupun sudah menjadi hewan domestik, naluri teritorial atau wilayah untuk anjing dan kucing masih tetap ada. Naluri ini menyebabkan kucing dan anjing mempertahankan hal-hal yang penting bagi mereka, seperti makanan, rumah, atau anak-anaknya. Meskipun kucing dan anjing memiliki naluri teritorial yang sama, naluri mereka menyebabkan perilaku yang berbeda di setiap spesies. Kucing, misalnya, sering menandai wilayahnya dengan menggosok atau kencing di atasnya. Mereka cenderung penyendiri dan mungkin mencoba mengusir kucing lain yang masuk ke ruang mereka. Anjing, di sisi lain, secara alami lebih merupakan hewan sosial yang membentuk kawanan untuk persahabatan dan berburu. Anjing tidak menunjukkan perilaku menggosok yang digunakan kucing untuk menandai wilayahnya. Perbedaan perilaku ini adalah salah satu perbedaan antara kucing dan anjing.

Kebiasaan Berburu

Kucing dan anjing juga berbagi naluri berburu untuk kelangsungan hidup mereka. Di alam liar, kucing dan anjing akan berburu dan mengais untuk mencari makanan. Baik kucing maupun anjing memiliki naluri mangsa yang kuat tanpa perlu diajari cara berburu. Anjing sedikit lebih oportunistik dalam menemukan sumber makanannya, tetapi kucing dan anjing dapat mengalahkan mangsa jika mereka perlu. Sementara kucing memangsa hewan yang lebih kecil seperti tikus dan burung, anjing sering kali mencari hewan yang sedikit lebih besar seperti kelinci atau tupai. Baik anjing maupun kucing dikenal karena keterampilan berburu yang sangat baik. Tetapi cara mereka melakukannya sangat berbeda. Pernahkah kamu perhatikan bagaimana kucing Anda akan memanjat tembok tertinggi, menunggu dan menerkam mangsanya di saat-saat terakhir? Sementara beberapa anjing akan melompat ke udara untuk menangkap mangsanya, sebagian besar sebaliknya karena mereka akan tetap dekat dengan tanah dan menggunakan indra penciumannya untuk melacak mangsa mana pun yang mereka kejar.

Baca Juga: Apa Benar Kucing Memiliki 9 Nyawa?

Kasih Sayang dan Ikatan

Meskipun kasih sayang yang ditampilkan mungkin berbeda antara kedua spesies ini, satu hal yang sama-sama dimiliki oleh kucing dan anjing adalah kemampuan mereka untuk membentuk ikatan yang kuat dan bermakna dengan pemiliknya. Mereka berdua menikmati kebersamaan manusia dan membutuhkan cinta, perhatian, dan kasih sayang dari keluarga pilihan mereka.


12 views