Apa Benar Kucing Memiliki 9 Nyawa?


Kamu pasti pernah mendengar pepatah, “Kucing memiliki sembilan nyawa.” Meskipun kamu mungkin tahu bahwa gagasan kucing yang memiliki sembilan nyawa adalah mitos, pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana semuanya dimulai – atau apakah ada kebenaran di baliknya?


Asal Mula Mitos

Tidak ada yang tahu asal muasal mitos bahwa kucing memiliki sembilan nyawa. Namun, sejarawan memiliki beberapa teori tentang alasannya. Yaitu karena kemampuannya yang luar biasa dalam bertahan hidup.


Budaya Dari Peradaban Mesir Kuno


Pertama, budaya ini berasal dari mitos dalam peradaban Mesir kuno. Orang Mesir pada zaman dahulu menyembah dewa yang menyerupai kucing atau berbentuk setengah kucing, berkat sifat keibuan dan pelindung kucing. Orang Mesir menghormati kucing, dan menghubungkannya dengan keilahian dan keabadian.


Kucing Dalam Literatur Inggris


Ada yang percaya bahwa asal mula mitos sembilan nyawa berasal dari pepatah Inggris. Pepatahnya berbunyi: “Seekor kucing memiliki sembilan nyawa. Untuk tiga dia bermain, untuk tiga dia tersesat, dan untuk tiga dia bertahan.

Meskipun pepatah ini hanya dimaksudkan untuk menggambarkan siklus hidup kucing dari anak kucing menjadi kucing dewasa hingga kucing senior, ada kemungkinan orang-orang menganggap benar dan mulai percaya bahwa kucing sebenarnya memiliki sembilan nyawa. Mitos ini juga muncul dalam drama Shakespeare Romeo & Juliet, Babak 3, Adegan 1: di mana Mercutio berkata kepada Tybalt, “Raja kucing yang baik, hanya satu dari sembilan nyawa Anda.


Makna Angka 9


Angka sembilan memiliki arti penting dalam beberapa tradisi dan budaya lain. Sembilan adalah angka keberuntungan dalam budaya Tionghoa. Dan ada sembilan renungan dalam mitologi Yunani. Juga, sembilan dapat dianggap beruntung dalam tradisi Kristen awal, karena angka sembilan mewakili trinitas (tiga kali tiga).


Apa Kebenaran di Balik Mitos Ini?

Terlepas dari gagasan bahwa kucing itu seperti dewa dan tak terkalahkan, dan fakta bahwa sembilan adalah angka yang signifikan dalam banyak budaya, kenyataannya adalah bahwa kucing sebenarnya tidak memiliki sembilan nyawa (yap!).

Namun, di luar inkonsistensi mitos, sainsnya sederhana: Seperti semua hewan lain di planet ini, kucing hanya memiliki satu kehidupan yang berakhir seperti kehidupan makhluk hidup lainnya.



Mitos Terpecahkan!


Pertama, kucing tidak digambarkan memiliki sembilan nyawa di semua budaya. Meskipun wilayah tertentu di dunia percaya bahwa kucing memiliki banyak kehidupan, angka sembilan tidaklah universal. Misalnya, di belahan dunia berbahasa Arab, kucing diyakini memiliki enam nyawa. Dan di belahan dunia yang berbahasa Spanyol serta Italia, Yunani, dan Brasil, orang percaya bahwa kucing memiliki tujuh kehidupan. Fakta bahwa mitos tersebut tidak disepakati secara keseluruhan membuktikan bahwa itu lebih banyak cerita rakyat daripada fakta.

Secara sains; Seperti semua hewan lain di planet ini, kucing hanya memiliki satu kehidupan yang berakhir seperti kehidupan makhluk hidup lainnya.


Namun, Apakah Ada Benarnya?

Meskipun kucing sebenarnya tidak memiliki sembilan nyawa, banyak manusia yang mempercayai mitos ini karena kucing mampu mendarat dengan empat kaki dari ketinggian. Tetapi sains dapat menjelaskan fenomena ini.

Pertama, kucing memiliki refleks yang sempurna. Saat jatuh, kucing memiliki kemampuan alami untuk memutar tubuh mereka dan mendarat di atas kaki mereka – bahkan ketika mereka dijatuhkan dari tempat yang sangat tinggi. Dan mendarat dengan posisi merangkak yang membantu menghilangkan dampak gravitasi.



Selain itu, kucing memiliki lebih banyak tulang belakang daripada manusia. Hal ini membuat kucing sangat fleksibel, dan memungkinkan mereka memiliki keseimbangan ekstrim dan refleks cepat.


Terakhir, kucing cukup pintar – dan insting mereka juga bisa berperan. “Misalnya, saya telah merawat banyak anjing selama masa praktik saya untuk gigitan ular berbisa, tetapi saya tidak pernah merawat kucing untuk gigitan ular berbisa; mereka terlalu pintar untuk mendekati ular, “kata Cullen M. Dauchy, DVM, dokter hewan dan mantan pemilik Katy Veterinary Clinic di Katy, Texas.


Kehebatan Seekor Kucing

Kucing adalah makhluk tahan lama yang bisa bertahan dari trauma. Namun, terlepas dari ketangguhannya, mereka tetap anggun, lembut, makhluk hidup. Jadi meskipun kamu tahu mereka dapat bertahan dalam situasi yang menantang, kamu harus tetap memberi mereka perhatian.