Anjing Terus Mengedipkan Matanya?

Pawrent, apakah kamu pernah melihat anjingmu terus mengedipkan sebelah matanya? Mungkin saja anabulmu sedang menderita blefarospasme. Blefarospasme adalah gangguan kesehatan mata yang dapat dikenali dengan kedipan yang berlebihan. Sebagian orang menganggapnya sebagai kedutan di mata. Umumnya, gangguan ini terjadi ketika mata sedang mengalami iritasi atau penyakit lainnya. Gangguan ini karena adanya rasa tidak nyaman yang menyebabkan anjing tidak mampu mengendalikan kedipan mata.

Ciri-ciri blefarospasme pada anjing adalah sebagai berikut:

  • Kedutan mata

  • Mengedipkan atau menutup mata pada satu mata secara berulang

  • Menyipitkan mata


Penyebab Blefarospasme pada Anjing

Pada umumnya, penyebab blefarospasme berkaitan dengan kornea mata anjing. Yuk simak penyebabnya dibawah ini.

1. Ulkus Kornea

Ulkus kornea adalah terjadinya goresan atau luka pada permukaan kornea mata, dan kondisi ini umumnya menyakitkan. Kornea adalah bagian paling luar dari bola mata, dan ulkus kornea mata umumnya terjadi karena adanya benda asing yang menggesek permukaan mata. Oleh karena rasa sakit dan iritasi yang terjadi, anjing yang menderita ulkus kornea akan mengalami blefarospasme.

2. Entropion

Entropion terjadi ketika kelopak mata terlipat ke arah dalam mata. Kemudian, iritasi dapat terjadi karena adanya gesekan antara bulu mata dan kulit dengan permukaan bola mata. Iritasi tersebut dapat menyebabkan blefarospasme.

3. Anterior Uveitis

Gangguan ini terjadi pada lapisan tengah bola mata dan menyebabkan peradangan. Ciri-ciri yang paling mudah diamati adalah mata merah, bengkak pada area mata, dan air mata yang terus mengalir. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, gangguan ini cukup berbahaya lho, Pawrent.

Baca Juga: Penyakit Umum Anjing dan Cara Mencegahnya


4. Blefaritis

Jika kamu mengamati dan melihat kelopak mata anjing mengalami radang, kondisi tersebut dinamakan blefaritis. Blefarospasme sangat umum dijumpai pada kondisi ini.

5. Benda Asing

Benda kecil seperti debu, rumput, rambut atau bulu, dan objek kecil lainnya yang masuk dibawah kelopak mata dapat menyebabkan iritasi pada kornea. Hal tersebut dapat memicu blefarospasme.



6. Abses Kornea

Abses kornea tidak jauh berbeda dengan ulkus kornea. Namun, abses kornea tidak menyebabkan luka terbuka, namun langsung menyebabkan infeksi dan memicu blefarospasme. Abses kornea juga dikenal sebagai keratitis.

7. Pannus

Pannus adalah gangguan radang pada kornea mata dan dapat menyebabkan blefarospasme.

8. Mata Kering (Keratokonjungtivitis sicca)

Gangguan ini terjadi ketika produksi air mata berkurang. Mata yang terlalu kering dapat menyebabkan iritasi dan blefarospasme.

9. Distichiasis

Gangguan ini disebabkan oleh pertumbuhan barisan bulu mata tambahan. Iritasi pun dapat terjadi dan terkadang menyebabkan blefarospasme. Bagi Pawrent Shih Tzu, kamu sebaiknya berwaspada karena gangguan ini kerap terjadi pada mereka lho.

Baca Juga: Penyakit yang Umum Diderita oleh Anjing Tua


10. Pertumbuhan Bulu Mata yang Abnormal (Ectopic cilium)

Mirip dengan distichiasis, ectopic cilium adalah bulu mata yang tumbuh di bagian dalam kelopak mata. Hal ini dapat menyebabkan blefarospasme.

11. Blastomikosis

Ini adalah sejenis gangguan jamur, dan banyak anjing yang menderita blastomikosis juga mengalami gangguan mata yang memicu blefarospasme.

Pawrent disarankan untuk membawa anjingmu jika mereka sedang mengalami blefarospasme agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. Terkadang, dokter hewan juga akan menyarankan beberapa tes mata untuk mengetahui kondisi mata, kelopak mata, dan kelenjar air mata. Pengobatan blefarospasme tergantung pada penyebabnya, namun umumnya anabul akan diberikan obat tetes mata dan salep. Jika penyebabnya parah, operasi dan prosedur lainnya mungkin diperlukan.

Sebelum blefarospasme tersebut terjadi pada anjingmu, kamu dapat mencegahnya dengan menjaga kesehatan dan keselamatan matanya. Usahakan untuk mencegah anjing mengubur atau menggosok wajahnya di atas tanah atau dengan kakinya. Kamu juga dapat mencegah anjing untuk memasuki area yang berdebu, dan juga mengeluarkan kepalanya ketika kendaraan sedang melaju kencang. Pemeriksaan kesehatan yang teratur adalah tindakan ekstra untuk mencegah blefarospasme pada anjing.


Source: https://www.thesprucepets.com/glossary-term-blepharospasm-3385422



31 views