Anjing Meminum Lebih Banyak Air dari Biasanya dan Meneteskan Air Liur



Anjing tiba-tiba meminum air lebih banyak dari biasanya, ditambah lagi sering meneteskan air liur? Apakah anabul Pawrent pernah mengalami hal tersebut? Yuk simak apa saja penyebabnya dan apa yang sebaiknya kamu lakukan jika hal tersebut terjadi.

4 Penyebab Utama Anjing Meminum Air secara Berlebihan sekaligus Meneteskan Air Liur

1. Infeksi Gigi

Kemungkinan penyebab yang pertama adalah adanya infeksi gigi. Selain membuat anabul meminum air lebih banyak, infeksi gigi juga dapat membuat anabul meneteskan air liur secara berlebihan, tidur lebih lama, dan pilek. Infeksi gigi dan abses gigi sebenarnya adalah hal yang umum diderita oleh anjing. Pawrent sangat dianjurkan untuk memeriksakan anjing kesayanganmu ke dokter hewan karena seringkali kita sulit mengenali ciri-ciri dari infeksi gigi.

2. Gangguan Ginjal

Gangguan ginjal dapat menyebabkan rasa haus yang berlebihan dan meneteskan air liur. Seiring dengan bertambahnya usia, resiko gangguan ginjal pada anjing juga dapat meningkat, misalnya kerusakan yang disebabkan infeksi bakteri atau racun. Maka dari itu, gangguan ginjal akan menyebabkan anjing minum dan buang air kecil lebih banyak. Menetesnya air liur anjing secara berlebihan dapat disebabkan oleh rasa mual karena penyakit ginjal. Adanya gangguan ini juga menyebabkan anjing merasa tidak nyaman.


Baca Juga: Penyakit yang Umum Diderita oleh Anjing Tua


3. Gangguan Hati

Beberapa gejala adanya gangguan hati adalah berkurangnya selera makan, bertambahnya rasa haus, mual yang dapat menyebabkan penetesan air liur, dan lesu. Gangguan hati lebih banyak terjadi pada anjing tua. Pawrent dapat mengetahui adanya gangguan hati melalui tes darah oleh dokter hewan.

4. Kanker

Beberapa jenis kanker mulut dapat menyebabkan penetesan air liur yang berlebihan dan juga konsumsi air yang berlebihan. Kanker mulut yang paling umum dialami anjing adalah melanoma dan karsinoma sel skuamosa (sejenis kanker kulit). Kanker yang telah disebutkan dapat dideteksi ketika dokter hewan melakukan pengecekan kesehatan mulut anjing.

Apa yang Harus Kamu Lakukan Ketika Anjing Meminum Air secara Berlebihan dan Meneteskan Air Liur?

Pawrent, jika hal ini terjadi pada anjing kesayanganmu, hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah memeriksakan mereka ke dokter hewan ya! Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, terdapat banyak penyebab mengapa anjing meminum air secara berlebihan dan meneteskan air liur. Maka dari itu, kamu sangat direkomendasikan untuk segera ke dokter hewan untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Akan jauh lebih baik jika dokter hewan dapat melakukan tes laboratorium untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Source: https://petlifetoday.com/vet/dog-drinking-a-lot-of-water/



20 views