Alasan Mengapa Kelinci Makan Kotorannya Sendiri



Sama seperti anabul lainnya, kelinci sangat suka menjaga kebersihan tubuhnya dengan sangat baik. Mereka sering terlihat menjilati cakarnya, menghaluskan bulu di telinganya, dan bahkan membersihkan pantatnya.Tetapi ketika membersihkan pantat mereka, mereka mungkin juga dapat termakan kotorannya sendiri. Meskipun mungkin terdengar menjijikan bagi sobat Petskita, ternyata ada alasan tertentu mengapa kelinci melakukan ini. Maka dari itu simak alasan kenapa kelinci makan kotorannya sendiri


Corphogia

Coprophagia terjadi ketika feses dikonsumsi. Memikirkan perilaku seperti ini saja agak meresahkan ya sob, tetapi beberapa hewan, seperti kelinci, sebenarnya ada alasan yang bagus saat mereka memakan makanannya sendiri. Coprophagia adalah perilaku normal dan sehat pada kelinci, tetapi pada hewan lain, seperti anjing, sangat tidak disarankan karena kurangnya bermanfaat untuk kesehatan.


Jenis Kotoran Apa yang Dimakan Kelinci?

Sumber: kelinci.wordpress.com

Kelinci menghilangkan bahan limbah secara teratur seperti hewan lain dan manusia. Biasanya kotoran keluar dari anus kelinci sebagai pelet bulat. Tetapi akan berubah bentuk jika jumlah serat dan air yang cukup tidak tertelan. Kotoran – kotoran diproduksi sepanjang hari saat kelinci melompat-lompat atau mengunjungi kotak pasir. Tetapi pelet kotoran yang terus-menerus diproduksi ini bukanlah yang dikonsumsi kelinci.

Selain pelet tinja biasa yang dikeluarkan kelinci di siang hari, ada jenis kotoran khusus juga yang dikeluarkan di malam hari. Cecotropes, juga disebut sebagai kotoran malam, adalah jenis kotoran khusus yang berbeda dari kotoran kelinci biasa. Dengan tekstur lebih lembut, lengket, dan biasanya tidak terlihat oleh pemilik kelinci, karena kelinci sering memakannya hampir saat kotoran ini keluar dari tubuh. Pelet ini diproduksi di sekum, bagian dari saluran usus kelinci, dengan fermentasi makanan yang dimakan kelinci. Mereka juga hanya diproduksi pada malam hari, sehingga kelinci akan terlihat memakannya saat larut malam atau dini hari. Biasanya, kalian akan melihat cecotropes di kandang kelinci kalian atau di bulunya. Jika kelinci kalian tidak sehat itu karena ia tidak memakan cecotropes-nya.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Punya Kelinci


Alasan Kelinci Makan Kotorannya

Jadi apa alasan spesifik kelinci memakan kotorannya? Cecotropes mengandung nutrisi penuh yang dibutuhkan kelinci. Kotoran khusus ini mengandung lebih banyak protein dan vitamin daripada kotoran biasa, jadi dengan mengkonsumsi cecotropesnya (dan makanan yang sehat), kelinci mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkannya untuk tetap sehat. Ini merupakan perilaku normal bagi kelinci untuk makan cecotropes di malam hari atau dini hari, tetapi tidak normal bagi mereka untuk makan feses normal mereka di siang hari.


Haruskah Mencegah Kelinci Memakan Kotorannya?

Dilansir dari SpurcePets.com , pawrent disarankan untuk tidak mencegah kelinci memakan kotorannya. Karena jika kelinci tidak dapat memakan cecotropnya, Kelinci akan mungkin kekurangan beberapa nutrisi yang diperlukan. Supaya saluran pencernaannya berfungsi dengan baik.


Demikian penjelasan alasan kenapa kelinci makan kotorannya sendiri. Maka dari itu pawrent tidak perlu panik ya. Karena kotoran mereka mengandung nutrisi yang baik yang harus dipenuhi kelinci kamu. Semoga informasi – informasi diatas dapat bermanfaat bagi sobat Petskita yang memelihara kelinci. Selalu perhatikan kondisi kelinci kalian ya. Pantau terus artikel – artikel anabul terbaru lainnya hanya di blog kami.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/why-rabbits-eat-their-poop-4582448