Alasan Kucing Bersembunyi


Ada beberapa alasan mengenai ini. Dan kebanyakan kucing yang bersembunyi adalah aktivitas dan perilaku yang normal. Secara alami, kucing adalah pemangsa dan mangsa di alam liar. Kucing secara naluriah akan bersembunyi dan menyembunyikan diri saat mereka menyelinap ke calon mangsa, dan menghindari mangsa predator lain.


Meskipun kucing peliharaan kita tidak perlu menangkap makanannya sendiri, mereka kebanyakan masih sering bersembunyi. Perilaku tersebut memang sulit dihilangkan. Perilaku ini mungkin tidak menjadi masalah serius. Tetapi, jika kucing kamu yang terbiasa berinteraksi menjadi sering sembunyi, itu mungkin pertanda masalah yang serius.


Penyakit

Perubahan perilaku secara tiba-tiba, seperti terlalu lama sembunyi, bisa menjadi tanda bahwa kucing kamu sedang sakit atau mengalami kesakitan. Jadi, jika kucing kamu tiba-tiba sering atau terlalu lama bersembunyi, bisa jadi dia sedang mengalami masalah kesehatan.



Trauma atau stress

Kucing tidak bisa mengatasi stres dengan baik, dan trauma pada kucing berkaitan erat pada rasa takut. Kucing biasanya akan bersembunyi bila ada perubahan di lingkungannya. Kedatangan tamu, pindah rumah, atau keberadaan bahkan hewan lainnya, seperti anjing atau kucing lain dapat menjadi penyebabnya.



Kehamilan

Kucing betina akan mengasingkan diri saat sedang hamil dan akan melahirkan. Jika kucing betina kamu sering bersembunyi, bisa jadi dia sedang hamil. Untuk itu, persiapkan tempat yang aman bagi kucing kamu untuk melahirkan nantinya.


Tempat Bersembunyi Yang Aman

Sebenarnya kucing tidak membutuhkan bantuan mencari tempat yang aman untuk bersembunyi. Jika alasannya jelas, seperti; berpindah ke lingkungan baru, kedatangan tamu, dan hewan lain, membiarkan dia bersembunyi adalah pilihan yang tepat. Mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan akan muncul kembali saat semua kembali normal.


Kamu bisa membantu dengan memberikan tempat yang aman bagi kucing kamu. Tempat itu harus membuat dia merasa aman dari segala ancaman. Misalnya; lemari pakaian, rak sepatu, atau kolong sofa.