Alasan Anjing Menjilat Kita




Kenapa Anjing Suka Menjilat?

Alasan perilaku mengapa anjing menjilat jauh lebih umum daripada alasan medis dan biasanya bukan merupakan tanda kondisi kesehatan yang serius. Perilaku menjilati yang berlebihan mungkin termasuk anjing menjilati atau merawat dirinya sendiri, perabotan atau permukaan lain, dan bahkan Anda! Anjing mungkin menjilat karena mereka menyukai rasa asin dari kulit pemiliknya, sebagai tanda kasih sayang, atau karena kebiasaan dan kebosanan. Menjilati juga bisa menenangkan atau menenangkan beberapa anjing, seperti ketika orang menerima pijatan santai.


Alasan Perilaku Mengapa Anjing Menjilat
  • Kebosanan dan/atau kecemasan

  • Untuk menenangkan atau menenangkan

  • Kasih sayang untuk orang atau hewan yang mereka jilat

  • Kebiasaan

  • Suka rasanya


Alasan Medis Mengapa Anjing Menjilat Secara Berlebihan

Menjilati secara berlebihan atau menjilat lebih dari biasanya bisa menjadi tanda dari masalah medis yang mendasarinya. Tanda-tanda jilatan berlebihan sering kali menyerupai tanda-tanda yang disebabkan oleh perilaku menjilat (rambut rontok, kulit kemerahan, iritasi, dll).


Penyebab medis potensial untuk menjilat termasuk alergi atau kondisi kulit yang menyebabkan kulit atau kaki gatal. Infeksi dari bakteri, jamur atau parasit juga dapat menyebabkan gatal dan karenanya menyebabkan jilatan berlebihan. Rasa sakit yang mendasari dari cedera atau radang sendi dapat menyebabkan anjing menjilat, mirip dengan ketika seseorang menggosok otot atau persendian yang sakit. Menjilati melepaskan endorfin, yang merupakan pembunuh rasa sakit alami tubuh, untuk membantu meredakan rasa sakit. Penyebab terakhir menjilat bisa dari masalah pencernaan. Untuk meringankan masalah ini, seekor anjing mungkin menjilat permukaan yang aneh, tetapi biasanya tidak pada dirinya sendiri.


Alasan Medis Mengapa Anjing Menjilat

Alergi

Infeksi

Rasa sakit yang mendasari

masalah GI


Cara Menghentikan Anjing Anda Menjilat Secara Berlebihan

Ketika perilaku menjilat yang didorong berlebihan, yang mengakibatkan hot spot, rambut rontok, atau iritasi kulit, hindari menghukum anjing Anda. Arahkan kembali fokus mereka dengan memberikan aktivitas alternatif untuk membuat mereka tetap sibuk. Pelatihan penguatan positif juga dapat membantu mengekang perilaku menjilat dengan memberi penghargaan kepada anjing Anda ketika mereka melakukan perilaku yang diinginkan. Misalnya, memberi penghargaan kepada anjing Anda karena berhenti menjilati ketika Anda mengatakan "Biarkan."


Jika penyebabnya dianggap medis, konsultasi dengan dokter hewan Anda diperlukan untuk mendiagnosis dan merawat kondisi anjing Anda. Untuk masalah non-darurat Pemegang polis Hewan Peliharaan Terbaik dapat berbicara dengan ahli hewan kapan saja dengan akses ke Saluran Bantuan Hewan Peliharaan 24/7 dan menyimpan potensi perjalanan ke dokter hewan.


Sumber: https://www.petsbest.com/blog/9-reasons-dogs-lick-excessively/