9 Barang untuk Menyambut Peliharaan Hamster

Hamster gemesin banget kan, Pawrent? Ukurannya yang mungil, hamster tidak akan betah jika hanya diberikan kandang kecil yang kosong lho! Seperti hewan lainnya, hamster memerlukan serangkaian makanan dan mainan agar tetap aktif. Dengan demikian, hewan kecil nan imut tersebut dapat hidup lama melebihi yang kamu kira. Inilah 9 barang yang kamu perlukan untuk peliharaan hamster.


1. Kandang yang Besar

Meskipun hamster berukuran kecil, mereka memerlukan kandang yang besar. Hal ini bertujuan agar mereka memiliki ruang untuk berlari dan bersembunyi. Umumnya terdapat dua jenis kandang hamster: kandang plastik dengan tutup dan kandang dengan jeruji. Kandang dengan jeruji memiliki ventilasi yang lebih baik, namun terkadang hamster dapat menggigit jeruji tersebut sehingga menghasilkan suara yang agak mengganggu.

2. Serbuk Kayu, Kertas, atau Tisu

Kandang saja tidak cukup ya, Pawrent. Kamu juga harus menambahkan serbuk, baik itu serbuk kayu, kertas, atau tisu. Kamu dapat mulai dengan menggunakan serbuk kayu, namun sebenarnya serbuk tersebut kurang baik untuk kesehatan hamster. Serbuk kertas (bebas dari tinta) atau serbuk tisu akan lebih baik untuk menyerap urine. Berikanlah serbuk yang cukup banyak pada dasar kandang agar hamster dapat bersembunyi dan membuat diri mereka sendiri nyaman.

Jika kamu menyadari adanya serbuk basah, segeralah bersihkan serbuk tersebut. Pawrent juga sebaiknya melakukan pembersihan kandang secara menyeluruh seminggu sekali. Buanglah serbuk lama dan sisakan sedikit yang masih bersih, bersihkan mainan dan rumahnya, dan isi kembali kandang dengan serbuk baru. Jika terdapat noda membandel di dalam kandang, coba bersihkan dengan air hangat atau air sabun. Hindarilah pemutih pakaian dan bahan lainnya yang bersifat berbahaya bagi hamster.

Seperti yang sudah tertulis diatas, jangan buang semua serbuk lama. Ambilkan sebagian serbuk lama dan campurkan dengan serbuk baru agar hamster dapat mengenali aroma dan kandangnya sehingga ia dapat merasa aman.

Baca Juga: Abses pada Hamster

3. Berbagai Makanan

Makanan hamster terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayur, dan buah. Terkadang, ada juga hamster yang menyukai serangga, tergantung pada jenis hamster tersebut. Cobalah untuk mengganti makanannya secara rutin dan bukan hanya kacang dan biji yang sama setiap harinya. Oh iya, usahakan jangan mengganti makanan secara mendadak karena hal tersebut dapat menyebabkan stres pada hamster. Dikutip dari PetHelpful, rangkaian makanan yang direkomendasikan untuk hamster adalah biji-bijian, sayuran kering, sayur atau buah segar, kuaci (biji bunga matahari), dan sedikit keju.

4. Botol Air

Hamster sangat tidak direkomendasikan untuk minum menggunakan mangkuk karena dapat membasahi tubuh mereka. Maka dari itu, gunakanlah botol agar hamster dapat meminum air dengan mudah. Sebagian besar kandang sudah memiliki botol air di dalamnya. Untuk kandang plastik, kamu dapat menggunakan botol yang digantung dari atas. Botol pada kandang jeruji umumnya dikaitkan pada jeruji. Letakkan pada tinggi yang sesuai dengan ukuran hamster agar mereka dapat meminumnya dengan nyaman.

Baca juga: Hamster Suka Menggigit Kandangnya?

5. Benda Kunyahan

Apakah kamu tahu bahwa gigi hamster tidak pernah berhenti tumbuh? Mengunyah makanan saja tidak cukup untuk mengikis gigi mereka. Berikan batang atau balok kayu kecil agar dapat dikunyah oleh hamster dan membantu mengikis gigi mereka. Memiliki kayu untuk dikunyah akan mencegah hamster menggigit kandang dan barang lainnya.

6. Pasir Mandi

Ternyata hamster juga suka mandi lho, Pawrent! Mereka bukan mandi menggunakan air, tapi menggunakan pasir khusus. Tuang pasir ke dalam wadah kecil (boleh mangkuk plastik atau keramik) dan kamu akan melihat hamster mulai berguling di pasir tersebut. Gantilah pasir tersebut secara rutin karena hamster juga menggunakannya sebagai toilet.

7. Kertas Tisu

Hamster sangat suka membuat kandang yang nyaman bagi diri mereka sendiri. Meskipun sudah menggunakan serbuk kayu atau kertas, hamster juga suka tisu yang lembut. Kamu cukup memberikan beberapa lembar tisu ke dalam kandang, dan beberapa jam kemudian tisu tersebut akan tersobek dalam bagian-bagian kecil. Tisu ini juga akan menjadikan tempat tidurnya nyaman sehingga mereka akan tidur lebih nyenyak dan lebih sehat.

8. Roda Hamster

Kecil-kecil cabai rawit! Mungkin sebutan tersebut cocok untuk hamster, karena tubuh mereka yang kecil namun sangat lincah. Mereka mungkin terlihat malas pada siang hari, tetapi hal ini disebabkan karena hamster adalah hewan nokturnal. Jika kamu melihat mereka pada sore dan malam hari, hamster adalah hewan yang aktif dan penuh dengan energi.

Roda berlari harus berukuran besar sehingga nyaman untuk hamster. Usahakan agar punggung hamster tidak sampai melengkung karena hal ini cukup berbahaya untuk kesehatan mereka. Jika kamu merasa roda tersebut mengeluarkan suara yang mengganggu, cobalah membeli roda yang tidak mengeluarkan suara.

9. Tabung Karton

Satu lagi benda yang murah dan mudah didapatkan di rumah – tabung karton! Kamu bisa mendapatkan tabung karton dari gulungan tisu yang sudah habis. Hamster sangat suka merangkak masuk ke dalam tabung tersebut, bahkan mereka juga dapat menggigitnya. Tabung ini dapat menstimulasi hamster dan memberikannya sebuah aktivitas yang sederhana.

Setelah mengetahui 10 barang-barang diatas, kamu sekarang tahu apa saja yang diperlukan agar hamstermu dapat hidup sehat dan bahagia. Perlu diingat juga bahwa setiap hamster memiliki kepribadian yang berbeda. Jadi, ketahuilah kepribadian hamster sedini mungkin agar kamu dapat segera mengakrabkan diri dengannya!

Source: https://pethelpful.com/rodents/Hamster-Cages-and-Toys