8 Barang Wajib Untuk Kebutuhan Hewan Peliharaan

Updated: Sep 3, 2021


Senang sekali menyambut anggota baru di rumah sekaligus menjadi tanggung jawab kita untuk mengurus mereka. Yap, semua itu butuh komitmen yang mantap ya. Namun, ketika komitmen sudah mantap, barang barang apa saja yang dipersiapkan agar kamu tidak bingung nantinya jika mengurus mereka, dan info ini cocok sekali bagi new pet parents loh, berikut penjelasannya:


1. Makanan

Ada banyak jenis merek produk makanan hewan yang terbaik di kelasnya. Namun, sebelum membeli pastikan cek kandungan gizi dan preferensi umur apakah cocok untuk anabul kamu. Misalnya, untuk produk sekelas Royal Canin atau Hill’s Pet Nutrition yang formulanya cocok untuk kitten atau puppy. Namun, tidak menutup kemungkingan untuk produk lainnya jikalau kamu tidak mendapatkan produk premium.


Jika kamu kesulitan menemukan makanan untuk mereka, cobalah konsultasi kepada dokter hewan atau pet shop terdekat. Biasanya mereka akan merekomendasikan produk tertentu sesuai budget kamu. Selain itu, sankin kamu senangnya pelihara hewan untuk pertama kali, janganlah beri makan mereka dalam jumlah banyak. Cobalah untuk memberinya sesuai takaran yang direkomendasikan.


2. Mangkuk Makanan

Perlu diingat bahwa pemilihan mangkuk sangat penting untuk kenyamanan makan mereka. Mangkuk stainless atau keramik sangat rekomendasi untuk mereka karena bisa menampung sedikit bakteri lebih sedikit di permukaannya daripada mangkuk plastik. Selain itu, mangkuk plastik sangat mudah menyerap bahan kimia ke dalam bahan makanan setelah pemanasan. Sebaiknya, hindarilah untuk kesehatan hewan kesayangan kamu. Cobalah kombinasikan mangkuk stainless atau keramik supaya hewan tidak bosan juga dengan wadah yang itu itu saja.


3. Litter Box

Pastikan litter box tetap dalam jangkauan mereka ya, supaya mereka lebih mudah dan nyaman untuk digunakan. Selain itu, jika kamu punya kucing lebih dari satu misalnya 2 ekor, kamu harus sedia 3 litter box.

Ada banyak varian litter box yang bisa kamu pilih untuk hewan kesayangan kamu. misalanya, ada bahan pasir yang bisa menggumpal yang mana kotoran hewan mudah dibuang. Ada juga bahan pasir yang tidak menggumpal dari bahan gandum, dan berbasis koran sehingga bisa melatih hewan kamu untuk konsiten menggunakan litter box. Biasanya kisaran harganya cukup terjangkau dari Rp.25.000 – Rp.60.000 pet 6 liter dengan beragam bentuk seperti kristal atau kapur yang berwarna warni.

Biasanya tiap litter box ada preferensi aroma atau tidak. Umumnya litter box sekarang sudah tidak berbau kotoran lagi, sehingga rumah bisa bebas dari bau kotoran kucing. Perlu diingat, hewan peliharaan kamu bisa terkena iritasi pada saluran hidung dan udaranya yang bisa menyebabkan alergi atau infeksi saluran pernapasan jika ada kotoran yang beraroma.


4. Kasur

Ada banyak varian kasur empuk untuk hewan kesayangan mu dengan berbagai model dirancang untuk posisi tidur mereka. Misalnya, sprawlers untuk hewan peliharaan mu yang gemar berbaring dengan bentuk persegi panjang dan guling untuk rasa aman bagi punggung mereka. Kemudian, ada yang kasur yang berbentuk bulat/donat untuk yang suka mengerut badannya. tempat tidur igloo dan bertudung sangat cocok untuk para snuggler yang senang tertutup atau tidur di tempat persembunyian. Terakhir, tempat tidur ortopedi dengan busa memori menawarkan dukungan yang menenangkan untuk hewan peliharaan yang lebih tua dengan artritis dan penyakit muskuloskeletal lainnya.


5. Kalung

Pemakaian kalung harus pas tetapi jangan ketat supaya nyaman bagi mereka untuk beraktivitas. Setidkanya, kamu bisa menyalipkan 3 jari di bawah kalung hewan peliharaan kamu. Dengan lebar 1/4 inci untuk kucing dan anjing kecil, 1/2 – 1 inci untuk anjing sedang dan 1 – 2 inchi untuk anjing besar.


Pastikan cari jepitan kerah yang bisa dilepas berbahan plastik. Kalung pelepas dirancang bisa lepas secara paksa jika hewan peliharaan kamu dalam kondisi mendesak. Kalung juga bisa menjadi penyelamat dan mencegah kematian sengaja maupun tidak sengaja akibat tercekik.


6. Tali Tuntun (leash)

Tali berbahan nilon, kulit atau bentuk kepang adalah bahan tali tuntun yang sangat direkomendasikan sebab kokoh. Jangan sekali kali pakai tali tuntun yang bisa ditarik, bahkan sering gagal terkunci yang mengakibatkan hewan peliharaan kamu pergi terlalu jauh seperti tempat tetangga, bahkan lalu lintas.


Tali tuntun yang cocok untuk anjing tua rentan cedera leher butuh perhatian ekstra. Karena tali pengaman mengurangi kendali kamu saat berjalan, pertimbangkan tali pengaman PetSafe’s Easy Walk. Ini memberikan tekanan lembut pada dada anjing untuk mengingatkannya untuk menepuk dengan lembut. Pilihan bagus lainnya adalah PetSafe’s Gentle Leader. Alat ini bertindak lebih seperti tali pengikat dan memberikan tekanan lembut pada hidung dan belakang kepalanya anjing kamu. Ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah membimbing anjing yang lebih bersemangat dan membuat kamu kembali mengontrol jalan kaki.



7. Mainan (pet toys)

Mainan perlu untuk menstimulasi otot dan energi mereka supaya mereka juga tidak bosan. Mainan anjing termasuk dalam beberapa kategori berbeda: mainan interaktif atau teka-teki, mainan kunyah, mainan perang ambil dan tarik, dan mainan mewah. Mainan interaktif dan teka-teki membantu menyibukkan anjing atau anak anjing kamu dan melelahkan mereka secara mental (KONG adalah raja mainan teka-teki dan alat pemberi camilan / kibble) sementara mainan kunyah memenuhi kebutuhan anjing kamu untuk menggerogoti.


Sedangkan untuk kucing, penunjuk laser, bola yang dapat dilemparkan di trek yang tidak bergerak, boneka tikus, dan berbagai bola kecil. Leaps & Bounds dan Petstages membawa serangkaian mainan pengejar, sementara KONG membuat mainan mewah untuk kucing. Teaser adalah mainan seperti tongkat bulu atau tongkat pancing yang dapat dilacak, dipukul, dan dijebak kucing dengan cakar dan mulutnya. Mereka juga bisa diseret di sepanjang tanah untuk merangsang perilaku mengintai dan berburu. Selain mainan, kucing harus dilengkapi dengan tiang penggaruk, pohon kucing, dan tempat bertengger untuk memenuhi kebutuhannya akan menggaruk, meremas, memanjat, dan menjelajah.


8. Pet Carrier

Semua kandang dan kandang harus cukup besar agar hewan peliharaan kamu dapat berdiri dan berputar dengan nyaman. Pet Carrier umumnya digunakan untuk perjalanan dan transportasi dan dapat terdiri dari casing keras dengan kawat, gerbang parut, atau tas jaring yang lembut dengan banyak bukaan resleting. Ini ideal untuk kucing dan anjing kecil.


Kandang paling baik digunakan di lingkungan rumah untuk tujuan pelatihan dan / atau sebagai kandang pribadi hewan peliharaan kamu. Ini cenderung memiliki kerangka kawat yang lebih terbuka untuk visibilitas dan aliran udara yang lebih mudah. Mereka juga memiliki baki yang bisa dilepas di bagian bawah untuk tumpahan, kecelakaan dan pembersihan yang mudah. Kandang kucing harus cukup besar untuk menampung kotak kotoran dan mangkuk air, sedangkan kandang anjing harus cukup besar untuk menampung anjing atau anak anjing kamu dengan nyaman, tempat tidurnya, dan mangkuk air yang distabilkan.

21 views