7 Tips Menjaga Pola Tumbuh Dan Makan Anak Kucing Dengan Benar



Jika sobat Petskita sedang membaca artikel ini, kalian pasti sedang menyambut kedatangan anak kucing baru, yay selamat! dan sekarang kalian pasti bingung bagaimana caranya untuk menjaga anak kucing kalian dimulai dari cara mereka tumbuh dan makan dengan benar. Jangan khawatir, kalian menemukan artikel yang tepat untuk permasalahan kalian.

Inilah beberapa tips yang bisa sobat Petskita lakukan.


Sediakan Mangkok Makan Kecil

Salah satu keinginan dokter hewan adalah mengurangi obesitas hewan peliharaan pada masa kanak-kanak. Salah satu trik utama untuk mencegah makan berlebihan adalah menggunakan mangkuk makanan kecil, terutama untuk anak kucing dan kucing dewasa. Ada teori sederhana yang bisa membuktikan kemungkinan berhasilnya trik ini dimana manusia mengisi mangkuk makanan, baik milik mereka sendiri maupun hewan peliharaan mereka.

Jika sobat Petskita menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, kalian akan mengisi makanan lebih sedikit di mangkuk. Bisa memulainya dengan menggunakan mangkuk, cangkir espresso, atau piring mungil apapun yang menampung lebih sedikit makanan.


Beri Makanan Kucing Dengan Rasa Yang Berbeda

Secara umum, selera dan preferensi anak kucing sebagian besar terbentuk selama beberapa bulan pertama. Terlalu banyak kucing yang tidak diberi cukup untuk mencoba makanan dengan flavours yang berbeda, terutama selama tahap pembentukan.

Biarkan kucing sobat Petskita mencicipi ikan segar dan berminyak ( terutama salmon dan tuna yang ditangkap dari alam liar, teri, atau sarden), unggas, kalkun, dan daging sapi.Jika anak kucing kalian tampaknya tertarik dengan sesuatu yang kalian makan, letakkan sepotong di mangkuknya untuk dites.


Namun sebelum itu, tanyakan kepada dokter hewan kalian terlebih dahulu untuk memastikan apakah makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Jika kalian telah memutuskan makanan anak kucing tertentu, tanyakan kepada dokter hewan Anda apakah boleh mencoba varian lain dengan profil nutrisi yang serupa. Variasi merupakan bumbu kehidupan yang juga sehat untuk kucing kalian.


Beri Healthy Treats Kepada Kucing

Makanan adalah kecintaan semua orang termasuk sobat Petskita sekalian. Namun, masalahnya ketika kita “mencintai” terlalu banyak, kita menumpuk berat badan. Sedikitnya satu pon ekstra lemak pada kucing sudah cukup untuk menempatkan mereka pada peningkatan risiko penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kanker tertentu. Sobat Petskita bisa mencari makanan – makanan sehat untuk anak kucing kalian di toko- toko merchant yang tersedia di Petskita.


Baca Juga: Kucing Suka Pilih-pilih Makanan?


Menerapkan High-Low Feedings

Pada umumnya, kucing adalah hewan predator dimana mereka menguntit, menerkam, menyergap, dan berburu makanan. Manfaatkan jiwa predator anak kucing kalian dengan memindahkan posisi mangkuk makan malam mereka secara bergantian. Cara ini bekerja sangat baik ketika sobat Petskita ingin melatih kelincahan anak kucing.

Kalian juga bisa menyusun permukaan mangkuk secara bergantian seperti meja ke lantai setiap hari dimana satu kali makan permukaannya tinggi, berikutnya rendah. Dengan melompat dan memanjat juga melibatkan otot-otot di tubuh anak kucing, serta memaksimalkan olahraga dan kebugaran.


Buatlah Anak Kucing Mencari Makanannya

Jika sobat Petskita mempunyai kucing lebih dari satu maka cobalah bermain “ Find the Food” dengannya. Cukup taruh beberapa mangkuk atau piring kecil dan letakkan di seluruh rumah kalian saat kalian pergi.

Ini memberi kucing kalian sesuatu untuk dilakukan, membantu meningkatkan suasana hati mereka, dan mendorong mereka untuk berpindah – pindah tempat.


Kurangi Kalori Setelah Steril

Penting untuk sobat Petskita pahami bagaimana memandulkan (spay) atau mensterilkan (neuteur) memengaruhi metabolisme anak kucing kalian. Secara umum, menghilangkan saluran reproduksi kucing mengurangi kebutuhan kalori hariannya sebanyak 20 % – 30%.

Perlu dicatat bahwa sangat penting untuk kalian berdiskusi dengan dokter hewan setelah memandulkan/ netral untuk menghitung ulang kalori kucing kalian.


Baca Juga: Manfaat Sterilisasi Anjing dan Kucing


Menimbang Berat Badan Anak Kucing Secara Teratur

Seberapa cepat anak kucing sobat Petskita tumbuh itu penting. Tidak mendapatkan berat badan yang cukup atau gagal memberi makanan dengan nutrisi yang tepat juga menimbulkan masalah. Sobat Petskita perlu menimbang anak kucing kalian secara teratur seperti apa yang dilakukan dokter hewan dimana mereka akan menimbang anak kucing kalian setiap kunjungan.

Tanyakan ke dokter hewan bagaimana kurva pertumbuhan anak kucing kalian sebab kurva yang terlalu curam dapat menyebabkan obesitas sementara, kalau kurva datar dapat diartikan bahwa perkembangan anak kucing kalian tidak sehat. Setelah sekitar sembilan hingga dua belas bulan, timbang kucing kalian di rumah setidaknya setiap enam buulan dan dicatat.

Apabila berat anak kucing bertambah, hubungi dokter hewan kalian untuk mendapatkan saran tentang pemberian makan yang tepat. Jauh lebih mudah untuk menurunkan satu atau dua pon daripada sepuluh.


Ada ratusan tips dan trik mudah yang bisa sobat Petskita pelajari untuk merawat anak kucing baru kalian. Hubungi dokter hewan kalian untuk berkonsultasi karena setiap anak kucing memiliki gaya hidup dan kebutuhan nutrisi yang spesifik.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu sobat Petskita dalam merawat anak kucing kalian yang baru ya.

Sumber artikel: https://www.pethealthnetwork.com/cat-health/cat-diet-nutrition/7-tips-and-tricks-keep-your-growing-kitten-eating-right