7 Mitos Kucing yang Masih Kita Percayai Hingga Hari Ini

Updated: Oct 13, 2021



Kucing merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan. Namun, masih banyak masyarakat yang mempercayai mitos mitos seputar kucing yang mana sering kita dengar. Salah satunya yaitu kucing hitam sebagai pembawa sial. Untuk itu simak yuk apa saja mitos mitos kucing yang dipercayai oleh masyarakat.

1.Kucing Hitam Membawa Sial

Kucing hitam telah menjadi subjek mitos dan cerita rakyat selama berabad-abad, dan sementara di beberapa negara dianggap tidak beruntung, tetapi di belahan dunia lain kucing dikatakan membawa keberuntungan. Di Jepang, jika kucing hitam melintasi jalan anda, itu dianggap sebagai tanda keberuntungan akan tiba. Tetapi di sebagian besar Eropa dan Amerika Serikat, kehadiran kucing hitam dianggap sebagai tanda nasib buruk sedang dalam perjalanan.


2. Kucing Benci Air

Kebanyakan kucing memang bukanlah penggemar berat air, tetapi ada beberapa pengecualian. Ilmuwan berpendapat bahwa alasan sebagian besar kucing membenci air mungkin karena bulu mereka tidak cepat kering, yang dapat membuat mereka merasa sangat tidak nyaman dan mungkin kedinginan. Bobot air juga cenderung membebani kucing yang biasanya gesit, yang berarti mereka tidak dapat menghindari bahaya yang dirasakan dengan cepat.


3. Kucing Hanya “Purr” Saat Mereka Senang

Kucing memang Purr (mendengkur) saat mereka senang, tapi itu bukan satu-satunya alasan mereka mengeluarkan suara ini; mereka juga bisa mendengkur saat mereka ketakutan atau merasa tidak enak badan atau kesakitan lho!


4. Kucing Banyak Tidur Karena Malas

Seperti yang kita tahu, kucing tidur selama 16 jam sehari duh malas banget yah! Eits, tapi Cat Behavior Associates menjelaskan bahwa kucing biasanya gak benar-benar tidur pulas. Sebagian besar waktu tidur kucing dihabiskan dengan indranya yang masih tetap waspada dan mendengarkan mangsa, predator, atau berbagai macam suara yang mengganggu. Bukan karena malas, tetapi ada alasan biologis mengapa kucing membutuhkan banyak waktu senggang, yakni diet. Dikutip dari Vetstreet, kucing membutuhkan waktu tidur yang panjang karena kucing adalah pemakan daging, dan istirahat dalam waktu lama membantu sistem pencernaan mereka mencerna semua protein yang mereka konsumsi.


5. Kucing Gak Butuh Olahraga

Gak hanya anjing, kucing juga membutuhkan stimulasi mental serta aktivitas fisik. Kucing harus dipelihara di dalam ruangan demi keamanannya dan kesehatannya, tetapi ada banyak permainan dan mainan untuk menjaganya tetap aktif agar mereka dapat mempertahankan berat badan yang sehat.


6. Kucing Gak Bisa Dilatih

Ketika memikirkan hewan peliharaan yang melakukan trik, kucing bukanlah hewan pertama yang muncul di pikiran, padahal kucing bisa dilatih lho! Mengajari kucing kamu melakukan hal-hal tertentu juga dapat memperkuat ikatan antara kucing dan keluarga kamu. Namun, melatih kucing tidak selalu mudah, tetapi dengan sedikit kesabaran dan tekad, kucing kamu pasti bisa menguasai beberapa trik.


7. Kucing Tidak Bisa Jatuh Terbalik

Salah besar! Jika terjatuh, kucing tidak selalu dapat mendarat dengan kakinya. Kucing adalah makhluk yang sangat gesit, walaupun begitu mereka dapat melukai dirinya sendiri jika jatuh ke arah yang salah. Berlawanan dengan kepercayaan populer, kucing lebih cenderung terluka dari ketinggian rendah daripada tinggi karena mereka tidak punya waktu untuk membalikkan atau memutar tubuh mereka ke posisi yang diperlukan untuk pendaratan yang aman.




65 views