7 Masalah Litter Box pada Kucing


Kucing mempunyai naluri yang baik khususnya menghilangkan bau kotorannya dengan mengubur. Kucing bisa stres jika ada perubahan kecil tak terduga pada litter box mereka. Sehingga mereka tidak mau lagi membuang kotoran pada litter box kesayangan mereka.

Berikut alasannya yang dirangkum oleh Modern Cat kenapa kucing tidak mau menggunakan litter box dan membuangnya sembarangan.


1. Litter Box Kotor

Litter box yang kotor membuat beberapa kucing tidak mau membuang kotoran mereka. sebagai pawrent harus lebih sadar jika litter box yang sudah kotor harus dibersihkan ya. Supaya kucing tidak ngambek untuk membuang kotorannya di litter box. Selain itu, kalau pawrent beruntung ada juga perilaku kucing yang tidak keberatan jika litter box mereka kotor. Pada intinya, pawrent harus rajin rajin ya membersihkan litter box supaya bisa mengurangi bau kotoran juga.


2. Perubahan pada Litter Box

Perubahan litter box bisa mempengaruhi kucing untuk tidak membuang kotoran mereka loh. Mungkin pawrent berpikiran untuk menukar litter box agar bisa membuat kucing lebih nyaman membuang kotoran atau sudah tidak layak pakai. Caranya ialah pawrent harus sabar mengenalkan litter box baru mereka ya. Biasanya kucing tidak akan mengenali litter box baru mereka dan sudah nyaman pada litter box lamanya. Disini keputusan ada pada kucing pawrent ya, mau bagus atau tidaknya litter box yang dibelikan.


3. Ukuran Litter Box

Litter box yang kecil bisa menyebabkan kucing kesusahan mengubur kotorannya. Jadi, selalu pilih litter box yang cocok sesuai bobot atau ukuran kucingnya ya. Direkomendasikan dengan tingginya tidak lebih dari 4 inchi khusus kucing yang sudah tua.


4. Mencari Toiletnya Sendiri

Pastikan pawrent punya lebih dari satu litter box ya. Beberapa kucing tidak suka berbagi litter box disebakan adanya pertentangan sifat dalam mengubur dan menghilangkan baunya dari musuh. Untuk masalah jarak, pastikan litter box ditempatkan jauh dari kebisingan atau kegiatan lalu lintas rumah.


5. Pasir Sedikit

Pasir yang terlalu sedikit bisa membuat kucing malas untuk membuang kotoran ya. Alhasil, kucing akan mencari tempat lain untuk membuang kotorannya. Juga, pasir sedikit bisa menimbulkan bau kotoran yang menyengat. Pastikan pasir pada litter box cukup atau sekitar 6-7 cm ketinggian pasirnya supaya kucing bisa mengubur kotorannya dengan nyaman.


6. Litter Box yang Berpindah – pindah.

Memindahkan litter box secara tiba-tiba membuat kucing bingung. Sebab kucing merupakan hewan mempunyai kebiasaan.


7. Trauma pada Kucing

Peristiwa traumatis seperti diganggu kucing atau anjing, benda asing yang jatuh pada litter box ketika mereka membuang kotoran dan suara asing. Peristiwa ini menyebabkan si kucing tidak mau membuang kotoran pada litter box. Meskipun pawrent sudah menaruh litter box dengan posisi yang tepat. Solusinya ialah menempatkan litter box yang tidak rawan dari bahaya atau peristiwa yang menimpa mereka supaya mereka bisa lebih nyaman membuang kotoran.


Sumber: https://kucinglucu.net