7 Fakta Tentang Biaya Pengeluaran Memelihara Anjing



Jika sobat Petskita membuka artikel ini, mungkin kalian sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi anjing sebagai peliharaan di rumah. Adopsi anjing sebagai hewan peliharaan adalah salah satu pengalaman paling memuaskan yang pernah dimiliki banyak dari kita. Sayangnya, mudah untuk membiarkan diri kita terbawa suasana dan mengadopsi anabul baru tanpa sepenuhnya mempertimbangkan tanggung jawab yang ada. Berikut ini adalah 7 fakta tentang biaya pengeluaran memelihara anjing yang harus diketahui oleh setiap pecinta anjing.


1. Tidak Ada Yang Namanya Gratis Untuk Memelihara Anjing

Tidak ada yang namanya gratis di dunia ini, termasuk memelihara anjing. Setiap hewan yang kalianadopsi akan membutuhkan makanan, perawatan kesehatan tahunan, dan kemungkinan biaya pengobatan yang tidak terduga. Pada saat membuat keputusan untuk menambahkan anggota keluarga berbulu baru ke rumah,perlu kalian ketahui bahwa bahkan anjing yang paling sehat pun bisa menghabiskan biaya rata-rata sekitar 7 jutaan rupiah untuk biaya dokter hewan setiap tahun. Jadi, mengadopsi seekor anjing bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng lo sob.


2. Mengadopsi Ras Anjing Besar Lebih Mahal

Ras anjing seperti Doberman dan Pitbull memanglah keren. Namun, jika kalian hidup dengan anggaran yang masih terbilang berkecukupan, mungkin kalian dapat menunda mengadopsi ras anjing besar sampai kalian merasa dapat membiayai mereka. Menurut PetHealth Network, ras anjing besar membutuhkan dosis obat yang lebih besar dan jumlah makanan yang lebih banyak.


3. Tidak Memandulkan (spaying) Atau Mengebiri (neutering) Anjing dapat Menghabiskan Uang Kalian

Mencoba menekan biaya dengan tidak memandulkan atau mengebiri anjing peliharaan adalah salah satu kesalahan terbesar yang biasanya pemilik anjing lakukan. Memandulkan anjing menghilangkan risiko infeksi rahim yang mengancam jiwa mereka yang disebut pyometra. Selain itu, memandulkan anjing betina sebelum siklus menstruasi pertama dapat menghilangkan risiko kanker payudara.


Baca Juga: Manfaat Sterilisasi Anjing dan Kucing


4. Penundaan Pencegahan Luka Pada Anjing Memerlukan Biaya Yang Mahal Untuk Kedepannya

Menghapus benjolan kecil di kulit secara logis lebih murah daripada menghilangkan luka yang cukup besar. Selain itu, operasi sejak dini jauh lebih tidak invasif.


5. Melewatkan Perawatan – Perawatan Umum Anjing Yang Dapat Secara Drastis Meningkatkan Biaya Pemeliharaannya

Ada kutipan dari Ben Franklin yang mengajari kita bertahun-tahun yang lalu bahwa, “Satu ons pencegahan bernilai satu pon pengobatan.” Ada lima ilustrasi yang mencerminkan kutipan itu :

  • Pembersihan gigi anjing secara teratur lebih murah dan tidak terlalu menyakitkan daripada prosedur perawatan gigi yang mahal.

  • Mencegah parasit internal (misalnya cacing) pada tubuh anjing lebih murah daripada mengobati konsekuensinya, seperti muntah atau diare.

  • Mencegah parasit eksternal (misalnya kutu) pada tubuh anjing lebih murah daripada melawan efeknya, seperti iritasi kulit atau infeksi.

  • Mengatasi penyakit yang tidak begitu parah sejak awal lebih murah dibandingkan mengobati penyakit yang sangat parah.

  • Memvaksinasi anjing peliharaan kalian secara rutin selalu jauh lebih murah daripada mengobati penyakit apa pun yang dicegah oleh vaksin dengan sangat efektif. Salah satu contoh penyakit yang mematikan adalah parvovirus.

Mengobati penyakit yang sebutkan di atas dapat menghabiskan biaya lebih dari 100 kali lipat dari biaya perawatan pencegahan lo sob.. Belum lagi nyawa anjing kalian terancam.


Baca Juga: Penjelasan Perilaku Unik Anjing


6. Investasikan Beberapa Waktu Untuk Memeriksa Keadaan Hewan Kalian Dirumah

Pemeriksaan hewan peliharaan di rumah kalian sangat penting untuk mencegah terjadinya hewan peliharaan memakan sesuatu yang sebenarnya tidak boleh ia makan. Misalnya, selalu menutup pintu toilet untuk mencegah anjing meminum air sabun.


7. Memberi Makan Makanan Hewan Peliharaan Yang Disetujui Dokter Hewan Akan Lebih Murah Dalam Jangka Panjang

Tanpa anjuran diet yang tepat, anjing kalian dapat terkena banyak penyakit seperti :

  • Kegemukan

  • Masalah persendian

  • Masalah kulit

  • Malnutrisi

  • Batu kandung kemih

  • Penyumbatan urin

  • Masalah metabolisme

Nutrisi yang tepat dapat mencegah masalah kesehatan dan pengeluaran yang besar.

Nah itulah 7 fakta pengeluaran untuk memelihara anjing. Memelihara seekor anjing bukanlah hal yang mudah,tetapi dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat, kalian dapat membantu meringankan beban pengeluaran pemeliharaannya dan merawat anjing tersayang dengan baik. Gimana sob? Tertarik untuk memelihara anjing atau sebaliknya?

Pantau terus blog kami yang menyajikan beragam info seputar anabul ya sob.


Sumber: https://www.pethealthnetwork.com/dog-health/new-dog-checklists/7-truths-about-dog-expenses

9 views