6 Panduan Melatih Kucing Berjalan Dengan Leash



Tidak hanya anjing, kucing juga senang melakukan aktivitas seperti berjalan – jalan dengan pemiliknya. Sama seperti anak anjing, kucing yang tidak pernah dilatih berjalan dengan menggunakan leash, tidak akan tahu apa yang harus dilakukan kecuali kalian melatihnya berjalan dengan leash terlebih dahulu. Berikut 6 cara yang bisa sobat Petskita lakukan untuk melatih kucing berjalan dengan leash.


1. Memilih Collar atau Harness untuk Leash yang Digunakan Saat Melatih Kucing Berjalan

Collar untuk kucing bertujuan untuk memudahkan kita mengidentifikasi kucing, tetapi kurang bagus digunakan dengan leash. Sifat kucing berbeda dengan anjing, mereka dapat dengan mudah terlepas dari leash yang terpasang pada collar. Harness jauh lebih aman untuk digunakan kucing saat diajak jalan – jalan, terutama saat kalian pertama kali melatihnya.

Pilih harness yang pas tetapi tidak terlalu ketat pada kucing kalian. Kalian dapat memeriksa dan memastikan harness yang dipakai tidak terlalu kencang dengan menggeser dua jari dibawahnya. Jika dua jari dapat meluncur di antara harness dan tubuh si kucing, maka sudah pas pemakaiannya.

Tetapi jika kalian dapat memasukkan lebih dari 2 jari atau hanya 1 jari dibawah harness, mungkin pemakainnya terlalu ketat ataupun longgar sehingga perlu disesuaikan lagi. Pastikan harness yang kalian pilih memiliki D-ring yang terpasang dengan aman di bagian belakangnya juga karena disinilah kalian akan memasang leash.


Baca Juga: 7 Tips Menjaga Pola Tumbuh Dan Makan Anak Kucing Dengan Benar


2. Memilih Leash untuk Kucing

Leash ringan yang panjangnya 4 hingga 6 cm ideal untuk digunakan saat melatih kucing berjalan. Leash yang dapat ditarik dan yang lebih panjang boleh digunakan setelah kucing dilatih, tetapi tetap berpegang pada panjang tali dan berat tali yang dapat diatur terlebih dahulu.


3. Biarkan Kucing Menyesuaikan Diri dengan Harness

Setelah kucing kalian mengenakan harness dengan ukuran yang sesuai, biarkan ia terbiasa. Biarkan ia mengendusnya dan memberinya camilan saat melakukannya. Perlu diingat bahwa waktu yang dibutuhkan kucing untuk membiasakan diri mengenakan harness akan berbeda-beda untuk setiap kucing. Harness mungkin tidak mengganggu ia sama sekali atau mungkin perlu beberapa jam atau hari untuk menyesuaikannya. Pastikan untuk memujinya dan memberinya camilan saat ia mengenakan harness.

Jangan biarkan harness selama lebih dari beberapa menit jika ia tidak nyaman, tetapi tingkatkan waktu yang dihabiskannya untuk memakai harness setiap kali ia memakainya. Bila si kucing berjalan-jalan dengan normal sambil mengenakan harness, maka kalian siap untuk mengambil langkah selanjutnya dalam leash training.


Baca Juga: Lakukan Ini Jika Kucing Kamu Hilang


4. Biarkan Kucing Menyesuaikan Diri dengan Leashnya

Jika kucing kalian tidak keberatan memakai harness, lanjutkan dan pasangkan tali ke D-ring. Saat masih di rumah, biarkan kucing kalian menyeret leashnya untuk membiasakan diri terikat padanya. Beberapa kucing takut dengan tali yang terseret di belakang mereka dan kalian tidak ingin membuat ia langsung takut dengan leashnya. Setelah kucing terbiasa dengan leash yang disambungkan ke harness, kalian dapat melanjutkan di luar rumah.


5. Ajari Kucing Berjalan dengan Leash

Terus memegang leashnya dan biarkan kucing kalian berjalan bebas di luar. Bujuk si kucing untuk berjalan di tempat yang diinginkan dengan menggunakan camilan atau mainan. Jangan menarik leashnya, tetapi tariklah dengan lembut untuk mengalihkan perhatiannya tidak masalah.


Seiring berjalannya waktu, kucing kalian akan terbiasa dengan pemandangan, suara, bau, dan pengalaman di luar rumah dan akan merasa nyaman dengan tali harness dan leashnya. Ini mungkin memakan waktu beberapa hari atau minggu untuk beberapa kucing, sementara yang lain akan segera merasa lebih nyaman.


6. Pastikan Kucing Aman

Kucing yang menghabiskan waktu di luar ruangan lebih rentan terkena kutu, cacing hati, dan parasit lainnya. Diskusikan pencegahannya dengan dokter hewan kalian untuk memastikan kucing aman dan terlindungi saat menikmati waktu di luar.

Jauhi hal-hal yang dapat mengejutkan kucing kalian, seperti jalanan yang ramai dan anjing yang menggonggong, saat berada di luar. Meskipun kucing mungkin dilatih untuk berjalan dengan leash, situasi yang berbeda dapat membuatnya takut dan tidak nyaman untuk sesi pelatihan kedepannya.


Semoga info – info diatas dapat bermanfaat bagi sobat Petskita ya. Harness dan collar untuk kucing tersedia di Petskita loh sob.. Yuk, di-check

Sumber: https://www.thesprucepets.com/how-to-leash-train-cats-551823