6 Cara Menghangatkan Bayi Kelinci yang Kedinginan


Jika sobat Petskita membuka artikel ini, semangat kalian kedatangan teman berbulu kecil yang baru. Dan sekarang kamu merasa bingung kenapa badan bayi kelinci sangat dingin. Karena bayi kelinci melahirkan di tempat lain selain kotak sarang. Jika tidak memiliki kotak sarang yang ketat bayi kelinci dapat terpisah dari teman-temannya atau induknya. Ini berbahaya bagi kelinci yang baru lahir karena mereka terlahir buta, tuli, dan tidak berbulu dengan kulit yang sangat tipis. Karena itu, mereka menjadi dingin dengan cepat, dan paparan dapat membunuh mereka dalam hitungan menit.


Ada beberapa cara yang bisa sobat Petskita lakukan untuk menghangatkan bayi kelinci sehingga bisa kembali ke kehangatan kotak sarang, saudara kandungnya, dan induknya. Tidak seperti kucing atau anjing, kelinci tidak mengambil atau mengangkut anaknya. Tanpa campur tangan manusia, tidak mungkin bayi kelinci yang tidak berbulu bisa kembali ke kotak sarang. Itu akan mengancam jiwa mereka.



Apa Saja yang Diperlukan?

Meskipun sobat Petskita mungkin tidak membutuhkan apa pun selain kulit hangat sendiri untuk membantu bayi kelinci kamu mendapatkan kembali panas tubuhnya, Kamu harus siap untuk mengambil langkah-langkah tambahan yang memerlukan beberapa persediaan seperti:

  • Handuk

  • Heating pad

  • Tas penyimpanan

  • Semangkuk air hangat

  • Hair Dryer

Gunakan Kehangatan Tubuh Kamu

Hal pertama yang dapat sobat Petskita lakukan adalah hanya menempatkan kit di bawah baju kamu atau di atas kulit kamu yang hangat. Bayi harus segera mulai melakukan pemanasan. Kamu bahkan mungkin merasakan kakinya mulai bergerak.


Coba Menggunakan Heating Pad

Sobat Petskita bisa menggunakan heating pad untuk menghangatkan teman berbulu kecil kamu. Bungkus heating pad dengan handuk dan letakkan di pengaturan terendah. Letakkan heating pad dan handuk serta bayi kelinci di dalam kotak sepatu sehingga panas mengelilinginya. Menghangatkan bayi kelinci secara perlahan sangat dibutuhkan. Kulit bayi yang baru lahir dapat terbakar dengan mudah jadi jangan tinggalkan kelinci sendirian dengan heating pad. Rasakan heating pad secara teratur untuk memastikan heating pad tidak terlalu panas. Setelah bayi kelinci dihangatkan, masukkan kembali ke dalam kotak sarang bersama teman-temannya.


Baca Juga: Kejang-kejang pada Kelinci


Mandikan Dengan Air Hangat

Cara lainnya adalah dengan memasukkan air hangat ke dalam mangkuk di atas meja. Tempatkan kit ke dalam kantong penyimpanan (pastikan bagian atasnya terbuka dan pegang erat-erat) dan tempatkan kantong penyimpanan di dalam bak air sehingga bayi berbaring di atas air hangat di dalam kantong. Idenya bukan untuk membiarkan air menyentuh kit, tetapi membiarkan air hangat memanaskan kulitnya melalui kantong plastik.


Gunakan handuk hangat

Sobat Petskita juga bisa memasukkan handuk tangan ke dalam hair dryer dan begitu handuk menjadi hangat (tapi jangan sampai panas), lilitkan handuk ke tubuh bayi hamster. Setelah handuk tangan mendingin, bungkus bayi kelinci dengan handuk hangat yang sudah dipanaskan dari hair dryer. Lakukan ini sampai tubuh bayi kelinci menjadi merah muda dan cukup hangat tanpa handuk.


Kembalikan Bayi Kelinci ke Kotak Sarang

Sebelum mengembalikan bayi kelinci ke kotak dengan sarang, mereka harus benar-benar (dan perlahan) dihangatkan tanpa rasa dingin pada tubuh kecilnya. Jika masih dingin, bayi kelinci lain akan menjauh darinya. Tanpa kehangatan tubuh mereka, kelinci yang baru dihangatkan bisa menjadi kedinginan dan akhirnya mati.


Baca Juga: Perawatan Grooming pada Kelinci


Ketika Bayi Kelinci Gagal Dihangatkan

Terkadang seorang bayi kelinci bisa dibangkitkan kembali dari ambang kematian, hanya untuk ternganga, terkesiap, dan mati, meski sepertinya kamu bisa menghangatkannya. Kamu harus menyadari bahwa kamu sudah melakukan apa yang kamu bisa. Ini adalah bagian yang disayangkan dan tidak terlalu menyenangkan dari beternak kelinci.


Itulah beberapa yang bisa sobat Petskita lakukan agar teman berbulu kecil kita tidak kedinginan.


Pantau terus blog Petskita untuk info-info seputar small pets lainnya.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/warm-up-a-cold-baby-bunny-1835743