6 Arti Perilaku Umum Pada Anjing



Pernahkah sobat Petskita bertanya-tanya arti dari perilaku-perilaku yang ditunjukkan oleh anjing peliharaan kalian ? Umumnya, tiap anjing mempunyai perilaku yang spesifik tetapi hampir semua dari mereka merasa bersalah atas beberapa pola perilaku anehnya. Jika sobat masih bingung dan pernah bertanya – tanya, mengapa anjing kalian menunjukkan perilaku seperti itu, mungkin 6 arti perilaku umum pada anjing.


1. Memiringkan Kepala Mereka

Kebanyakan dari kita pasti mengira kalau melihat anjing memiringkan kepala ke samping itu tandanya mereka lagi bingung atau sedang mempertanyakan sesuatu. Perilaku ini biasanya terjadi pada anjing karena ia mendengar suara baru atau melihat sesuatu yang mereka tidak mengerti. Ada beberapa arti yang berbeda dari perilaku ini.

Seekor anjing mungkin memiringkan kepalanya ke samping untuk mendapatkan posisi yang lebih baik untuk mendengar atau melihat sesuatu.Pertimbangkan bahwa moncong anjing dapat menghalangi penglihatan. Mungkin penutup telinga meredam beberapa suara. Memiringkan kepala sejenak mungkin merupakan cara anjing untuk melihat atau mendengar dengan lebih baik.


2. Mengejar Ekornya Sendiri

Apakah anjing kalian sering berputar-putar mengejar ekornya sendiri? Hati-hati sob.. Perilaku ini emang sering dilakukan anjing, namun terlalu sering dilakukan juga tidak baik karena bisa menjadi pertanda masalah kesehatan atau perilaku.

Jika anjing kalian mengunyah ekornya, kemungkinan ia masalah kulit atau kelenjar dubunya. Selain itu, adanya indikasi gangguan obsesif-komplusif (OCD) pada anjing kamu. Cara terakhir ialah konsultasikan ke dokter hewan ya, jika kebiasaan ini terus berlanjut.


3. Menggonggong Atau Melolong

Seperti yang kita semua tahu, menggonggong adalah perilaku normal pada anjing. Kemungkinan anjing mengonggong untuk berkomunikasi dengan manusia, mengekspresikan diri, dan bahkan mungkin berkomunikasi dengan anjing lain.

Lolongan sering terjadi ketika anjing mendengar anjing lain melolong atau bahkan suara serupa seperti sirene. Secara umum, ini adalah perilaku naluri alamiah pada anjing. Namun, lolongan pada anjing bisa menjadi tanda kebosanan. Jangan abaikan jenis gongongan ini ya sob.. Bisa jadi adanya masalah perilaku pada anjing kalian.


Baca Juga: Menghentikan Perilaku Agresif pada Anjing


4. Menggeser Pantat Mereka (Scooting)

Hal lucu yang mungkin sobat Petskita pernah lihat yaitu ketika menonton seekor anjing kalian menggeserkan pantatnya ke lantai. Jangan khawatir sob, anjing kalian engga aneh kok..

Si anjing menggeser – geser pantat mereka di lantai karena ada sesuatu yang disebut kelenjar anal yang menganggu dan membuat anjing tidak nyaman. Kelenjar anal ini terletak pada kedua sisi anus yang berisi cairan berminyak dan bau. Pada beberapa anjing, kelenjar anal secara alami kosong saat buang air besar.


Namun, ada juga anjing yang membutuhkan sedikit bantuan dari manusia untuk mengeluarkan kelenjar anal mereka. Alasan lain untuk scooting termasuk masalah kulit dan massa dubur atau kemungkinan anjing kalian memiliki sesuatu yang tersangkut di sana ( biasanya itu kotoran) dan hanya mencoba mengeluarkannya.


5. Mengendus Pantat Anjing Lain

Bagi sobat Petskita yang pelihara anjing pasti pernah melihat ketika anjing kalian bertemu dengan anjing lain, tiba-tiba mereka saling mengendus pantat. Mengapa mereka melalukan hal ini?


Si anjing mempelajari keadaan di sekitar mereka melalui hidung mereka. Saling mengendus pantat pada anjing adalah cara normal bagi mereka untuk belajar tentang satu sama lain. Dengan hanya mengendus di area anus dan bagian belakang anjing lain, seekor anjing dapat belajar tentang jenis kelamin, status reproduksi, temperamen, diet, dan banyak lagi. Jadi, jangan merasa jijik ya sob saat anjing kalian saling mengendus pantat.

Baca Juga: Penjelasan Perilaku Unik Anjing


6. Menjilat Orang

Menjilat merupakan perilaku umum pada si anjing. Namun, mengapa mereka melakukan hal ini? Seperti apa yang sobat Petskita duga, menjilat biasanya merupakan cara anjing menunjukkan kasih sayang kepada kalian. Perilaku ini bisa kita sebut sebagai “doggie kiss”. Selain itu, anjing juga menjilat kalian hanya sekedar mencari perhatian. Anjing bisa romantis juga ya sob.


Semoga informasi-informasi di atas dapat bermanfaat bagi sobat Petskita ya. Cari tahu lebih banyak lagi seputar anjing di blog kami!

Sumber: https://www.thesprucepets.com/common-canine-behavior-explained-1118306

9 views