6 Alasan Mengapa Anjing Selalu Mengikuti Pemiliknya Kemana Saja



Jika sobat Petskita membuka artikel ini, kalian pasti penasaran kenapa anjing kesayangan selalu mengikuti kalian kemana saja. Banyak anjing tampaknya suka (atau bahkan perlu) mengikuti pemiliknya. Meskipun ini umumnya hanya tanda ketertarikan anjing pada kalian, itu juga bisa menjadi gejala kecemasan yang mendasari atau kurangnya kepercayaan pada anjing kalian.


Mengapa Anjing Mengikuti Pemiliknya Ke Mana Saja?

Ada beberapa alasan umum mengapa anjing suka mengikuti kalian :

  • Butuh ikatan persahabatan

Pada umunya, kita memelihara anjing untuk menjadi pendamping atau teman di rumah. Fakta bahwa sebagian besar anjing menghabiskan hari-hari mereka sendirian adalah hal yang benar-benar baru bagi mereka. Karena anjing adalah makhluk sosial, mereka seringkali sangat termotivasi untuk berada di hadapan kita sesering mungkin saat kita masih ada.

  • Kebosanan

Kebanyakan anjing tidak benar-benar mendapatkan latihan fisik dan mental yang cukup setiap hari. Ini dapat menyebabkan mereka mengikuti pemiliknya ke mana-mana, mencari sesuatu dan apa saja untuk dilakukan. Cobalah memberi anjing chew toy, apakah dia berhenti mengikuti kalian? Jika demikian, dia mungkin sedang bosan!

  • Kebutuhan yang Tidak Terpenuhi

Jika anjing peliharaan tidak buang air untuk sementara waktu dan dia tiba-tiba menempel di sisi kalian, itu mungkin pertanda bahwa anjing kalian perlu memberitahu kalian bahwa dia ingin keluar untuk buang air kecil. Banyak anjing menjadi sangat lengket ketika mereka merasa tidak sehat atau membutuhkan bantuan kita. Cobalah bawa anjing keluar dan lihat apakah dia perlu buang air kecil.

  • Kurang Percaya Diri atau Kecemasan

Beberapa anjing mengandalkan kehadiran sosial kalian karena mereka sebenarnya gugup sendirian.Menurut beberapa penelitian,ini bisa menjadi gejala kecemasan karena takut adanya perpisahan dengan kalian. Tetapi banyak anjing yang umumnya “khawatir tentang sesuatu” juga menunjukkan perilaku suka mengikuti.

  • Kalian adalah sumber penguatan baginya

Di sisi lain, anjing peliharaan mungkin mengikuti kalian karena kalian adalah “Pembawa Hal-Hal Positif” baginya. Jika kalian sering terlibat dengan anjing peliharaan dengan cara yang positif, ia mungkin hanya mengikuti kalian karena kalian adalah orang yang baik untuk berada di dekatnya! Anggap saja itu sebagai pujian sob..


Karakteristik Ras Anjing

Beberapa ras anjing cenderung mengikuti pemiliknya daripada yang lain! Ras anjing penggembala seperti Border Collies dan Shelties, serta ras anjing penjaga seperti Great Pyrenees dan German Shepherds sangat cenderung mengikuti pemiliknya. Manusia membiakkan anjing-anjing ini selama ribuan tahun untuk mengikuti kawanan domba. Dengan tidak adanya domba atau ternak lain, anjing-anjing ini dapat mengikuti pemiliknya sebagai gantinya.


Baca Juga: Ras Anjing Terpintar di Dunia


Cara Menghentikan Anjing Mengikuti Kalian Kemana Saja

Jika kalian ingin anjing peliharaan berhenti mengikuti kalian, ada solusi yang relatif sederhana: berikan dia hal lain untuk dilakukan.


Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemandirian pada anjing yang terus lengket dengan kalian adalah dengan mengajari mereka cara berbaring dengan tenang di tempat tidur, handuk, atau tikar.Ada beberapa metode yang terbukti berhasil dalam melatih anjing kalian cara melakukannya.


Menurut the Spurce Pets, protokol keseluruhan Karen untuk Relaksasi, yang mengajarkan anjing kalian untuk duduk dan tetap tenang dalam situasi apa pun, adalah salah satu metodenya.


Dalam metode ini, ambil tempat tidur atau tikar baru dan mintalah anjing kalian untuk berbaring di atasnya. Setiap kali dia berhasil melakukannya, beri dia hadiah berupa cemilan.

Setelah ia menguasai perintah ini, mulailah memasukkan beberapa hal yang dapat menganggunya seperti meletakkan camilan di dekat kalia atau meminta anggota keluarga berdiri beberapa meter dari matrasnya. Pada akhirnya, ia akan belajar berbaring dan tetap di atas matras yang ditentukan untuk waktu yang lama.



Sumber: https://www.thesprucepets.co

5 views