5 Penyebab Wajah Anjing Membengkak


Pernahkah sobat Petskita melihat wajah anjing kamu bengkak sesekali? Pembengkakan wajah pada anjing dapat terjadi karena berbagai alasan. Secara umum, wajah bengkak adalah penyebab sekunder dari masalah lain. Penyebab pembengkakan wajah mungkin serius atau tidak. Namun, hampir selalu membutuhkan intervensi medis. Paling umum, pembengkakan wajah akut (tiba-tiba) pada anjing terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi. Pembengkakan wajah yang berkembang lebih lambat mungkin disebabkan oleh pertumbuhan tumor.



Penyebab Pembengkakan Wajah pada Anjing

Ada banyak kemungkinan alasan mengapa wajah anjing kamu bengkak. Karena pembengkakan wajah adalah tanda dari masalah yang mendasarinya, anjing-anjing ini akan sering menunjukkan tanda-tanda penyakit lain, seperti lesu dan kehilangan nafsu makan.


Reaksi Alergi

Ketika wajah anjing tiba-tiba menjadi bengkak, biasanya disebabkan oleh reaksi alergi. Reaksi alergi dapat disebabkan oleh gigitan serangga, sengatan lebah, vaksinasi, obat-obatan, makanan tertentu, paparan racun, serbuk sari, dan alergen lingkungan lainnya.


Reaksi alergi menyebabkan respon inflamasi dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gatal-gatal dan pembengkakan, terutama pada wajah. Sobat Petskita mungkin terutama melihat pembengkakan pada moncong dan kelopak mata. Leher mungkin bengkak juga dan bahkan mempengaruhi pernapasan. Beberapa reaksi alergi akan memburuk dengan cepat, menyebabkan masalah serius pada pernapasan atau bahkan kejang. Reaksi ringan cenderung membaik dengan sedikit intervensi, tetapi reaksi besar dianggap sebagai situasi darurat.


Masalah Gigi

Pembengkakan wajah mungkin terkait dengan masalah pada gigi atau mulut anjing. Abses gigi dan infeksi gigi lainnya bisa masuk jauh di bawah gusi dan menyebabkan kantong berisi nanah. Ini biasanya menyebabkan wajah anjing menjadi bengkak, terutama di bawah mata. Gigi patah, cedera mulut, dan penyakit periodontal juga dapat membuat wajah anjing membengkak.


Trauma

Cedera pada wajah, kepala, atau kulit dapat menyebabkan pembengkakan wajah. Cedera umum seperti gigitan hewan dan luka lainnya dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan pembengkakan. Gigitan ular sering menyebabkan pembengkakan pada wajah dan leher, bahkan jika gigitannya terletak pada tempat lain di tubuh.


Tumor

Pertumbuhan abnormal dapat terjadi pada wajah dan kepala. Terkadang kanker atau tumor dapat menyebabkan rasa sakit dan penumpukan tekanan pada wajah anjing. Baik tumor jinak ataupun ganas, tumor wajah dapat menyebar dan tumbuh, menyebabkan kerusakan pada saraf wajah, otot, dan tulang. Kista juga dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah anjing dimana pertumbuhannya berisi cairan. Namun, mereka bisa menjadi sangat besar dan terlihat, terutama di wajah.


Pengobatan Pembengkakan Wajah pada Anjing

Perawatan yang tepat dari pembengkakan wajah pada anjing biasanya tergantung pada penyebabnya. Sebelum melanjutkan perawatan, penting untuk menghubungi dokter hewan kamu untuk meminta nasihat.


Reaksi Alergi Ekstrim dan Infeksi yang Parah

Reaksi alergi ekstrim dan infeksi yang parah pada anjing dapat menyebabkan saluran napas menjadi bengkak, menghalangi pernapasan. Ini adalah situasi darurat; segera ke dokter hewan terdekat.


Reaksi Alergi Ringan Hingga Sedang Dapat Diobati di Rumah Menggunakan Obat-obatan

Reaksi dianggap ringan hingga sedang jika anjing kamu bernapas normal dan bertindak relatif normal. Dalam kasus ini, dokter hewan kalian merekomendasikan pemberian antihistamin yang dijual bebas. Jika wajah anjing bengkak karena alasan lain (atau alasan yang tidak diketahui), langkah selanjutnya adalah membawa anjing kamu ke dokter hewan untuk diperiksa. Dokter hewan akan merekomendasikan perawatannya berdasarkan diagnosis.


Pembengkakan wajah karena masalah gigi atau mulut mungkin memerlukan perawatan gigi profesional. Anjing sering dirawat terlebih dahulu dengan antibiotik dan obat anti-inflamasi sebelum masuk untuk anestesi serta pembersihan dan pemeriksaan gigi lengkap. Tergantung pada penyebabnya, dokter hewan mungkin perlu mencabut gigi atau melakukan operasi mulut jenis lain. Anjing kamu mungkin akan dikirim pulang dengan antibiotik untuk mengobati atau mencegah infeksi.


Cara Mencegah Pembengkakan Wajah pada Anjing

Jika sobat Petskita mengetahui anjing memiliki alergi, cobalah untuk meminimalkan paparan alergen. Jika disetujui oleh dokter hewan kamu, gunakan antihistamin sebagai pencegahan. Jika anjing kamu diketahui memiliki reaksi vaksin, pastikan dokter hewan kamu mengetahuinya sehingga anjing kamu dapat dirawat terlebih dahulu, meminimalkan reaksi tersebut. Jika kamu melihat anjing digigit serangga, disengat lebah, atau terpapar alergen, segera obati dengan antihistamin tetapi sebelumnya mintalah saran dari dokter hewan tentang hal ini.


Sobat Petskita dapat dengan mudah mencegah sebagian besar masalah gigi dengan merawat gigi anjing dengan baik. Mulailah rutinitas perawatan gigi untuk anjing kamu dan terapkan secara rutin. Anjing kamu akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena masalah gigi dan kamu akan lebih mungkin untuk mengetahui cara pencegahannya sejak dini.


Trauma tidak selalu dapat dicegah, tetapi sobat Petskita dapat mengambil langkah-langkah untuk menjaga anjing tetap aman. Jangan biarkan anjing kamu berkeliaran bebas atau bermain lepas di area yang tidak berpagar. Awasi interaksi mereka dengan hewan lain agar mencegah perkelahian. Bawa anjing kamu ke dokter hewan segera jika terjadi trauma.


Tumor dan Kanker memang tidak bisa dicegah. Namun, tindakan dini dapat meminimalkan kerusakan yang dilakukan. Jika kamu melihat anjing kamu memiliki wajah bengkak, penting untuk segera membawanya ke dokter hewan.


Selalu perhatikan kondisi anjing kalian ya sob.

Pantau terus blog Petskita untuk info-info seputar anabul lainnya.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/facial-swelling-in-dogs-4685730