5 Hal Penting Sebelum Memelihara Kura-Kura



Belakangan ini, kura-kura telah menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer. Kura-kura cocok untuk kamu yang ingin memiliki peliharaan yang lebih tenang dan tidak begitu aktif. Walaupun begitu, memelihara kura-kura juga memerlukan persiapan yang matang. Agar kura-kuramu sehat dan bahagia, yuk simak enam tips di bawah.


1. Siapkan Tangki

Tangki kura-kura harus berukuran setidaknya 182 liter agar mereka dapat tumbuh dengan baik. Tangki tersebut juga harus memiliki lampu penghangat untuk memenuhi kebutuhan berjemurnya. Pastikan agar tangki memiliki dua area, yaitu area berair untuk berenang dan dan area kering untuk beristirahat. Sebelum memelihara, selalu ingat untuk mencari tentang jenis kura-kura yang akan kamu pelihara agar dapat membentuk tempat tinggal yang cocok untuknya.


2. Sesuaikan Temperatur

Kura-kura adalah hewan berdarah dingin yang memerlukan temperatur yang stabil untuk hidup. Kura-kura suka temperatur sekitar 15 - 32 derajat celsius. Sebagian jenis kura-kura dapat bertahan hidup di suhu dibawah 15 derajat celsius, namun hal tersebut sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan hibernasi dan gangguan kesehatan. Air yang berada di dalam tangki sebaiknya memiliki suhu yang hangat. Kamu juga dapat menaruh lampu penghangat untuk menghangatkan udara di dalam tangki.


Baca Juga: Perawatan Grooming pada Kelinci


3. Ketahui Kebutuhan Hibernasi Kura-Kuramu

Setiap kura-kura memiliki durasi hibernasi yang berbeda. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui lama waktu kura-kura kamu akan beristirahat dan juga membuat lingkungan yang cocok untuknya. Umumnya, para pemilik kura-kura yang telah berpengalaman akan membiarkan kura-kura untuk berhibernasi di dalam lemari pendingin atau menaruh mereka dibawah permukaan tanah.


4. Sediakan Makanan

Makanan yang sehat untuk kura-kura harus terdiri dari bahan segar dan kering, serangga hidup, dan vitamin A. Kamu dapat menambahkan sayur segar, cacing, ikan, dan beberapa sayur lainnya untuk kesehatan kura-kura. Makanan kura-kura dapat kamu jumpai di toko ikan hias dan toko peliharaan.


Baca Juga: Apa yang Harus Diketahui Sebelum Memelihara Guinea Pig?


5. Ingat untuk Membersihkan Tangki dan Air secara Teratur

Kura-kura memerlukan makanan segar dan air bersih. Selalu ingat untuk bersihkan tangki dan kandang secara teratur ya, pawrents. Selain itu, sistem filtrasi juga harus dipasang untuk menyaring air agar tetap bersih dan segar. Jika airnya sudah beraroma dan terlihat kotor, kamu harus segera menggantinya dengan air yang baru.


Bonus: Jangan Terlalu Sering Bermain dengan Kura-Kuramu

Tahukah kamu? Kura-kura mudah merasa stres ketika dipegang. Sebenarnya, kura-kura adalah peliharaan yang kurang cocok untuk diajak bermain, namun lebih cocok untuk dilihat saja. Meskipun cangkangnya keras, jangan pernah menaruh kura-kuramu dengan kasar bahkan melemparnya ya. Mereka juga bisa merasa kesakitan, loh.


Nah, kalau kamu ingin memelihara kura-kura, pastikan kamu sudah mempersiapkan hal-hal diatas, ya. Semoga bermanfaat ya, pet parents!


Sumber:

https://piscespros.com/turtle-food/