5 Ciri-ciri Kucing akan Segera Melahirkan

Jika Pawrent memiliki kucing yang sedang hamil, kamu pasti tidak sabar untuk bertemu anak kucing yang lucu. Pada umumnya, kehamilan kucing berlangsung selama 64 sampai 67 hari atau sekitar 9 minggu. Sembari menunggu, yuk simak artikel berikut untuk mengetahui 5 ciri-ciri kucing yang akan segera melahirkan.

1. Kelenjar Susu akan Membesar

Kelenjar susu pada kucing akan membesar pada minggu terakhir kehamilannya. Kucing umumnya memiliki empat pasang kelenjar susu. Sekitar dua hari sebelum melahirkan, kucing akan mulai memproduksi susu. Jika kamu melihat dengan seksama, akan ada cairan pekat berwarna krim yang keluar dari kelenjar. Selain itu, kamu juga dapat melihat gejala yang satu ini dengan memperhatikan si kucing yang kerap kali membersihkan kelenjar susunya atau juga membiarkannya kering.

2. Mencari Tempat untuk Melahirkan

Menjelang hari kelahiran anak kucing, si induk kucing akan mulai mencari tempat yang nyaman baginya dan anaknya. Pawrent dapat membantu menyediakan tempat baginya dengan menaruh kotak di tempat yang tenang dan hangat. Pastikan juga agar tempat tersebut tidak memiliki celah angin, karena kitten masih belum mampu menjaga suhu tubuh mereka. Satu lagi, kamu juga perlu memastikan agar tempat tersebut tidak mudah diakses oleh hewan lain atau anak kecil. Cobalah membujuk induk kucing untuk tidur di dalam kotak tersebut jika kamu menyadari perubahan sikap ini.

Baca juga: Cara Mencegah Kehamilan Kucing

3. Turunnya Suhu Tubuh

Suhu tubuh kucing umumnya berkisar di 37.7º sampai 39.1ºC. Sehari atau dua hari sebelum melahirkan, suhu tubuh kucing akan sedikit menurun ke 37.2ºC. Kamu boleh mencoba mengukur suhu tubuh induk kucing dari ketiaknya, namun hal ini tidak perlu dilakukan karena adanya ciri-ciri lain yang mudah diamati.

4. Perubahan Perilaku

Kucing yang akan segera melahirkan akan menunjukkan perubahan perilaku. Pada minggu terakhir kehamilan, induk kucing mungkin akan banyak bersembunyi. Jika Pawrent dekat dengan si kucing, dia bisa saja menjadi sangat manja loh! Meskipun menjadi lebih manja, kucing juga akan terlihat gelisah.

5. Berkurangnya Nafsu Makan

Gejala terakhir adalah berkurangnya nafsu makan, yang dimana hal ini akan mudah diamati karena kucing hamil umumnya makan dalam porsi yang lebih banyak. Hal ini dapat disebabkan oleh dorongan anak kucing di dalam perut induk, atau bisa juga merupakan tanda kegelisahan.

Itulah 5 gejala utama kucing yang akan segera melahirkan. Kamu juga dapat menyadari bahwa induk kucing sering menjilat kelaminya, karena akan ada cairan yang keluar dari kelamin beberapa jam sebelum melahirkan. Terdapat juga kemungkinan pecahnya air ketuban. Induk kucing juga akan menjadi lebih sering mengeong, jadi bersiap-siaplah untuk mendengarkan kucingmu dan menyambut anak kucing yang gemas!


Source: https://guildcrestcathospital.ca/cat-labor/

29 views