5 Cara Sehat Merawat Hewan Peliharaan


Sudah menjadi komitmen paw-parents untuk menjaga mereka dengan baik. Mulai dari check up rutin, makanan yang bergizi bahkan latihan untuk tetap sehat. Namun, sebagai paw-parent ada beberapa list yang harus dilakukan supaya perawatan hewan peliharaan lebih terarah. Simak 6 tips berikut ya:


1. Kunjungan Kesehatan Tahunan


Kunjungan kesehatan tahunan adalah wajib ya, paw-parents. Karena dengan mengunjungi dokter hewan, kamu bisa melihat perkembangan kesehatannya mulai dari pembersihan gigi, vaksin terbaru dan tes cacing jantung. Khususnya, untuk vaksin anjing atau kucing sangat beragam tergantung pada usia, tempat tinggal dan gaya hidup paw-parents. Misalnya, meskipun vaksin rabies direkomendasikan di mana-mana oleh undang-undang untuk anjing dan kucing, dokter hewan Anda mungkin hanya merekomendasikan vaksin Bordetella (kennel batuk) jika anjing Anda sering berada di dekat anjing lain.


2. Lakukan Spay Atau Neuter Pada Hewan Peliharaanmu


Melakukan Spay atau Neuter (melepaskan organ reproduksi hewan) dapat memperpanjang harapan hidup mereka dan membantu mencegah kelebihan populasi. Meskipun paw-parents menganggap spaying dan neutering sebagai tanggung jawab mereka untuk mencegah kotoran bahkan bisa melindungi hewan peliharaan dari jenis kanker tertentu. Misalnya, spaying membantu mencegah infeksi rahim dan kanker payudara pada wanita dan sterilisasi membantu mencegah kanker testis pada pria.


3. Tetap Awasi Hewan Peliharaan Pada Pencegahan Cacing Jantung Dan Kutu


Lakukan pengontrolan cacing jantung dan kutu sepanjangan tahun untuk menjaga kesehatan anjing dan kucing berdasarkan rekomendasi dokter hewan. Tentunya, daerah yang lebih dingin berpotensi pada kutu yang menempel pada anjing dan kucing kamu. Meskipun terlihat sepele pada nyamuk (hama yang membawa penyakit cacing jantung) di bulan Januari, cuaca yang tidak menentu atau melakukan perjalanan darat ke Selatan, hal tersebut bisa membawa risiko ya. Jadi, harap lindungi hewan peliharaan Anda sepanjang tahun.



4. Memandikan Hewan Peliharaan Kamu Secara Teratur Untuk Kulit Sehat


Sesering apa sih paw-parent perlu memandikan hewan peliharaan? Ya, itu tergantung kesehatan mereka. Biasanya, tidak perlu memandikan anjing dan kucing seminggu sekali. Jika sering dimandikan bisa jadi membuat kulit mereka rusak. Sebaiknya mandian mereka sebulan sekali. Selain itu, setiap anjing dan kucing merasakan manfaat memotong kuku, membersihkan telinga dan menyikat (setiap hari jika paw-parent memiliki anjing berbulu panjang). Begitu juga berlaku dengan hewan peliharaan lain yang harus sering – lebih dari sekali seminggu mandi dengan sampo obat untuk merawat iritasi kulit. Maka dari itu, cobalah minta rekomendasi yang tepat dengan dokter hewan ya.


5. Berikan Mainan Atau Snack


Tentu saja mainan kunyah bisa membuat rahang mereka kuat untuk anjing. Berikan mainan kunyah yang aman bagi anjing kamu supaya tidak terjadi kerusakan gigi. Dan tidak lupa juga berikan snack yang tidak mengganggu pola makan mereka. Supaya lebih aman lagi pastikan snack dan mainan juga sudah terverifikasi oleh dokter hewan ya.


Demikian informasi 5 cara sehat merawat hewan peliharaan. Semoga tips ini bermanfaat bagi paw-parents dan selalu merawat hewan peliharaannya dengan baik ya.


15 views