5 Cara Menjalin Ikatan dengan Burung Peliharaan

Updated: Aug 20, 2021


Sobat Petskita tahu gak sih? Sama hal nya seperti proses PDKT dengan si doi, meluangkan waktu untuk menjalin ikatan dengan burung peliharaan sangat penting untuk membangun hubungan yang langgeng dan sukses dengan hewan peliharaan kalian lo sob.

Burung tidak dijinakkan dan beroperasi dengan mentalitas kawanan, jadi membentuk ikatan dengan mereka sangat penting untuk membantunya memahami bahwa kalian adalah sohibnya.

Kekuatan hubungan antara kalian dan burung peliharaan akan sangat mempengaruhi kualitas hidup mereka. Berikut cara – cara menjalin ikatan alias PDKT dengan burung peliharaan yang bisa kalian lakukan :


1.Cobalah Berbagi Makanan dengan Burung Peliharaan

Berbagi makanan dengan burung peliharaan adalah cara yang bagus untuk membuatnya melihat kalian sebagai bagian dari kawanannya.Di alam liar, burung yang saling terikat memuntahkan makanan satu sama lain, jadi berbagi makanan dapat membantu burung menyadari bahwa kalian tidak bermaksud jahat.

Jika kalian memilih untuk menawarkan makanan lezat dari piring kalian kepada burung peliharaan, pastikan makanan yang kalian bagikan bebas dari garam dan bumbu penyedap serta aman untuk dimakan oleh burung.

Jika burung ragu-ragu untuk mencoba makanannya, berikan sedikit porsi di mangkuknya dan makanlah porsi kalian di depannya. Bicaralah dengan lembut dan bicarakan tentang betapa enaknya makanan itu.


2. Luangkan Waktu untuk Bersosialisasi dengan Burung Peliharaan

Beberapa burung, terutama yang telah diadopsi atau diselamatkan, mungkin tidak banyak berinteraksi dengan manusia selama hidup mereka. Lebih buruk lagi, beberapa dari mereka mungkin memiliki pengalaman yang sangat negatif dengan manusia.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan membuat burung tidak peka terhadap kehadiran kalian. Jika burung kalian menjadi gugup dengan kedatangan kalian, perlahan-lahan mulai luangkan waktu 5 hingga 10 menit sehari untuk duduk di dekat burung kalian dan pura-pura berbicara dengannya.

Berhati-hatilah untuk tidak membuat si burung terkejut, dan berbicaralah dengan suara yang ceria dan bersemangat. Saat burung sudah merasa lebih nyaman berada di dekat kalian, kalian dapat mulai menghabiskan waktu lebih lama dengannya.

Baca Juga: Latih Burung Kamu dengan Cara Ini


3. Cobalah Beberapa Sesi Grooming

Bukan hanya anabul saja, burung juga butuh perawatan lo sob.. Karena inti dari ikatan dengan burung peliharaan adalah untuk membuatnya menerima kalian sebagai anggota keluarga, perawatan bisa menjadi cara yang bagus untuk menyampaikan kasih sayang ke burung peliharaan kalian.

Burung liar memiliki dua umum bentuk komunikasi yaitu suara dan bahasa tubuh mereka. Sebagai pemilik burung, kalian dapat menggunakan pengetahuan ini untuk membantu diri kita terikat lebih dekat dengan burung peliharaan kalian.


4. Mendengarkan Musik Bersama – sama

Jika sepertinya burung peliharaan tidak menganggap kalian sebagai teman, cobalah menyanyikan beberapa lagu favorit kalian untuk mereka dan menarilah. Kedengarannya agak konyol, tetapi kebanyakan burung tidak bisa menahan diri untuk ikut bersenang-senang.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Anjing akur dengan Burung Peliharaan


5. Cobalah Menyuapinya

Salah satu cara untuk menarik burung peliharaan yang pemalu keluar dari kandang untuk bermain adalah dengan menyuap mereka. Cobalah membuat sekumpulan mainan burung buatan sendiri dan letakkan beberapa di kandangnya untuk mereka nikmati.

Buat catatan kecil yang tampaknya menjadi favoritnya dan tunjukkan ke mereka sambil berdiri di dekat pintu kandang yang terbuka. Ini dapat membuat burung peliharaan kalian melihat betapa asiknya kalian.


Semoga tips – tips diatas dapat membantu sobat Petskita selangkah lebih dekat dengan burung peliharaan. Cari tahu info – info seputar burung peliharaan di blog Petskita !

Sumber: https://www.thesprucepets.com/ways-to-bond-with-your-bird-390807