5 Cara Mencegah Kelinci Menelan Hairballs



Tahukah kamu? Kelinci terus-menerus merawat dirinya sendiri, dan layaknya kucint, mereka dapat membuat hairball (bola rambut) atau trichobezoars (istilah medis untuk bola rambut). Hairball ini dapat tersangkut di dalam perut dan saluran usus kelinci peliharaanmu dan berpotensi menyebabkan penyumbatan. Karena kelinci tidak bisa muntah seperti kucing, haairball ini biasanya tersangkut di perutnya dan menyebabkan ileus.


Bagaimana mencegah kelinci peliharaan menelan hairball (bola rambut)?

Menelan hairball pada kelinci tidak boleh dianggap sepele karena dapat menganggu saluran penceraannya dan mengakibatkan kematian. Tips-tips berikut ini dapat sobat Petskita lakukan untuk mencegahnya:


Berikan diet tinggi serat dan rendah karbohidrat untuk kelinci. Diet tinggi serat, yang mencakup banyak jerami segar dan sayuran, merangsang motilitas normal saluran pencernaan dan membuat makanan dan rambut yang tertelan secara tidak sengaja bergerak melalui perut.


Melakukan grooming yang teratur pada kelinci. Menyikat secara teratur, terutama selama periode kerontokan yang berat, akan membantu mengurangi jumlah bulu yang dapat ditelan oleh kelinci peliharaan kamu.


Buatlah lingkungan sekitar kelinci senyaman mungkin. Kelinci yang dipelihara di lingkungan yang penuh tekanan (ramai, tidak bersih, berisik, kemungkinan memiliki sifat predator seperti anjing dan kucing, dll.) serta lebih rentan mengalami masalah dengan hairball.


Berikan kelinci asupan air dalam jumlah besar. Kelinci akan minum lebih banyak air ketika ditawarkan dalam mangkuk dan botol air. Kelinci yang terhidrasi dengan baik cenderung tidak memiliki masalah pencernaan.


Kelinci yang tertelan hairball atau bahan lain yang tersangkut di perut atau saluran usus akan sering menunjukkan penurunan nafsu makan, tingkat aktivitas, dan pengeluaran feses (mereka akan memiliki tinja yang lebih kecil dan lebih jarang).




Jika kelinci kamu menunjukkan salah satu dari gejala ini, kamu harus segera menemui dokter hewan. Perlu sobat Petskita ingat bahwa jika kelinci berhenti makan, banyak masalah pencernaan lainnya sering terjadi dan kesehatan kelinci kamu dapat memburuk dengan sangat cepat. Jika ditemukan hairballs pada perut kelinci, sejumlah perawatan dapat dicoba untuk mengobatinya secara medis tetapi jika keadaan berlanjut ke titik ketika operasi diperlukan, kemungkinan pemulihan berkurang. Oleh karena itu, memberikan diet tinggi serat yang tepat, kesempatan untuk berolahraga, dan teknik pencegahan utama lainnya sangat penting untuk kesehatan kelinci kamu.


Bagaimana jika kamu berasumsi bahwa kelinci telah menelan hairball? Beberapa orang merekomendasikan untuk memberi makan makanan tertentu untuk kelinci agar membantu memecah bulu yang mungkin tertelan olehnya. Enzim dalam beberapa makanan membantu memecah rambut dan juga aman untuk diberikan pada kelinci. Kandungan enzim pada pepaya atau nanas untuk kelinci kamu dapat membantu dalam mencegah hariball tersangkut di perutnya.


Konsultasikan ke dokter hewan jika saluran pencernaan kelinci kurang baik.


Cari tahu info-info seputar kelinci hanya di blog Petskita.

Sumber: https://www.thesprucepets.com/how-to-prevent-rabbits-from-getting-hairballs-1237206