5 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya!



Hal yang paling dipusingin pet parents nih, kenapa kucing mogok makan. Alasan mengapa kucing tidak mau makan sangat perlu untuk kita ketahui, supaya bisa mencegah atau mengatasinya. Apa saja, ya? Yuk simak beberapa alasan berikut.

1. Kucing Sedang Bosan dengan Makanannya

Meskipun saat ini kucing domestik jinak dan hidup berdampingan dengan manusia, kucing rumahan merupakan keturunan kucing-kucing di alam liar. Di alam liar, kucing sering berburu makanan yang berbeda-beda karena kucing mudah bosan dengan jenis makanan.

Jika kucing kamu tidak mau makan, bisa jadi ia sedang bosan dengan makanannya. Agar kucing kamu tak mudah bosan, coba beri makan kucing dengan jenis makanan yang berbeda dalam sehari. Misalnya, pagi dan malam diberikan dry food, siang diberikan wet food. Sesekali beri juga ia rebusan daging ayam atau ikan.

2. Kucing Belum Beradaptasi di Lingkungan yang Baru

Kucing adalah hewan yang sulit beradaptasi dengan lingkungan atau suasana baru, lho. Bahkan, kucing juga bisa mual dan muntah dalam perjalanan naik kendaraan. Jadi, jika kucing kamu tidak mau makan setelah pindah rumah atau dibawa ke lingkungan yang baru, itu adalah hal yang normal.

3. Kucing Sedang Sakit

Seperti halnya manusia, kucing kamu mungkin tidak mau makan karena sedang sakit. Mulai dari sakit gigi, infeksi, masalah usus, hingga masalah pernafasan bisa menjadi penyebab hilangnya nafsu makan kucing kamu.

Jadi, kalau kucing tiba-tiba tidak mau makan dan terlihat lesu, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa penyebabnya.

4. Kucing Baru Divaksin

Kadang-kadang, suntikan vaksin juga dapat menyebabkan selera makan kucing hilang. Namun, biasanya ini tidak akan lama. Pet parents bisa memberikan makanan basah atau wet food kucing yang wanginya menyengat. Kamu juga bisa memberinya tuna, telur yang sudah dimasak, atau hati. Ini bisa membangkitkan selera makannya kembali lagi.

5. Kucing Mengalami Stres

Kucing juga bisa mengalami stress. Hewan ini memang termasuk hewan yang sensitif. Bisa jadi ia merasa terganggu akan adanya hewan lain di rumah, ada suara berisik yang mengganggu, merasa bosan, atau ia mengalami perubahan rutinitas yang drastis. Stres bisa membuat selera makan kucing berkurang atau bahkan hilang lho.

Tergantung pada alasan mengapa kucing berhenti makan, kamu mungkin bisa membujuknya untuk mulai makan lagi dengan memberinya porsi makanan kecil sedikit demi sedikit. Pet parents bisa memilih rasa, tekstur, atau bentuk makanan yang berbeda untuknya. Periksa juga apakah merek makanan yang selalu dimakan kucing kamu baru-baru ini mengubah formula atau bahan-bahannya.

Perhatikan juga jika kucing kamu tiba-tiba tidak mau makan dan terlihat lesu, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa penyebabnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ya!