5 Alasan Hamster Memakan Bayinya


Pernahkah sobat Petskita mendengar bahwa hamster bisa memakan anaknya sendiri? Sungguh menyeramkan bukan ? Ternyata ada alasan dibalik perilaku ini loh sob! Simak juga cara – cara pencegahannya agar tidak terjadi hal seperti ini.


Perilaku Normal Hamster Hamil

Umumnya, hamster betina akan mulai menyiapkan sarang untuk mengantisipasi kedatangan bayinya. Seekor hamster hamil hanya memerlukan sekitar tiga minggu dan dapat melahirkan hingga 20 bayi, keliatannya dapat muncul dalam semalam di sarang hamster jika kalian tidak tahu bahwa hamster kalian hamil.

Hamster biasanya akan menggunakan bahan yang lembut untuk membuat sarang yang nyaman bagi anak-anaknya, seringkali menggunakan tisu, handuk kertas, kertas robek, dan substrat kandang. Terkadang, makanan bahkan disimpan di dalam atau di sekitar sarang.


Alasan Mengapa Hamster Memakan Bayinya

Jika hamster telah mempersiapkan kelahiran normal dengan bersarang dan makan sedikit lebih banyak dari biasanya, maka jangan heran jika sobat Petskita melihat hamster kalian membunuh dan memakan bayinya sendiri. Walaupun kekurangan makanan mungkin menjadi penyebab hal ini terjadi, ada beberapa alasan lain mengapa hamster memakan bayinya.

  • Stress

Seperti halnya dengan ibu memiliki bayi, bisa relate dengan induk hamster yang stress. Dimulai dari hamil, melahirkan, menyusui, dan merawat banyak bayi sangat menegangkan bagi siapa saja, termasuk si hamster. Ketika seekor hamster merasa sangat stress, ia mungkin akan memakan bayinya. Hal ini lebih mungkin terjadi pada induk hamster muda atau jika kalian terlalu sering mengganggu induknya sepanjang hari.

  • Ketakutan

Hal yang normal bagi ibu dari berbagai spesies ingin melindungi anak- anak mereka, tidak terkecuali si hamster. Namun, ketika hamster ketakutan, emosi ini dapat mengakibatkan pembunuhan dan memakan anak mereka sendiri. Ancaman seperti orang yang ditakuti oleh hamster anda,hewan peliharaan lain, suara keras, dan hal-hal lain yang mengintimidasi hamster kecil semuanya dapat menyebabkannya memakan bayinya.

  • Aroma

Induk hamster menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan dan merawat anak-anaknya serta aroma yang tertinggal pada setiap bayi membantu induk mengenali bayinya. Jika aroma asing, seperti aroma manusia ditemukan oleh induk pada bayinya, mereka akan bingung dan tidak mengenali bayinya sendiri. Hal ini yang memungkinkan induk membunuh anaknya sendiri karena mengganggap aroma bayinya berubah.

  • Kekurangan Makanan

Mungkin alasan paling pasti mengapa hamster memakan bayinya sendiri adalah karena kekurangan makanan. Hewan apa pun yang hamil atau menyusui menggunakan lebih banyak energi di dalam tubuhnya daripada biasanya untuk memberi makan anaknya.

Oleh karena itu, lebih menyediakan banyak makanan kepada hamster hamil sangat diperlukan. Hamster yang mungkin hanya lapar, atau kekurangan makanan dapat menyebabkan rasa takut tidak dapat memberi makan yang cukup ke bayinya.

  • Ketidakmampuan Induk Hamster Untuk Merawat Semua Bayi

Jika seorang induk merasa seolah-olah kewalahan mengurus anak-anaknya yang baru lahir, ia mungkin memutuskan bahwa ia tidak dapat merawat semua bayi dan memakannya untuk membantu si induk bertahan hidup, meskipun itu tidak terlihat seperti hal yang baik untuk dilakukan.


Cara Mencegah Induk Hamster Memakan Bayinya

  • Jaga Keadaan Di sekitar Induk Hamster Agar Tetap Tenang Dan Hening

Pastikan untuk menciptakan tempat yang tenang dan hening bagi induk hamster untuk bersarang dan merawat anak-anaknya. Ini mungkin berarti menjauhkan orang- orang dan hewan peliharaan lain dari ruangan tempat induk hamster kalian berada, menjaga volume suara di dalam rumah agar tidak mengganggu induk hamster, dan bahkan menutup kandangnya sehingga ia tidak dapat melihat ancaman yang membuatnya stress.

  • Periksa Bayinya, Tapi Jangan Sentuh Mereka

Tidak apa- apa untuk mengintip bayinya tetapi kalian harus membiarkan mereka sendirian setidaknya selama minggu pertama.Jangan menyentuh bayi dengan tangan kosong, dan hindari memindahkannya jika memungkinkan.

  • Sediakan Beberapa Makanan

Selalu pastikan hamster hamil kalian mengonsumsi asupan yang cukup saat ia merawat anaknya.

Itulah beberapa alasan mengapa hamster terkadang memakan anaknya sendiri beserta cara pencegahannya. Cari tahu lebih banyak lagi seputar hewan peliharaan di blog kami!


Sumber : https://www.thesprucepets.com/why-do-hamsters-sometimes-eat-their-babies-4588707