5 Alasan Anjing Memakan Kotoran Sendiri



Pada umumnya sobat Petskita pasti merasa jijik dan kaget apabila melihat anjing kalian melakukan sesuatu yang aneh seperti memakan kotorannya sendiri. Tindakan memakan kotoran sendiri disebut “coprophagy” jadi ketika kalian melihat anjing menggali kotak pasir untuk mencari cemilan atau berhenti untuk makan di tengah jalan, pahamilah bahwa ini adalah sifatnya.


Ada teori lain juga yang mengatakan bahwa penyebabnya adalah perilaku evolusi yang diturunkan dari nenek moyang anjing yaitu srigala dimana mereka memakan kotorannya sendiri untuk menghindari parasit usus masuk ke dalam sarangnya.

Ada beberapa faktor mengapa anjing memakan kotorannya sendiri. Secara umum, inilah alasan mengapa anjing memakan kotorannya sendiri.


Masalah Medis

Beberapa masalah medis yang dapat menyebabkan kotoran anjing mengandung makanan yang tidak tercerna. Apabila ini terjadi pada anjing kalian, mungkin mereka memakan kotorannya karena baunya mirip makanan. Anjing juga bisa menjadi coprophagy sebagai akibat dari parasit.

Jika sobat Petskita mendapati perilaku ini pada anjing peliharaan kalian, atau jika mereka tetap lapar walaupun sudah makan banyak, ada baiknya kalian berkonsultasi ke dokter hewan terlebih dahulu.


Stress

Stress pada anjing dapat menyebabkan cophrophagy. Biasanya anjing yang tinggal di tempat yang cenderung terbatas atau terisolasi lebih cenderung memakan kotorannya daripada mereka yang memiliki kebebasan. Hal ini umunya berlaku pada anjing yang menghabiskan banyak waktu di tempat penampungan, diabaikan, atau dibiarkan liar di jalanan.

Penyebab lainnya adalah jika seekor anjing takut dihukum karena buang air di dalam rumah, ia mungkin memakan kotorannya untuk menyembunyikannya. Hal ini tampaknya merupakan akibat dari kesalahan yang dilakukan oleh anjing tersebut, sehingga membuat mereka tersebut merasa takut dan cemas.


Kasih Ibu

Umumnya, anak anjing rentan terhadap coprophagia; karena mereka baru mulai menjelajahi lingkungan sekitarnya, sehingga semuanya seakan menarik.

Selain itu, anak anjing yang masih menyusui akan tertarik pada bau induknya, yang paling mencolok adalah bau kotorannya. Biasanya, induk anjing juga biasanya membersihkan anak anjingnya dengan lidahnya, yang napasnya mungkin berbau seperti kotoran maka tak heran jika kotoran induknya dapat menarik perhatian si anak anjing.


Ingin Diperhatikan

Terkadang, anjing sobat Petskita hanya iseng untuk mencari perhatian. Jika anjing kalian mencoba menarik perhatian kalian, ia mungkin memakan kotorannya dan mengirim pesan yang berarti “lihat aku”.

Sudah biasa kalau hewan peliharaan melakukan sesuatu untuk melakukan apa pun demi mendapatkan perhatian pemiliknya.


Lokasi dan Akses Tempat Makan

Bila mangkuk makanan anjing sobat Petskita berada di dekat tempat sampah, kemungkinan ia belajar mengasosiasikan makan dengan bau kotorannya. Selain itu, bila anjing kalian harus bersaing dengan anjing lain untuk mendapatkan makanan, ia dapat menggunakan kotorannya sebagai cara untuk melakukannya.

Selalu awasi kebiasaan buruk ini pada anjing kalian ya.


Sumber: https://www.petmd.com/dog/behavior/why-do-dogs-eat-poop