5 Alasan Anjing Melolong Terus



Sobat Petskita pasti pernah merasa risih dan terganganggu dengan lolongan anjing peliharaan kalian bukan? Ternyata ada alasan dibalik itu. Umumnya, anjing akan melolong untuk alasan yang berbeda tetapi melolong selalu dianggap menjadi bentuk komunikasi. Melolong adalah vokalisasi normal yang sering dilakukan semua ras anjing, bahkan anjing Pomeranian kecil atau Chihuahua, memiliki kemampuan untuk melolong. Terkadang lolongan dilakukan karena beberapa alasan seperti takut, rasa sakit, disorientasi setelah bangun dari anestesi, atau hanya untuk membuat kehadiran mereka diketahui. Penting untuk mengetahui apa yang mungkin coba dikomunikasikan oleh anjing peliharaan kepada kalian saat mereka melolong.


Ada beberapa alasan mengapa anjing melolong, diantaranya:


Masalah Medis

Kemungkinan anjing melolong jika mereka sakit atau terluka, melolong bisa menjadi indikasi rasa sakit akibat cedera mendadak, ketidaknyamanan perut, atau jenis penyakit lain. Disfungsi kognitif anjing kadang-kadang disebut sebagai demensia anjing dimana merupakan masalah medis yang mempengaruhi otak anjing dan juga dapat menyebabkan anjing melolong. Masalah ini terlihat pada anjing yang lebih tua dan mirip dengan Alzheimer pada manusia.


Anjing dengan disfungsi kognitif anjing sering mengalami disorientasi, bingung, dan bertindak seolah-olah mereka tidak tahu untuk pergi ke luar, atau berkeliling furnitur di dalam rumah. Disfungsi ini adalah masalah neurologis dan karena anjing mungkin bingung, ia mungkin mulai melolong hanya untuk mendengar dirinya sendiri atau karena bingung atau takut. Jika sobat Petskita khawatir anjing kalian melolong karena masalah medis, penting untuk memeriksakannya ke dokter hewan sesegera mungkin.


Baca Juga: Kepribadian Anjing Saling Mempengaruhi dengan Pemiliknya


Ketakutan

Sama seperti anjing yang melolong karena ketakutan atau disfungsi kognitif anjing, ia yang berada dalam situasi ketakutan lainnya mungkin melolong. Anak anjing yang sangat ketakutan mungkin akan melolong atau anjing liar yang ketakutan akan melolong saat mencoba ditangkap oleh orang. Tetapi terlepas dari penyebab ketakutannya, jika seekor anjing melolong dan dalam situasi yang dapat diartikan sebagai menakutkan, sayangnya itu merupakan indikasi yang baik bahwa mereka ketakutan. Anjing yang bahagia, bersemangat, atau santai biasanya tidak melolong.


Masalah Perilaku

Perilaku anjing telah diteliti secara ekstensif namun kita masih mempelajari cara terbaik untuk berinteraksi dengan anjing, dan seperti yang kita ketahui bahwa melolong bisa menjadi tanda masalah perilaku pada anjing.

Anjing yang memiliki seperation anxiety (kecemasan berpisah) biasanya diperhatikan oleh tetangga untuk melolong saat pemiliknya pergi, menyebabkan suara yang berisik dan menganggu. Sayangnya, anjing dengan seperation anixiety dan bentuk lain dari masalah perilaku biasanya cemas dan stres sehingga mereka melolong meminta bantuan atau untuk mendapatkan perhatian pemiliknya.


Jika kalian meninggalkan anjing di rumah dan mendengar lolongan saat kalian keluar dari pintu, itu pertanda bahwa anjing kalian mungkin stres, takut, dan cemas akan perpisahan. Kecemasan berpisah biasanya melibatkan hal-hal lain bersama dengan melolong, seperti perilaku merusak, mondar-mandir, atau mencakar pintu. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk meredakan kecemasan ini dan perilaku melolong pada anjing peliharaan, tetapi itu akan membutuhkan waktu, pelatihan, dan terkadang penggunaan feromon, suplemen, obat-obatan, dan alat bantu pelatihan lainnya.


Baca Juga: 6 Arti Perilaku Umum Pada Anjing


Menanggapi Suara Lain

Sobat Petskita mungkin akan melihat anjing yang melolong ketika mendengar sirene atau suara keras lainnya. Ini kemungkinan besar karena anjing kalian mengira suara itu sebenarnya lolongan dari anjing lain dan lolongan bisa menjadi aktivitas ikatan atau bentuk komunikasi dari anjing ke anjing. Jika satu anjing mulai melolong maka anjing lain kemungkinan besar akan mulai melolong jika ada satu dalam jangkauan pendengaran.


Untuk mencari perhatian

Selain anjing yang mengalami kecemasan berpisah melolong, anjing lain yang tidak cukup mendapat perhatian mungkin juga melolong untuk mendapatkan perhatian kalian. Beberapa anjing secara alami lebih ribut daripada yang lain, dan karena semua anjing memiliki kepribadian yang berbeda, kalian mungkin memiliki anjing yang suka melolong. Melolong pada seseorang untuk menarik perhatian bisa berarti "menjauh" jika anjing itu melindungi seseorang atau sesuatu, tetapi itu juga bisa berarti "ayo bermain" jika anjing kalian yang menginginkan perhatian kalian.


Selalu perhatikan kondisi anjing kalian ya sob.


Pantau terus blog Petskita untuk info-info seputar anabul lainnya.


Sumber: https://www.thesprucepets.com/why-dogs-howl-4174883


6 views